TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Filipina Raih Emas Olimpiade 2024, Pertama dari ASEAN

Jadi wakil ASEAN pertama yang meraih emas di Olimpiade 2024

Pesenam Filipina, Carlos Edriel Yulo. (olympics.com).

Jakarta, IDN Times - Filipina sukses menasbihkan diri sebagai wakil ASEAN pertama yang menyabet medali emas di Olimpiade Paris 2024. Medali emas itu didapat dari cabang olahraga (cabor) senam artistik, Sabtu (3/8/2024) malam WIB.

Turun di nomor senam lantai, Carlos Edriel Yulo, menjadi yang terbaik dalam final. Yulo meraup poin tertinggi dan mengalahkan tujuh peserta lainnya.

1. Ungguli wakil Israel dan Britania Raya

Pesenam Filipina, Carlos Edriel Yulo. (olympics.com).

Yulo naik podium pertama setelah mencatat total poin 15. Nilai itu dikalkulasi dari tingkat kesulitan (6,6) dan eksekusinya (8,4) atas gerakan turun tiga setengah putaran dengan sempurna.

Lewat hasil tersebut, atlet 24 tahun itu sukses mengungguli wakil Israel, Artem Dolgopyat dan Britania Raya, Jake Jarman.

Selisih poin antara mereka begitu tipis. Dolgopyat hanya terapaut 0,034 dari Yulo, sementara Jarman berjarak 0,07 angka.

Baca Juga: Jadwal Wakil Indonesia di Olimpiade Paris Hari Ini, 4 Agustus 2024

2. Yulo ukir sejarah

Pesenam Filipina, Carlos Edriel Yulo. (olympics.com).

Keberhasilan ini sekaligus membuat Yulo mengukir sejarah. Untuk pertama kalinya, pesenam kelahiran Manila itu menyabet medali emas di Olimpiade.

Tak hanya itu, berkat Yulo, Filipina akhirnya mampu meraih medali emas dari cabor senam. Ini juga merupakan medali emas kedua Filipina sepanjang sejarah pesta olahraga terbesar dunia tersebut.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya