TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Budiman: Indonesia Harus Dikayuh Orang yang Paham Strategi Geopolitik

Budiman Sudjatmiko temui Prabowo di Kertanegara

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jakarta, IDN Times - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko menilai, Indonesia harus dipimpin figur yang paham strategi geopolitik. Dia mengibaratkan negara ini bak sebuah kapal, sehingga harus dikayuh sosok yang memang memahami medan.

Dia menilai nahkoda untuk kapal itu harus merupakan tokoh yang bisa menjawab tantangan global.

Hal tersebut diungkapkan Budiman usai menggelar pertemuan dengan Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2023) malam.

"Kapal Indonesia harus dikayuh oleh orang yang paham strategi, paham geopolitik, paham sejarah," kata Budiman di lokasi.

Baca Juga: Budiman: Indonesia Layak Dapat Orang Terbaik, Salah Satunya Prabowo

1. Budiman dan Prabowo diskusi soal tantangan bangsa Indonesia ke depan

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Budiman mengungkapkan, dalam pertemuan dengan Prabowo, mereka saling bertukar pandangan terkait isu dan tantangan global yang harus diwaspadai Indonesia.

Menurutnya, dinamika keamanan yang terus berubah, membuat Indonesia harus siap menghadapi berbagai krisis yang kini melanda beberapa negara lain, seperti krisis perang dan kesehatan.

"Ini bangsa harus diselamatkan, kita sedang hadapi krisis perang, menghadapi krisis kesehatan, situasinya sudah berubah," tutur dia.

Oleh sebab itu, kata Budiman, peran pemimpin sebagai 'nahkoda' kapal sangat penting untuk memboyong rakyat menuju kemakmuran sekaligus memelihara persaudaraan bangsa.

Aktivis 1998 itu menegaskan, Indonesia merupakan negara besar bukan panggung hiburan belaka.

"Karena Indonesia merupakan kapal besar, bukan panggung entertainment saja," beber dia menjelaskan.

Baca Juga: Bertemu Prabowo, Budiman Sudjatmiko Bantah Bakal Gabung Gerindra

2. Prabowo nilai persatuan merupakan kunci keberhasilan menjawab tantangan geopolitik

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo juga menilai persatuan bangsa merupakan kunci untuk mencapai keberhasilan menghadapi berbagai tantangan geopolitik.

Menteri Pertahanan (Menhan) ini menegaskan bahwa pemikiran Budiman yang mengibaratkan Indonesia sebagai kapal besar yang harus diselamatkan tak boleh dipandang sebelah mata.

"Kita bicara ternyata banyak pemikiran kita yang sama. Bahwa di tengah keadaan global seperti ini, tantangan-tantangan yang kita hadapi tidak ringan, kita menghadapi kondisi geopolitik," kata Prabowo.

"Jadi pemikiran beliau bahwa kapal besar Indonesia, negara besar seperti Indonesia, perlu suatu persatuan. Dan persatuan ini tidak boleh dianggap enteng," sambung dia.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Siap Dipanggil PDIP Usai Temui Prabowo

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya