11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024

Banyak dari negara dan cabor berbeda #Olimpiade2024

Intinya Sih...

  • Lebih dari 10 ribu atlet di Paris untuk Olimpiade 2024
  • Beberapa atlet bersaing dengan pasangannya dan mewakili negara yang berbeda
  • Pasangan atlet dari berbagai cabang olahraga akan meramaikan Olimpiade Paris

Sebanyak lebih dari sepuluh ribu atlet saat ini berada di Paris untuk mengikuti Olimpiade 2024. Dari ribuan jumlah tersebut, ada beberapa atlet yang akan bertanding bersama dengan pasangannya. Menariknya, beberapa di antara mereka akan membela kontingen yang berbeda.

Bukan hanya berlaga untuk negara yang berbeda, sebagian dari mereka juga tampil di cabang olahraga yang berbeda dengan pasangannya. Mulai dari atlet tenis, renang, bahkan lari, sederet atlet berikut ini akan merasakan pengalaman Olimpiade 2024 bareng pasangannya. Ada siapa saja?

1. Gabriella Willems dan Christian Parlati sama-sama atlet judo, tetapi beda negara

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Gabriella Willems dan Christian Parlati (instagram.com/parlati81)

Pasangan Gabriella Willems dan Christian Parlati diketahui sudah menjalin hubungan selama 7 tahun. Mereka adalah atlet dari cabang olahraga yang sama, yakni Judo. Tak heran jika keduanya kerap dipertemukan pada kompetisi yang mereka ikuti.

Meski saling mendukung, saat berkompetisi mereka tetap profesional membela tim masing-masing. Gabriella Willems merupakan judoka asal Belgia, sedangkan Christian Parlati berkebangsaan Italia. Untuk Christian Parlati, ini merupakan penampilan keduanya setelah juga mewakili Italia pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Baca Juga: Delegasi Palestina Tolak Jabat Tangan Israel di Olimpiade Paris 2024

2. Katie Boulter dan Alex De Minaur bakal lakoni debut Olimpiade

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Katie Boulter dan Alex De Minaur (instagram.com/alexdeminaur)

Membela negara yang berbeda tak menghalangi kisah romansa Katie Boulter dan Alex De Minaur. Katie Boulter saat ini menjadi petenis nomor satu Inggris. Di sisi lain, Alex De Minaur adalah petenis tunggal putra Australia yang kini menduduki peringkat 6 dunia.

Kedua bintang tenis ini diketahui telah berkencan sejak 2020. Pada perhelatan Olimpiade 2020 di Tokyo, Alex De Minaur harus mengubur mimpinya untuk debut akibat terpapar virus COVID-19. Namun, untuk Olimpiade 2024 ini ia merasa sangat spesial karena akan menjalani debut bersama sang kekasih meski membela negara yang berbeda.

3. Gerek Meinhardt dan Lee Kiefer bakal lakoni Olimpiade keempat mereka bersama

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Lee Kiefer dan Gerek Meinhardt (instagram.com/leetothekiefer)

Bagi pasangan Gerek Meinhardt dan Lee Kiefer, berkompetisi di Olimpiade bersama merupakan hal yang biasa. Pasalnya, kedua pemain yang menjadi tim anggar Amerika Serikat itu sudah pernah mengikuti Olimpiade di tiga edisi sebelumnya. Olimpiade Paris akan menjadi kali keempat mereka bertanding bersama membawa bendera AS.

Gerek Meinhardt berhasil meraih dua medali perunggu dalam dua Olimpiade terakhir di nomor foil beregu putra. Sementara itu, Kiefer membuat sejarah untuk Tim AS di Olimpiade Tokyo 2020 dengan meraih medali emas foil perorangan untuk pertama kalinya. Pasangan ini berpeluang menambah koleksi medali Olimpiade mereka di Paris 2024 ini.

4. Lea Schüller dan Lara Vadlau berasal dari negara dan cabor berbeda

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Lea Schüller dan Lara Vadlau (instagram.com/leaschueller)

Dari cabang sepak bola perempuan ada Lea Schüller yang akan menjalani debut di Olimpiade Paris. Pemain milik Bayern München ini akan membela Timnas Jerman yang terkenal kuat di cabang olahraga sepak bola pria maupun perempuan. Atlet berusia 26 tahun ini mengaku excited untuk melakoni pertandingan debutnya nanti.

Di sisi lain, sang kekasih bernama Lara Vadlau akan tampil untuk kedua kalinya pada Olimpiade Paris 2024. Ia kembali akan mewakili Austria di cabang olahraga berlayar. Selain berprofesi sebagai atlet, Lara Vadlau memiliki kesibukan lain sebagai seorang dokter.

5. Rossella Fiamingo dan Gregorio Paltrinieri sudah punya medali Olimpiade di kabinet mereka

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Rossella Fiamingo dan Gregorio Paltrinieri (instagram.com/rossellina91)

Tidak ada yang lebih menggembirakan bagi Rossella Fiamingo dan Gregorio Paltrinieri selain akan kembali tampil di Olimpiade. Pasangan yang berasal dari Italia ini terkenal akan prestasinya di cabang olahraga masing-masing. Mereka bahkan sudah meraih beberapa medali Olimpiade.

Gregorio Paltrinieri adalah peraih medali emas cabang olahraga renang di Olimpiade 2016. Pada edisi berikutnya, ia mendulang medali perak dan perunggu pada Olimpiade 2020. Tak mau kalah, Rossella Fiamingo yang bertanding di cabang olahraga anggar juga telah mengoleksi dua medali Olimpiade. Pada 2016, ia mendapat medali perak dan pada 2020 ia meraih perungggu.

6. Elina Svitolina dan Gael Monfils adalah pasangan beda negara yang akan tampil di Olimpiade 2024

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Elina Svitolina dan Gael Monfils (instagram.com/elisvitolina)

Gael Monfils dan Elina Svitolina adalah pasangan beda negara yang akan tampil di Olimpiade 2024. Meski sama-sama menggeluti cabang olahraga tenis, Gael Monfils akan membela Prancis, sedangkan Elina Svitolina di bawah naungan tim Ukraina. Dua petenis ternama ini sudah dikarunia seorang putri usai menikah pada 2021 lalu.

Prestasi membanggakan dicetak oleh Elina Svitolina dengan menjadi petenis Ukraina pertama yang meraih medali pada Olimpiade 2020. Ia meninggalkan Tokyo dengan raihan medali perunggu di tangannya. Sang suami, Gael Monfils, akan menjalani Olimpiade keempatnya tahun ini dengan berstatus sebagai pemain tuan rumah.

7. Noah Lyles dan Junelle Bromfield berpotensi besar mengawinkan dua medali bersama

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Noah Lyles dan Junelle Bromfield (instagram.com/junellebromfield)

Noah Lyles adalah atlet lari berkebangsaan Amerika Serikat. Ia merupakan peraih medali emas Kejuaraan Atletik Dunia 2019. Sang kekasih, Junelle Bromfield, juga berasal dari cabang olahraga yang sama. Junelle Bromfield yang berasal dari Jamaika berhasil mendulang medali perunggu Olimpiade 2020 di nomor estafet 4x400 meter.

Mereka berdua datang ke Paris dengan mimpi untuk sama-sama menjadi pemenang. Dengan rekam jejak prestasi mereka, bukan tidak mungkin pasangan ini akan mengawinkan dua medali bersama. Menarik untuk dinantikan, nih!

8. João Chianca dan Luana Silva wakili Brasil untuk cabor surfing

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret João Chianca dan Luana Silva (instagram.com/joaochumbinho)

Muda dan berprestasi, itulah kata yang cocok menggambarkan pasangan João Chianca dan Luana Silva. Mereka berdua berhasil lolos kualifikasi untuk mengikuti Olimpiade 2024. João Chianca dan Luana Silva akan membawa nama Brasil untuk berlaga di cabang olahraga selancar.

João Chianca yang lahir pada 2000 saat ini baru berusia 24 tahun. Sementara itu, Luana Silva merupakan peselancar perempuan kelahiran 2004. Mereka berdua akan menjalani debut Olimpiade bersama di Tahiti yang menjadi lokasi penyelenggaraan cabang olahraga selancar.

9. Dominik Cerny and Hana Burzalova berharap bisa ciptakan kenangan indah di Olimpiade 2024

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Dominik Cerny dan Hana Burzalova (instagram.com/hankaburzalova)

Sosok Dominik Cerny sempat viral saat melamar sang kekasih usai Kejuaraan Dunia Atletik di Hungaria 2023. Kala itu, ia dan kekasihnya, Hana Burzalova, sedang mengikuti pertandingan jalan cepat. Dominik Cerny dan Hana Burzalova adalah dua atlet jalan cepat asal Slovakia.

Meski saat itu mereka berdua tak berhasil meraih medali apa pun, Cerny dan Burzalova membawa pulang kenangan yang berharga. Mereka juga dinyatakan lolos kualifikasi untuk tampil pada Olimpiade 2024. Di Paris, pasangan ini berharap mampu menciptakan kenangan indah dengan meraih medali Olimpiade.

10. Tara Davis-Woodhall dan Hunter Woodhall bakal lakoni Olimpiade kedua mereka

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Hunter Woodhall dan Tara Davis-Woodhall (instagram.com/_taarra_)

Kisah menginspirasi datang dari Hunter Woodhall dan istrinya, Tara Davis-Woodhall. Pasangan ini akan berlaga di Olimpiade kedua mereka usai tampil di Tokyo 2020. Tara Davis-Woodhall akan tampil di cabang olahraga lompat jauh putri Olimpiade, sedangkan Hunter Woodhall akan berjuang sebagai sprinter putra di Paralimpiade.

Hunter Woodhall adalah seorang atlet yang terlahir tanpa fibula dan harus menjalani amputasi di usia 11 bulan. Meski memiliki kekurangan, hal itu tak menyulutkan semangatnya hingga ia meraih perunggu di Paralimpiade 2020. Pasangan asal Amerika Serikat ini selalu saling mendukung satu sama lain.

11. Megan Rapinoe dan Sue Bird bela USA di cabor sepak bola dan basket

11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024potret Megan Rapinoe dan Sue Bird (instagram.com/mrapinoe)

Tak ketinggalan ada Megan Rapinoe dan Sue Bird yang akan membela negara Amerika Serikat. Kedua atlet ini adalah bintang di skuad Negeri Paman Sam. Megan Rapinoe tergabung di tim sepak bola, sedangkan kekasihnya Sue Bird, akan membela tim basket AS.

Baik Rapinoe dan Bird, mereka berdua dikenal memiliki segudang prestasi. Megan Rapinoe adalah bagian dari tim sepak bola AS yang memenangkan emas di Olimpiade 2012 dan perunggu pada Olimpiade 2020. Pencapaian yang tak kalah hebat ditorehkan oleh Sue Bird yang mendulang emas di lima edisi Olimpiade berturut-turut. Ia dan tim basket AS meraih emas pada Olimpiade 2004, 2008, 2012, 2016, dan 2020.

Bertanding bersama pasangan di Olimpiade adalah impian yang dimiliki oleh banyak atlet. Meski beberapa di antara mereka berlaga mewakili negara dan cabang olahraga yang berbeda, pengalaman yang didapatkan tentu sangat berharga. Kira-kira, adakah pasangan atlet Olimpiade 2024 di atas yang bisa mengawinkan dua medali emas?

Baca Juga: Atlet Olimpiade 2024 Ramai Unboxing Samsung Galaxy Z Flip 6

Dewi Andini Photo Verified Writer Dewi Andini

living, loving, laughing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya