TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Komposisi Semifinalis IBL yang Hampir Selalu Sama Sejak 2021

Semifinal IBL yang datar

Manuel Onawame saat bertanding (Dok. IBL Indonesia)

Intinya Sih...

  • Empat tim telah memastikan slot semifinal IBL 2024: Satria Muda, Pelita Jaya, Prawira Bandung, dan Dewa United.
  • Satria Muda dan Pelita Jaya tak pernah absen di semifinal sejak 2021, sering bertemu di final, dengan Satria Muda keluar sebagai pemenang pada 2021 dan 2022.
  • Prawira Bandung rutin mengecap semifinal sejak 2022, keluar sebagai juara pada 2023; Dewa United kembali ke semifinal setelah absen pada 2022.

Jakarta, IDN Times - Indonesian Basketball League (IBL) 2024 sudah memasuki semifinal. Ada empat tim yang sudah memastikan slot di babak tersebut, yakni Satria Muda Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, Prawira Bandung, dan Dewa United Banten.

Mereka akan berebut tiket untuk menjadi juara IBL 2024. Ada Prawira yang berstatus sebagai juara bertahan. Lalu, Satria Muda merupakan wajah lama dengan status langganan juara. Namun, ada sebuah hal yang selalu berulang setiap kali IBL masuk semifinal. Komposisi timnya hampir sama.

1. Satria Muda dan Pelita Jaya selalu masuk semifinal

Pertandingan Satya Wacana Salatiga (SWS) melawan Satria Muda Pertamina Jakarta pada laga lanjutan Indonesia Basketball League (IBL) 2024 di Knight Stadium Kota Semarang, Minggu (16/6/2024). (dok. SWS)

Sejak 2021 silam, Satria Muda dan Pelita Jaya tak pernah absen di semifinal IBL. Siapa pun lawan atau juara, selalu ada keduanya di empat besar. Hal itu jadi sebuah tradisi tersendiri.

Tak heran juga, final IBL sering mempertemukan keduanya, seperti pada 2021 dan 2022. Dalam dua edisi itu, Satria Muda selalu keluar sebagai pemenang, mengalahkan Pelita Jaya.

Baca Juga: IBL All Star 2024 Siap Dihelat, Bertabur Bintang Tanah Air

2. Prawira dan Dewa United yang menyeruak

IDN Times/Istimewa

Selain Satria Muda dan Pelita Jaya, ada dua tim yang juga acap menyeruak masuk ke semifinal IBL. Pertama, ada Prawira Bandung. Sempat gagal pada 2021, mereka mulai rutin mengecap semifinal pada 2022 sampai 2024.

Dari keberhasilan tembus semifinal tiga kali, Prawira keluar sebagai juara sekali, yakni di 2023. Pada 2022, mereka kalah dari Satria Muda yang akhirnya menjadi juara.

Kedua, ada Dewa United. Pada 2021, mereka sempat melaju ke semifinal dengan bendera Louvre Dewa United Surabaya. Sayang, mereka kalah dari Pelita Jaya kala itu. Absen pada 2022, Dewa United kembali ke semifinal pada 2023, tetapi kalah dari Prawira.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya