TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Badminton Jepang yang Pernah Raih Juara BWF World Tour Finals

Berasal dari empat sektor yang berbeda

Tunggal Putra Jepang Kento Momota (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Turnamen BWF World Tour Finals 2023 telah selesai digelar  pada 13--17 Desember 2023 di Hangzhou, China. Turnamen tahun 2023 ini menjadi turnamen edisi keenam dari BWF World Tour Finals sejak pertama kali di gelar tahun 2018. Terhitung, sudah ada beberapa pemain bulu tangkis dari berbagai negara yang berhasil menjuarai turnamen ini. 

Jepang dan Korea Selatan menjadi negara kedua yang paling banyak memenangi turnamen ini setelah China. Dalam enam edisi turnamen BWF World Tour Finals, hampir setiap tahun Jepang memiliki pembulu tangkis yang menjadi juara. Tercatat, sudah ada empat pemain Jepang yang memenangi turnamen BWF World Tour Finals. Siapa saja mereka?

1.Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (2018)

Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi Juara World Tour Finals 2018 (Instagram.com/ayataka419)

Pasangan ganda putri Jepang ini menjadi pembulu tangkis Jepang yang pertama kali memenangi BWF World Tour Finals. Mereka berhasil menjadi juara pada 2018 setelah menumbangkan pasangan Korea Selatan Lee Sohee/Shin Seung Chan di final. Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi mengalahkan Lee Sohee/Shin Seung Chan lewat dua set langsung.

Pasangan ganda putri Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, berhasil menang dengan skor 21-12 dan 22-20 dalam durasi permainan 49 menit. Gelar World Tour Finals ini melengkapi empat gelar turnamen BWF yang telah mereka dapatkan sepanjang 2018. Empat gelar yang berhasil didapatkan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi sebelumnya, yakni Indonesia Masters, Malaysia Open, Victor China Open, dan Korea Open.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Soal Indonesia di BWF World Tour Finals 2023

2.Kento Momota (2019)

Kento Momota Juara di World Tour Final 2019 (Instagram.com/momota_kento)

Setelah hanya mampu menjadi runner-up pada 2018,  Kento Momota berhasil menjuarai turnamen BWF World Tour Finals pada 2019. Kento Momota mampu menumbangkan wakil Indonesia di partai puncak dengan mengalahkan Anthony Ginting lewat pertarungan sengit tiga set. Meski sempat kalah 17-21 di game pertama, Kento Momota berhasil memenangi game kedua dan ketiga dengan skor 21-17, 21-14 sekaligus mengunci gelar juara tunggal putra.

Penampilan Kento Momota pada 2019 sangat gemilang. Ia berhasil menjuarai 11 turnamen pada tahun tersebut. Kento Momota berhasil meraih podium di German Open, All England Open, Singapore Open, Japan Open, Victor China Open, Korea Open, Denmark Open, Fuzhou China Open, Kejuaraan Asia, serta Kejuaraan Dunia. Koleksi gelar juara Kento Momota pun dapat ditutup dengan manis dengan menjuarai BWF World Tour Finals 2019. Rekor 11  gelar juara Kento Momota ini mendapatkan sertifikat Guinness World Records sebagai peraih gelar terbanyak tunggal putra dalam satu musim.

3.Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (2021)

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi Juara di World Tour Final 2021 (Instagram.com/hokitonami)

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi menjadi pemain Jepang ketiga yang berhasil meraih juara di BWF World Tour Final. Mereka berhasil menumbangkan ganda putra Indonesia Kevin/Markus di laga puncak. Mereka menang dalam pertandingan yang berlangsung dalam tiga set selama 61 menit. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi menang di set pertama dengan skor 21-16. Namun, Kevin/Marcus berhasil merebut set kedua dengan skor 13-21 sehingga memaksa rubber game.

Di game ketiga, meski Kevin/Marcus sempat memberikan perlawanan, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi  berhasil memastikan gelar BWF World Tour Finals dengan skor 21-17. Juara World Tour Finals ini menjadi gelar ketiga mereka pada tahun 2021 setelah sebelumnya mereka menjuarai turnamen Denmark Open dan Indonesia Masters. Pada 2021, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi menutup akhir tahun dengan sukses menjadi juara di Kejuaraan Dunia 2021 di Spanyol.

Writer

Wulandari

Penulis pemula, pecinta film dan drama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya