TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Remaja 16 Tahun Pecahkan Rekor Pribadi Usain Bolt, Siapakah Dia?

Rekor Usain Bolt yang bertahan 22 tahun akhirnya patah

potret Nickecoy Bramwell (twitter.com/Athletics_JA)

Dunia atletik dikejutkan oleh capaian luar biasa dari remaja berusia 16 tahun, Nickecoy Bramwell. Pelari asal Jamaika ini berhasil memecahkan rekor lari di nomor 400 meter milik legenda lari dunia, Usain Bolt. Bramwell mampu mencatatkan waktu 47,26 detik dalam ajang 51st Carifta Games di Saint George, Grenada.

Meski berhasil melampaui rekor Usain Bolt, capaian ini masih belum mampu memecahkan rekor lari dunia 400 meter. Rekor lari dunia 400 meter tersebut saat ini masih dipegang oleh pelari asal Afrika Selatan, Wayde van Niekerk, yang tercipta pada Olimpiade 2016 Brasil. Meski begitu, prestasi Bramwell tetaplah fenomenal mengingat usianya yang masih sangat belia.

1. Nickecoy Bramwell mampu lebih cepat 0,07 detik dari rekor lari junior milik Usain Bolt

Nama Nickecoy Bramwell menggema di ajang 51st Carifta Games U-17 di Saint George, Grenada. Pada, Sabtu (30/3/2024) waktu setempat, pelari kelahiran 2008 ini berhasil melampaui rekor di level junior milik Usain Bolt dalam perlombaan 400 meter. Ajang antarpelajar di kawasan Karibia ini jadi panggung bagi dirinya yang menorehkan waktu fantastis 47,26 detik. Sebelumnya, Bolt merengkuh rekor di ajang junior yang sama pada 2002 dengan catatan waktu 47,33 detik.

Lebih impresifnya lagi, Bramwell mampu meninggalkan jauh para pesaingnya. Pelari di posisi kedua mencatatkan waktu 47,96 detik, tertinggal 0,7 detik dari Bramwell. Peringkat ketiga pun jauh tertinggal dengan waktu 48,16 detik.

“Sangat menyenangkan bisa memecahkan rekor (pribadi Usain Bolt) ini. Sejak musim panas lalu, saya mengincar rekor tersebut. Jadi, luar biasa rasanya bisa meraihnya pada hari ini. Saya hanya perlu menenangkan pikiran dan fokus untuk memecahkan rekor," ucap Bramwell dilansir SPORTBible.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hadiah untuk Pencinta Olahraga Lari

2. Meski dikenal sebagai raja sprint, rekor lari 400 meter Usain Bolt masih kurang impresif

Usain Bolt (olympics.com)

Usain Bolt dikenal sebagai raja sprint di nomor 100 meter dan 200 meter. Selain itu, ia juga pernah mentas di level senior pada perlombaan lari 400 meter. Rekor pribadinya di nomor tersebut adalah 45,28 detik yang ia cetak pada 2007. Bahkan, catatan waktu Nickecoy Bramwell di level junior masih lebih cepat 0,02 detik dari rekornya.

Dibandingkan dengan pelari 400 meter top dunia lainnya, catatan waktu Bolt tergolong kurang impresif. Dilansir laman resmi World Athletics, capaian waktunya hanya menempati peringkat 619 dunia. Sebagai perbandingan, perolehan waktunya tertinggal 2 detik dari rekor dunia jarak 400 meter milik Wayde van Niekerk.

Ada beberapa faktor yang mungkin berkontribusi pada performa Bolt yang kurang maksimal di nomor 400 meter. Pertama, fokusnya memang tertuju pada sprint jarak pendek. Kedua, 400 meter membutuhkan strategi dan teknik yang berbeda dari 100 meter dan 200 meter.

Hingga kini, Usain Bolt memegang tiga rekor lari dunia berbeda. Rekor paling ikoniknya adalah di nomor lari 100 meter yang tercipta pada Olimpiade Beijing 2008. Prestasi ini mengantarkannya meraih medali emas dan menjadi momen bersejarah bagi negaranya. Tak hanya itu, Bolt juga menunjukkan kehebatannya di nomor lari 200 meter dengan memecahkan rekor dunia pada Kejuaraan Dunia 2009 di Berlin, Jerman. Dominasinya berlanjut di Olimpiade London 2012, di mana dia menjadi bagian tim yang memecahkan rekor dunia lari 4x100 meter.

Verified Writer

Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya