TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pantai Gading Jaga Asa ke Babak Kedua Piala Dunia Basket 2023

Pantai Gading menang lawan Iran

Pantai Gading lawan Iran di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Jakarta, IDN Times - Pantai Gading menjaga asa ke babak kedua Piala Dunia Basket 2023. Di laga kedua fase grup, Senin (28/8/2023) malam, mereka mengalahkan Iran dengan skor yang cukup dramatis, yaitu 71-69.

Ini jadi hasil apik pertama yang mereka dapat. Sebelumnya, Pantai Gading kalah telak 64-94 dari Spanyol di laga pertama. Sedangkan bagi Iran, ini jadi kekalahan kedua beruntun mereka di babak grup Piala Dunia Basket 2023.

Baca Juga: Latvia dan Kanada Lolos ke Babak Kedua Piala Dunia Basket 2023!

1. Iran dan Pantai Gading sama-sama ngotot

Pantai Gading lawan Iran di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Pantai Gading dan Iran sejatinya sama-sama tampil ngotot. Iran mampu memimpin di akhir kuarter pertama dengan skor 20-15. Pantai Gading tancap gas dan berbalik memimpin dengan skor 37-35 saat akhir kuarter kedua.

Iran, salah satu kekuatan basket Asia tak mau menyerah. Hamed Ehaddadi dkk. kembali mengambil alih permainan dengan unggul 56-54. Laga di kuarter empat semakin ketat. Kedua tim bergantian memimpin dan beberapa kali terjadi angka imbang.

2. Ada ketegangan di akhir laga

Pantai Gading lawan Iran di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Ketegangan terjadi pada dua menit terakhir saat Pantai Gading unggul 66-63. Iran menyamakan skor menjadi 66-66 saat tembakan tiga angka Behnam Yakhchali melesak masuk saat laga menyisakan satu menit 11 detik lagi.

Namun Pantai Gading kembali memimpin 68-66 saat lag tersisa 56 detik. Arsalan Kazemi punya kesempatan untuk menyamakan skor, tapi tembakan bebasnya hanya satu yang masuk. Namun, dia segera membalasnya dengan lay up sukses untuk membuat skor menjadi 69-68 saat 13 detik tersisa.

Pelatih Pantai Gading Dejan Prokic langsung meminta time out. Dalam satu skema serangan, Solo Diabate menusuk ke ring Iran. Mohammad Amini yang menjaga didakwa melakukan foul. Kubu Iran tak terima, pelatih Hakan Demir memprotes.

Alhasil, Demir terkena technical foul yang berbuah hukuman satu tembakan bebas. Tiga tembakan yang dihadiahkan untuk Pantai Gading dieksekusi sempurna oleh Diabate. Hanya punya waktu enam detik untuk menyamakan angka, Iran tak bisa memaksimalkan. Mereka pun tumbang di tangan Pantai Gading.

Baca Juga: Tim Pantai Gading Tiba, Siap Jalani Piala Dunia Basket 2023

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya