TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kontroversi SEA Games 2023, Podium Pakai Lampu Sorot Mobil

Bikin geleng-geleng kepala

Defile tim Indonesia dalam upacara pembukaan SEA Games 2023 Kamboja (dok.NOC Indonesia/Naif Al'as)

Gelaran SEA Games 2023 di Kamboja belakangan ini menuai berbagai komentar publik. Pasalnya, banyak terjadi kontroversi SEA Games 2023 yang lucu dan bikin geleng-geleng kepala. Mulai dari persiapan yang kurang, bendera negara terbalik, hingga fasilitas yang kurang memadai.

Baru minggu pertama saja sudah ada setidaknya tujuh kejadian lucu dan aturan kontroversial selama pertandingan. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Bendera Indonesia terbalik

Insiden bendera Indonesia terbalik pada pre-show opening ceremony SEA Games 2023 Kamboja (twitter.com/vivagoal_idn)

Kejadian kontroversial SEA Games 2023 yang mengundang banyak komentar warganet adalah insiden bendera Indonesia yang terbalik saat acara pre-show opening ceremony atau pertunjukan jelang pembukaan SEA Games 2023. Acara itu diselenggarakan di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja.

Saat pre-show, sebelas bendera negara peserta SEA Games 2023 dibawa oleh para penari sambil diiringi lagu yang dinyanyikan penyanyi Kamboja. Namun, saat itu bendera Indonesia terlihat dalam posisi terbalik sehingga malah menyerupai bendera Polandia.

Padahal acara tersebut disiarkan langsung di akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia pada 5 Mei 2023. Dampak kesalahan tersebut, Panitia SEA Games 2023 langsung meminta maaf melalui akun Instagram resmi @cambodia_2023.

Baca Juga: SEA Games: Sejarah, Cabor, Peran, dan Prestasi Indonesia

2. Kursi plastik di ruang ganti timnas sepak bola

Suasana ruang ganti timnas sepak bola Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja (instagram.com/pssi)

Kejadian penuh kontroversi SEA Games 2023 yang kedua datang dari cabor sepak bola. Tempat duduk pemain di ruang ganti timnas sepak bola Indonesia terlihat menggunakan kursi plastik yang sering dipakai untuk hajatan.

Momen itu terjadi pada hari pertandingan timnas Indonesia melawan Timor Leste pada 7 Mei 2023 lalu. Foto ruang ganti timnas Indonesia itu lantas mengundang berbagai komentar publik. Sebagian besar menyayangkan fasilitas yang terkesan seadanya tersebut.

Selain itu, sebagian seragam pemain timnas Indonesia juga hanya digantung di terali jendela ruang ganti. Sebagian lainnya digantung pada gantungan sementara yang menempel pada dinding ruangan.

3. Penerangan podium pakai lampu mobil

Podium cabor balap sepeda SEA Games 2023 yang menggunakan penerangan lampu mobil (tiktok.com/bungabdur)

Momen tidak biasa saat SEA Games 2023 lainnya terjadi saat acara penyerahan medali di podium pada nomor jalan cepat 20 KM. Saat itu, penerangan podium hanya menggunakan bantuan lampu sorot mobil.

Hal ini tentu saja mengundang banyak komentar warganet di Twitter dan Instagram. Banyak yang menyayangkan kejadian ini dan menilai kurangnya persiapan panitia SEA Games 2023.

Baca Juga: SEA Games 2023: Kamar Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Kamboja Bocor

4. Atap kamar atlet bocor karena hujan

Unggahan Amalia Cahaya Pratiwi soal situasi kamar atlet yang bocor di SEA Games 2023 Kamboja (instagram.com/amalliacahaya)

Kejadian tak mengenakkan juga dialami oleh tim bulu tangkis putri Indonesia saat berada di perkampungan atlet SEA Games 2023. Pasalnya, plafon kamar yang mereka tempati bocor karena hujan hingga membasahi kasur dan lantai.

Setelah kejadian itu, petugas langsung memperbaiki plafon dan menyiapkan kasur baru untuk ditempatkan di kamar sebelahnya. Padahal esok paginya tim bulu tangkis putri Indonesia harus melawan Kamboja pada perempat final.

5. Cabang olahraga unik

Atlet Kun Bokator Indonesia di SEA Games 2023 (dok. NOC Indonesia/Evan Andraws)

SEA Games 2023 juga menghadirkan beberapa cabang olahraga tradisional yang unik, yaitu Arnis, Kun Bukator, Chinlone, dan Teqball.

Berdasarkan peraturan yang ditetapkan SEA Games Federation dan Komite Olimpiade Internasional, negara tuan rumah boleh menambah cabang olahraga tradisional. Namun, tetap ada kuota minimal cabang olahraga wajib yang harus dipertandingkan.

Baca Juga: Daftar Juara Umum SEA Games dari 1959-2021, Lengkap

6. Tim badminton ganda campuran Indonesia tidak boleh main

Atlet ganda campuran Indonesia, Dejan Ferdinansyah (instagram.com/dejanfz)

Kontroversi SEA Games 2023 berikutnya terjadi pada tim badminton ganda campuran Indonesia. Sejak awal, tim ganda campuran Indonesia dilarang ikut bertanding.

Sebab, tuan rumah, yakni Kamboja ingin negara-negara non-unggulan saja yang boleh bermain. Di antaranya Kamboja, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, dan Timor Leste. Kendati terbilang tidak adil, ternyata hal ini sudah disepakati oleh semua negara peserta SEA Games 2023.

Baca Juga: Profil Farhan Halim, Atlet Indonesia di Final Voli SEA Games 2023 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya