TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pembalap Formula 1 Pertama yang Juara di Sirkuit Baku, Azerbaijan

Dihiasi 6 pembalap dari 2 tim berbeda 

Sergio Perez memegang trofi juara pertama di GP Azerbaijan 2021. (formula1.com)

Musim 2023 adalah musim ketujuh Sirkuit Baku di Azerbaijan menjadi tuan rumah balapan Formula 1. Ya, penggemar akan mengikuti GP Azerbaijan yang berlangsung akhir pekan ini, 28–30 April 2023.

Azerbaijan sendiri tidak menggelar balapan Formula 1 2020 akibat pandemik COVID-19. Selama enam kali balapan Formula 1 diadakan di Azerbaijan, uniknya ada enam pembalap berbeda yang menjadi pemenang. Mari menyegarkan ingatan menilik sederet pemenang gelaran Formula 1 GP Azerbaijan tersebut sejauh ini!

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 asal Swedia yang Pernah Naik Podium

1. Nico Rosberg

Nico Rosberg memenangi GP Eropa 2016 yang diadakan di sirkuit Baku, Azerbaijan. (fia.com)

Balapan Formula 1 pertama di Sirkuit Baku yang berlangsung pada 2016 bernama GP Eropa, bukan GP Azerbaijan. Nico Rosberg sukses mencatatkan namanya sebagai pembalap Formula 1 pertama yang menjadi pemenang di sirkuit tersebut.

Ia sukses mencetak grand slam dengan meraih pole position, memimpin balapan dari awal hingga akhir, menjadi pemenang, dan meraih fastest lap. Hasil ini merupakan grand slam keduanya di Formula 1 menyusul GP Rusia 2016.

2. Daniel Ricciardo

Daniel Ricciardo memegang trofi kemenangan GP Azerbaijan 2017. (twitter.com/Formula 1)

Kedua adalah Daniel Ricciardo, pembalap pertama yang menjadi pemenang balapan Formula 1 kala sudah menggunakan nama GP Azerbaijan. Hasil ini memberinya kemenangan kelima di balapan jet darat tersebut.

Sang pembalap Australia memulai balapan dari posisi kesepuluh dan mampu bertahan dari berbagai insiden yang terjadi. Pada balapan tersebut, salah satu aksinya yang menarik perhatian adalah menyalip tiga pembalap sekaligus menjelang tikungan pertama pada putaran ke-24.

Baca Juga: Nostalgia 14 Kemenangan Sebastian Vettel Bersama Ferrari di Formula 1 

3. Lewis Hamilton

Lewis Hamilton mengangkat trofi juara pertama di GP Azerbaijan 2018. (twitter.com/Formula 1)

Lewis Hamilton menjadi pembalap Mercedes kedua yang memenangi balapan Formula 1 di Sirkuit Baku. Hasil ini sekaligus mengawali kemenangan Hamilton pada musim 2018.

Saat itu, ia berjuang keras mengejar rekan satu timnya, Valtteri Bottas, hampir di sepanjang balapan. Sayangnya, Bottas mengalami pecah ban dua putaran menjelang finis sehingga tidak dapat menyelesaikan balapan. Hamilton jelas mengambil keuntungan untuk pulang sebagai pemenang.

4. Valtteri Bottas

Valtteri Bottas mengangkat trofi juara pertama di Gp Azerbaijan 2019. (twitter.com/Baku City Circuit)

Valtteri Bottas membalas sakit hatinya akibat gagal menang di GP Azerbaijan 2018 dengan menduduki podium tertinggi di balapan yang sama satu musim berselang. Satu hari sebelumnya, ia sukses mengunci pole position di sesi kualifikasi.

Di akhir balapan, Bottas sukses menahan gempuran Hamilton yang berjarak kurang dari dua detik di belakangnya. Hasil ini juga istimewa untuk Mercedes karena mereka berhasil finis 1-2 dalam empat balapan pertama musim 2019.

5. Sergio Perez

Sergio Perez mencium trofi kemenangan GP Azerbaijan 2021. (honda.racing)

Pada F1 2021, Sergio Perez menjadi pembalap kedua Red Bull yang memenangi balapan Formula 1 di Sirkuit Baku. Hasil ini merupakan kemenangan keduanya di balapan jet darat tersebut setelah GP Sakhir 2020.

Pembalap Meksiko ini memulai balapan dari posisi ketujuh. Menjelang finis, ia sukses merangsek ke posisi kedua, di antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton di posisi pertama dan ketiga berturut-turut.

Tuah bagi Perez, pada putaran ke-47 Verstappen mengalami ban pecah saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi di lintasan lurus utama. Balapan sempat dihentikan, lalu dimulai lagi dengan Perez berada di posisi terdepan.

Ketika restart, Hamilton melakukan kesalahan pada setelan mobil sehingga melebar ketika akan memasuki tikungan pertama. Perez pun memanfaatkan kesempatan ini untuk memimpin balapan hingga garis finis.

Baca Juga: 7 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP Azerbaijan

Verified Writer

Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya