TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Seragam Tempur Keren Tim Paralimpiade Indonesia Ala Didiet Maulana

Kostum ini mengusung semangat persatuan

Kostum Indonesia untuk Paralimpiade 2024 gubahan Mills dan Didiet. (Dok. Mills)

Intinya Sih...

  • Didiet Maulana kolaborasi dengan Mills, Kemenpora, dan NPC Indonesia untuk kostum kontingen Paralimpiade 2024.
  • Kostum mengusung tema Sandya Niskala dengan motif tenun ikat, pola geometris laut dinamis, dan warna terinspirasi dari Garuda Pancasila.
  • Kostum diharapkan memberikan semangat baru bagi atlet Indonesia dan menjadi sorotan di Paralimpiade 2024.

Jakarta, IDN Times - Desainer Didiet Maulana, lewat labelnya IKAT Indonesia, berkolaborasi dengan apparel Mills, Kemenpora, dan NPC Indonesia, menghadirkan kostum untuk kontingen Merah Putih di Paralimpiade 2024.

Kostum Indonesia untuk ajang ini mengusung tema Sandya Niskala. Dalam bahasa Sansekerta, Sandya bermakna persatuan, sedangkan Niskala berarti kuat dan kokoh.

"Sandya Niskala sebuah konsep yang dihadirkan. Terinspirasi dari Indonesia sebagai negara kepulauan dengan beragam budaya serta nilai luhur persatuan yang kuat dan kokoh layaknya indahnya bersatu dalam Bhineka Tunggal Ika," kata Didiet dalam keterangan tertulis.

1. Menilik motif dari kostum Indonesia untuk Paralimpiade 2024

Kostum Indonesia untuk Paralimpiade 2024 gubahan Mills dan Didiet. (Dok. Mills)

Sesuai dengan tema, kostum ini berhiaskan motif tenun ikat yang merepresentasikan kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia. Terdapat juga, pola geometris yang beralur seperti gelombang laut dinamis, terinspirasi dari Indonesia sebagai negara kepulauan.

Sesuai konsep besarnya, motif itu juga memasukkan inspirasi dari Garuda Pancasila. Berwujud bentuk bulu, motif itu mengandung filosofi tentang kekuatan, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kombinasi warna pada desain motif juga terinspirasi dari lambang Garuda Pancasila, terdiri dari merah yang melambangkan keberanian, putih kesucian, kuning emas bermakna kemegahan dan kejayaan, serta sentuhan abu-abu sebagai representasi tanggung jawab.

Efek kontras diaplikasikan dengan padu padan warna pada jaket dan celana berwarna krem muda lembut untuk memberikan unsur dinamis, namun tetap membumi, serta mempertemukan kesan modern harmonis dengan motif tradisional Ikat.

"Dari warna-warna ini, IKAT Indonesia by Didiet Maulana ingin menghadirkan nuansa energik, semangat baru, dan harapan bagi para atlet Indonesia yang telah berjuang dalam kompetisi," kata Didiet.

Baca Juga: PASI Gandeng Mills Jadi Apparel Resmi Tim Atletik Indonesia

2. Pujian untuk karya Didiet dari Mills

Kostum Indonesia untuk Paralimpiade 2024 gubahan Mills dan Didiet. (Dok. Mills)

Direktur Utama Mills, Stevendy Tjen, memuji karya Didiet dalam kostum Indonesia untuk Paralimpiade 2024. Dia juga bangga Mills bisa berkontribusi dalam pembuatan kostum ini.

"Mills bangga bekerja sama dengan desainer internasional asal Indonesia. Desainnya juga keren, membuat para atlet lebih percaya diri untuk bersaing dengan kontingen-kontingen yang lain," ujar Stevendy.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya