TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Italia Cetak Sejarah Bawa Atlet Transpuan ke Paralimpiade 2024

Banyak yang sadar, akan ada pro dan kontra

Bagian belakang Medali Paralimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Jakarta, IDN Times - Italia mencatatkan sejarah dengan membawa atlet transpuan ke Paralimpiade 2024 Paris. Adalah Valentina Petrillo, yang dipastikan membela Italia dalam turnamen tersebut.

Dengan begitu, Italia menjadi negara pertama yang membawa atlet transpuan di Paralimpiade. Nantinya, Petrillo akan main di cabang olahraga para-atletik nomor T12 200 meter dan 400 meter.

1. Hari bersejarah buat Petrillo

Medali emas Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 (x.com/Paris2024)

Petrillo mendapatkan status sebagai wanita lima tahun lalu setelah menjalani proses transisi. Dia memutuskan untuk mengganti gender setelah puluhan tahun menyadari sebagai wanita. Sejak usia sembilan tahun, Petrillo menyadari dirinya perempuan.

"Ini akan menjadi hari bersejarah ketika saya menjadi transpuan pertama yang berkompetisi di Paralimpiade, simbol inklusivitas," ujar Petrillo dilansir BBC.

Baca Juga: Dapat Bonus Emas Olimpiade 2024, Veddriq dan Rizki Mau Buat Apa?

2. Sudah menunggu lama

Atlet 50 tahun itu menjadi andalan Italia di Paralimpiade. Tak heran, karena di Kejuaraan Dunia Para Atletik, dia berhasil meraih posisi ketiga.

"Saya sudah menunggu hari ini selama tiga tahun dan melakukan segalanya demi bisa tampil. Terima kasih kepada Federasi dan Komite Paralimpik Italia yang percaya pada saya," kata Petrillo.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya