3 Negara Debutan di Cabor Bulu Tangkis Olimpiade 2024

Masing-masing diwakili pemain tunggal putra #Olimpiade2024

Intinya Sih...

  • Olimpiade 2024 bulu tangkis berlangsung 27 Juli hingga 5 Agustus dengan 173 atlet dari lima sektor
  • El Salvador, Nepal, dan Kazakhstan debut di cabor bulu tangkis dengan pemain tunggal putra
  • Uriel Artiga dari El Salvador, Prince Dahal dari Nepal, dan Dmitriy Panarin dari Kazakhstan menjadi perwakilan debutan
  • Olimpiade 2024 bulu tangkis berlangsung 27 Juli hingga 5 Agustus dengan 173 atlet dari lima sektor
  • El Salvador, Nepal, dan Kazakhstan debut di cabor bulu tangkis dengan pemain tunggal putra
  • Uriel Artiga dari El Salvador, Prince Dahal dari Nepal, dan Dmitriy Panarin dari Kazakhstan menjadi perwakilan debutan

Cabang olahraga bulu tangkis pada Olimpiade 2024 berlangsung pada 27 Juli hingga 5 Agustus 2024. Sebanyak 173 atlet dari lima sektor akan memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu. Tiap negara diperbolehkan mengirim maksimal dua perwakilan di tiap sektor.

Olahraga bulu tangkis terkenal didominasi oleh beberapa negara tertentu, sebut saja seperti China, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, dan Denmark. Menariknya, pada Olimpiade 2024 ini ada tiga negara yang debut di cabor bulu tangkis. Ketiga negara tersebut masing-masing diwakili oleh pemain dari sektor tunggal putra. Siapa saja mereka?

1. El Salvador debut di cabor bulutangkis lewat Uriel Artiga

3 Negara Debutan di Cabor Bulu Tangkis Olimpiade 2024Uriel Francisco Canjura Artiga, pebulutangkis El Salvador (bwfbadminton.com)

Uriel Francisco Canjura Artiga mencetak sejarah dengan menjadi pebulu tangkis pertama El Salvador yang lolos Olimpiade. Tunggal putra yang saat ini menduduki ranking 50 dunia itu berhasil mengamankan tiket untuk berlaga di Olimpiade 2024. Sejauh ini, Uriel Artiga memang telah mencatat beberapa prestasi mengesankan.

Pemain berusia 23 tahun itu meraih perunggu dua kali berturut-turut pada Pan American Games 2023 dan 2024. Teranyar, ia membawa pulang medali perak pada Pan American Championships 2024. Saat ini, ia tercatat sudah memenangi lima ajang International Challange dan empat kali finish sebagai runner-up. Salah satu turnamen yang ia menangi adalah Suriname International Challange 2023.

Baca Juga: Delegasi Palestina Tolak Jabat Tangan Israel di Olimpiade Paris 2024

2. Prince Dahal, bocah ajaib Nepal yang akan mentas di Olimpiade

3 Negara Debutan di Cabor Bulu Tangkis Olimpiade 2024Prince Dahal, pebulutangkis Nepal (instagram.com/princedahal_)

Nepal adalah negara yang terletak di antara China dan India. Sebagai negara kecil yang kurang populer dalam bidang olahraga, partisipasi Nepal pada cabor bulu tangkis di Olimpiade termasuk sebuah kejutan. Nepal resmi akan menjalani debut di bulu tangkis Olimpiade 2024 melalui Prince Dahal.

Prince Dahal adalah pebulu tangkis kelahiran 19 Juni 2004. Pemain yang saat ini berada di ranking 174 dunia itu disebut-sebut sebagai masa depan bulu tangkis Nepal. Prince Dahal mencuri perhatian saat berhasil menduduki ranking satu dunia junior pada 2022 lalu. Ia juga pernah memenangkan Dubai Junior International Series 2019. Prestasi tertingginya di level senior adalah lolos hingga babak perempat final Sydney International Challange 2023.

3. Dmitriy Panarin, pebulutangkis andalan Kazakhstan yang cetak sejarah

3 Negara Debutan di Cabor Bulu Tangkis Olimpiade 2024Dmitriy Panarin, pebulutangkis Kazakhstan (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Kazakhstan terkenal mahir dalam olahraga tarung dan kekuatan, seperti tinju, gulat, dan angkat besi. Kini, negara yang terletak di Asia Tengah itu akan tampil pertama kalinya di cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade. Dmitriy Panarin adalah pebulu tangkis yang sukses mencetak sejarah bagi Kazakhstan.

Dmitriy Panarin saat ini tercatat sebagai tunggal putra ranking 69 dunia. Selain bermain di sektor tunggal, ia juga merupakan pemain di sektor ganda. Dmitriy Panarin berpasangan dengan Artur Niyazov di ganda putra dan Kamila Smagulova di ganda campuran. Pemain berusia 24 tahun itu telah meraih sepuluh gelar juara seri internasional. Posisi tertinggi yang ia raih tahun ini adalah lolos hingga semifinal Uganda International Challange 2024.

Ketiga negara di atas resmi akan menjalani debutnya pada cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Paris 2024. El Salvador, Nepal, dan Kazakhstan masing-masing akan diwakili oleh pemain dari nomor tunggal putra. Mampukah mereka melangkah jauh dan memersembahkan medali saat debut?

Baca Juga: 11 Pasangan Atlet yang Bertanding di Olimpiade 2024

Dewi Andini Photo Verified Writer Dewi Andini

living, loving, laughing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya