TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kominfo Beri Dukungan Penuh untuk Sukseskan MotoGP Mandalika 2023

Kominfo terus jaga frekuensi

Suasana lintasan di Sirkuit Pertamina Mandalika. (IDN Times/Tino).

Jakarta, IDN Times - MotoGP Mandalika 2023 segera memasuki balapan puncak pada Minggu (15/10/2023). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberi dukungan penuh untuk membantu menyukseskan ajang paling bergengsi tersebut.

Demi membantu melancarkan MotoGP Mandalika, Kominfo melakukan pengawasan penggunaan Spektrum Frekuensi Radio (SFR) secara intensif.

"Monitoring ini dilaksanakan guna memitigasi gangguan terhadap SFR selama penyelenggaraan MotoGP 2023 berlangsung," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail.

Baca Juga: Seru-seruan Jajal Motor MotoGP di Sirkuit Mandalika

1. Kasih izin masuk perangkat dan izin penggunaan frekuensi

Jumpa pers Dirjen SDPPI, di Sirkuit Mandalika, Sabtu (14/10/2023).

Dirjen Ismail menyebut, Kominfo juga memberikan izin masuk perangkat dan izin SFR sementara penggunaan frekuensi. Pemberian izin ini melalui Ditjen SDPPI. Ada 750 perangkat berfrekuensi dan lebih dari 200 ISR sementara yang digunakan oleh penyelenggara.

"Biasanya event-event yang besar ini membutuhkan banyak frekuensi. Sehingga, dibutuhkan manajemen frekuensi untuk menyesuaikan kebutuhan dan ketersediaan," kata Ismail.

2. Kominfo terus berkoordinasi

Doc. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Oleh karena itu, Kominfo terus melakukan koordinasi secara intensif dengan penyeleggara dan seluruh stakeholder. Tim Ditjen SDPPI juga melakukan rehearsal dengan menyalakan seluruh perangkat yang digunakan. Hal tersebut guna memitigasi jika terdapat gangguan.

"Pengawasan SFR yang dilakukan untuk MotoGP 2023 ini dilakukan untuk frenkeunsi penyelenggara, di antaranya, komunikasi antartim pembalap, Dorna, broadcasting, wireless kamera, helicam, data telemetry, hingga komunikasi penyelenggara lokal," ujar Ismail.

Baca Juga: Penonton MotoGP Mandalika Pakai 30 Jet Pribadi ke Lombok

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya