TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Singkat Toto Wolff, Bos Besar Tim Mercedes Formula 1

Bukan sosok asing di Formula 1

sosok Toto Wolff (twitter.com/F1)

Tokoh Toto Wolff mungkin sudah tidak asing bagi penggemar berat Formula 1. Mengutip Mercedes-AMG PETRONAS F1 Team, Wolff adalah kepala tim dan direktur utama tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS. Selain itu, dirinya juga menjabat sebagai kepala Mercedes-Benz Motorsport.

Wolff telah memegang jabatan kunci di tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS sejak 2013. Di bawah kepemimpinannya yang kawakan, tim ini sukses meraup 8 gelar juara konstruktor dan 7 gelar juara dunia pembalap Formula 1. Semua ini diraih secara berturut-turut pada 2014–2020 untuk gelar juara dunia pembalap Formula 1 dan pada 2014–2021 untuk gelar juara konstruktor.

1. Toto Wolff lahir di Wina, Austria, pada 12 Januari 1972

sosok Toto Wolff (twitter.com/MercedesAMGF1)

Sebagaimana dinyatakan Mercedes-AMG PETRONAS F1 Team, Toto Wolff lahir dalam lingkungan yang sederhana di Wina, Austria, pada 12 Januari 1972. Pengalaman pertamanya di dunia motorsport adalah pada saat dirinya menonton seorang temannya yang membalap di Nuerburgring. Toto Wolff, yang akrab disapa Toto, masih berusia 17 tahun kala itu.

Mengutip Silver Arrows Net, karier Toto Wolff di dunia balap mobil dimulai pada 1992. Saat itu, Toto berkompetisi di Formula Ford Austria. Kemudian, ia sukses mencetak kemenangan di kelasnya pada Nuerburgring 24 Jam 1994.

Toto Wolff lalu memutuskan berhenti melaju di lintasan. Dia lebih memilih berkarier di dunia bisnis dan investasi. Oleh karena itu, setelah belajar di Universitas Ekonomi dan Bisnis Wina, Toto mendirikan Marchfifteen Investments pada 1998 dan Marchsixteen Investments pada 2004.

Pada 2002, Toto Wolff bekerja sama dengan Mika Häkkinen, juara dunia Formula 1 sebanyak dua kali, untuk mendirikan perusahaan manajemen pembalap. Pada titik ini, dirinya juga menyempatkan diri untuk kembali membalap. Bahkan, Toto sukses meraih satu kemenangan di FIA GT.

Toto Wolff berinvestasi di HWA AG pada 2006. Kemudian, Toto berinvestasi di Williams Racing pada 2009. Berselang 3 tahun kemudian, ia diangkat menjadi Direktur Eksekutif Williams Grand Prix Holdings PLC. Barulah setahun setelahnya, Toto ditunjuk sebagai mitra pengelola untuk tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS dan kepala Mercedes-Benz Motorsport.

Baca Juga: Toto Wolff Frustrasi dengan Performa Mercedes di Formula 1 2023

2. Toto Wolff melangsungkan pernikahan dengan Susie Wolff pada 2011 silam

Toto Wolff (kiri) dan Susie Wolff (kanan) (instagram.com/susie_wolff)

Mengutip Crash.Net, Toto Wolff resmi menikah dengan Susie Wolff pada 2011. Pujaan hati bos besar tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS ini bukan sosok yang main-main. Sama seperti Sang Suami, Susie juga berkecimpung di dunia balap dan telah banyak berkontribusi kepada industri ini.

Sebagaimana dinyatakan situs web resminya, Susie Wolff menjabat sebagai direktur pelaksana F1 Academy. Jabatan ini telah diembannya sejak 1 Maret 2023. F1 Academy sendiri adalah balapan khusus perempuan yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempersiapkan pembalap perempuan muda dalam bertanding di kompetisi tingkat tinggi.

Sebelum mengemban jabatan direktur pelaksana F1 Academy, Susie Wolff adalah kepala tim dan pemegang saham ROKiT Venturi Racing. Dirinya memegang jabatan ini sejak 26 Juni 2018. Tindakan ini adalah langkah formal pertamanya untuk masuk ke dalam manajemen dan kepemilikan tim tersebut.

Pada November 2021, Susie Wolff diangkat menjadi direktur utama ROKiT Venturi Racing. Akan tetapi, Susie memutuskan pergi dari tim tersebut pada Agustus 2022. Keputusannya ini diambil setelah ROKiT Venturi Racing finis kedua pada klasemen tim Formula E 2021/2022.

Prestasi paling ciamik Susie Wolff mungkin terjadi pada 2017. Saat itu, Susie dianugerahi gelar Anggota Ordo Terunggul dari Kerajaan Inggris (MBE). Gelar ini diraih Susie berkat kiprahnya terkait urusan perempuan.

Verified Writer

Written by IRIZU

IRIZU adalah nama pena seorang remaja yang rajin menulis, tetapi mudah jenuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya