TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Rahasia Marc Marquez Bisa Menang di MotoGP 2024 Aragon?

Marquez melakukan sesuatu yang spesial

Marc Marquez saat menjalani pekan balap GP Austria 2024. (gresiniracing.com)

Jakarta, IDN Times - Penantian 1.043 hari Marc Marquez tuntas sudah. Pada MotoGP 2024 yang dihelat di MotorLand, Aragon, Minggu (1/9/2024) malam WIB, pembalap asal Spanyol itu berhasil mengunci podium pertama.

Kepala Kru Gresini Racing, Frankie Charcedi, membocorkan rahasia kenapa Marquez bisa menjadi juara di Aragon. Rupanya, ada beberapa trik dan penyesuaian yang dilakukan oleh kru eks pembalap Honda itu.

1. Penyesuaian yang pas dengan trek

potret Marc Marquez (motogp.com)

Selama di Aragon, Carchedi dan timnya terus menyesuaikan diri dengan situasi sirkuit. Apalagi, daya cengkeram aspal sirkuit juga berubah-ubah, seiring dengan cuaca di Aragon.

"Sejak sesi latihan bebas pertama hingga kualifikasi, pengaturan motor kami terus berbeda. Sebab, ada tiga sampai empat tikungan yang daya cengkeramnya buruk. Namun, Marquez bisa melakukan hal berbeda," kata Carchedi, dilansir Crash.

Baca Juga: Davide Tardozzi Yakin Marc Marquez Raih Kemenangan di MotoGP 2024

2. Tarikan gas Marquez lebih bagus

Francesco Bagnaia berada di depan Jorge Martin dan Marc Marquez saat sprint race GP Austria 2024. (motogp.com)

Carchedi menyebut, selain pengaturan yang disesuaikan, Marquez juga melakukan hal yang tidak dilakukan pembalap lain. Dia mengatur tarikan gas dan kecepatan dengan rapi. Itu yang membuatnya menang.

"Caranya mengatur kecepatan dan menarik gas, itu yang membuatnya berbeda. Ada satu titik, dia sempat memiliki kecepatan yang lebih bagus, tepatnya di akhir tikungan 15," kata Carchedi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya