TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bekuk India, Tim Indonesia Lolos ke Semifinal Voli Asia AVC U-20 2024

Memasuki set kedua, Indonesia masih tetap dominan

Tim Indonesia di AVC U-20 2024 putra. (Dok. PBVSI)

Jakarta, IDN Times - Tim Indonesia sukses menang dalam laga perdana perempat final Kejuaraan Voli Asia AVC U-20 2024. Bersua India di DBL Arena, Sabtu (27/7/2024), Dawuda Alaihisalam dan kolega menang 3-1 (25-20, 25-23, 16-25, 25-18).

Di set pertama, Indonesia langsung tampil menggebrak. Masih mengandalkan nama-nama semacam Agustino (Tino), Dawuda, dan juga Farchan Dwi, mereka sukses membuat India berada dalam situasi sulit.

Tekanan demi tekanan dilepaskan oleh para pemain Indonesia, dan hal itu membuat India kerepotan. India sempat mengejar, tetapi Indonesia selalu menemukan cara untuk mempertahankan keunggulan. Set pertama berakhir dengan skor 25-20.

Memasuki set kedua, Indonesia masih tetap dominan. Tetap mengandalkan smes-smes kencang, disertai dengan variasi serangan yang apik, mereka kembali menegaskan dominasi atas India. Keunggulan yang jauh pun sempat mereka catatkan.

Beda dengan set pertama, di set kedua ini India sudah lebih menyesuaikan diri. Yang paling kentara adalah penerimaan bola dan blok mereka yang sudah lebih baik. Namun, di set ini mereka masih tak kuasa mengejar Indonesia. Skor 25-23 untuk Indonesia.

Di set ketiga, barulah India bangkit. Sekarang permainan mereka lebih matang. Tidak cuma serangan yang jadi lebih tajam dan terarah, pertahanan mereka benar-benar meningkat di set ketiga ini.

Beberapa kali India melakukan blok yang sukses menghentikan smes pemain Indonesia. Di sisi lain, Indonesia seperti kesulitan menembus pertahanan India. Alhasil, poin demi poin sukses dikumpulkan India, membawa mereka menang 25-16.

Berlanjut ke set keempat, Indonesia tidak mengulangi lagi kesalahan di set ketiga. Mereka memperbaiki pola dan kekuatan serangan, untuk menembus ketatnya blok-blok India. Tidak cuma itu, mereka juga memperbaiki pertahanan mereka.

Alhasil, keunggulan berhasil dicatatkan oleh tim Indonesia sepanjang set keempat ini. Mereka konsisten menerapkan permainan aktif ini, hingga akhirnya memenangi set keempat dengan skor 25-18. Indonesia menang 3-1 di laga ini.

Kemenangan ini pun memastikan Indonesia lolos ke semifinal Kejuaraan Voli Asia AVC U-20 2024 putra. Tidak cuma itu, hasil ini memastikan tim Merah Putih lolos ke Piala Dunia Voli U-21 2025 putra, terlepas dari hasil apa pun lawan Jepang nanti.

Baca Juga: Indonesia Hadapi Jepang dan India di Perempat Final AVC U-20

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya