TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alex Yoong, Bintang Formula 1 Pertama Malaysia

Juga pandai dalam ski air

Alex Yoong (commons.wikimedia.org/Jeff Ooi)

Malaysia sejatinya sukses menelurkan sejumlah pembalap berbakat yang berprestasi di dunia motorsport. Nama-nama beken seperti Hafizh Syahrin dan Khairul Idham Pawi rajin mengharumkan nama Malaysia di tingkat internasional. Selain mereka, ada juga Alex Yoong yang begitu dihormati.

Alex Yoong adalah pembalap Formula 1 pertama dari Malaysia. Pembalap setinggi 1,78 meter ini lahir di Kuala Lumpur pada 20 Juli 1976. Tercatat, Alex Yoong membalap di Formula 1 menggunakan nomor mobil 22.

1. Alex Yoong mengenyam pengalaman di Formula 1 selama 2 tahun

Alex Yoong (twitter.com/alexyoong)

Pada Formula 1 2001, Alex Yoong menggantikan Tarso Marques dan membalap untuk European Minardi F1 pada tiga Grand Prix terakhir. Peristiwa bersejarah ini terjadi berkat sokongan perusahaan lotre Malaysia, Magnum Corporation. Debutnya sendiri di Formula 1 terjadi pada Grand Prix Malaysia 2001 saat gagal menuntaskan balapan setelah start dari posisi ke-22.

Pada Formula 1 2002, Alex Yoong dipertahankan European Minardi F1 dan dipasangkan dengan pembalap yang sekarang dikenal di mana-mana, Mark Webber. Sayangnya, hak membalap Yoong diberhentikan karena gagal lolos ke Formula 1 Grand Prix Jerman 2002. Syukurnya, dia kembali membalap pada tiga Grand Prix terakhir Formula 1 2002.

Grand Prix Jepang 2002 adalah akhir cerita perjalanan Alex Yoong di Formula 1. Sepanjang kariernya di kejuaraan ini, ia mencatatkan 18 kali entri balapan, 14 kali memulai balapan, 9 kali keluar balapan, 8 kali gagal menuntaskan balapan, 645 putaran, dan tanpa sedikit pun poin. Finis terbaiknya adalah posisi ketujuh pada Formula 1 Grand Prix Australia 2002.

Baca Juga: 5 Juara Dunia Formula 1 yang Paling Lama Puasa Kemenangan

2. Tidak lagi membalap di Formula 1, karier Alex Yoong berlanjut ke berbagai kejuaraan

Alex Yoong (twitter.com/alexyoong)

Setelah kehilangan kursi di Formula 1, Alex Yoong melaju di Seri Dunia Mobil Juara bersama Dale Coyne Racing, Seri Supercar Konica Minolta, dan Kejuaraan Supercar V8 bersama WPS Racing. Selain itu, dirinya juga melaju di Seri Grand Prix A1 2005/2006, 2006/2007, dan 2007/2008 untuk Tim Malaysia. Bahkan, Yoong sempat membalap pada Le Mans 24 Jam 2006 untuk Racing For Holland dan Le Mans 24 Jam 2007 untuk Charouz Racing System.

Alex Yoong sempat meraup sejumlah kesuksesan dengan mengendarai Audi R8 LMS. Kesuksesan inilah yang membawanya menjadi pembalap penuh waktu di Piala Audi R8 LMS. Kejuaraan ini berhasil dimenangkannya 3 kali berturut-turut pada 2014–2016 dengan raihan 13 kemenangan.

Alex Yoong memantapkan relasi dengan Audi melalui peran sebagai pembalap Audi di beragam kompetisi lainnya, misalnya Nuerburgring 24 Jam. Dia melaju di Seri Asia Blancpain GT, GT Asia, atau Seri Le Mans Asia. Di Seri Asia Blancpain GT, Yoong berseragam Phoenix Racing Asia.

Verified Writer

Written by IRIZU

IRIZU adalah nama pena seorang remaja yang rajin menulis, tetapi mudah jenuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya