TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jenis-Jenis Raket Badminton dan Spesifikasinya, Wajib Tahu!

Sesuaikan dengan gaya bermain

ilustrasi raket badminton (Freepik.com/Freepik)

Raket menjadi peralatan wajib yang harus dimiliki saat bermain badminton. Secara umum, raket badminton terdiri dari bagian grip atau pegangan tangan, tangkai, dan kepala berbentuk oval yang dipasang senar dengan tingkat tarikan tertentu.

Meski secara umum sama, tapi ternyata raket badminton dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkat keseimbangan, berat, dan grip-nya. Setiap jenis raket juga memiliki karakter dan spesifikasinya masing-masing yang cocok untuk gaya permainan tertentu.

Berikut beberapa jenis raket badminton dan spesifikasinya yang menarik diketahui sebelum membeli. Simak di bawah ini, ya!

1. Jenis raket badminton berdasarkan tingkat keseimbangan

ilustrasi cara menegang backhand grip (unsplash.com/Siora Photography)

Jenis raket badminton yang paling umum dibedakan berdasarkan tingkat keseimbangannya, yaitu raket head-heavy, head-light, dan even-balance. Setiap jenis tersebut memiliki area yang lebih berat di bagian tertentu.

1. Raket badminton head-heavy

Raket badminton head-heavy adalah jenis raket yang memiliki bagian kepala lebih berat daripada jenis lainnya. Raket head-heavy memberikan bobot tambahan di bagian kepala untuk meningkatkan kekuatan pukulan pemain.

Raket head-heavy cocok digunakan untuk pemain yang mengandalkan kekuatan saat bermain. Selain itu, raket ini cocok untuk pemain dengan kekuatan otot lengan dan pergelangan tangan yang baik. Performa raket ini bisa maksimal saat dipakai permainan reli atau saat pemain ingin konsisten memberikan pukulan jauh.

2. Raket badminton head-light

Raket badminton head-light adalah jenis raket yang memiliki bagian kepala jauh lebih kecil dan ringan, sehingga lebih mudah diayunkan. Jenis raket ini cocok untuk permainan bulu tangkis ganda yang lebih mengandalkan gerakan cepat dan banyak.

Raket head-light cocok untuk pemain yang berkarakter cepat dan menyerang saat bermain ganda. Namun, pemain tunggal yang memiliki kecepatan baik juga cocok memakai raket ini.

3. Raket badminton even-balance

Raket badminton even-balance adalah jenis raket yang lebih seimbang antara bagian kepala dan grip, sehingga menghasilkan kekuatan yang juga seimbang antara pukulan dan ayunan saat bermain. Oleh sebab itu, raket ini banyak dipilih oleh pemain karena cocok untuk berbagai tipe permainan.

Meski begitu, karakter raket even-balance lebih cocok untuk pemain dengan gaya bermain bertahan dan sesekali menyerang.

2. Jenis raket badminton berdasarkan berat

ilustrasi senar raket badminton (Unsplash.com/Cristina Anne Costello)

Saat memilih raket badminton, biasanya hal yang menjadi salah satu pertimbangan adalah bobotnya. Setiap raket badminton biasanya memiliki berat berbeda-beda yang ditandai dengan satuan angka dan diikuti dengan huruf "U". Makin besar angkanya, maka makin ringan bobot raket badminton tersebut.

Berikut jenis raket badminton berdasarkan beratnya:

  • 1U: 95-99 gram
  • 2U: 90-94 gram
  • 3U: 85-89 gram
  • 4U: 80-84 gram
  • 5U: 75-79 gram
  • 6U: 70-74 gram

Raket badminton yang ringan biasanya dipakai oleh pemain ganda karena permainan bulu tangkis ganda membutuhkan gerakan dan ayunan yang lebih cepat. Sedangkan raket badminton yang berat banyak digunakan pemain tunggal karena lebih membutuhkan kekuatan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Raket Badminton untuk Pemula, Terbaik!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya