TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Skenario Bagnaia dan Martin untuk Rebut Gelar Juara MotoGP di Valencia

Bagnaia punya kans menyegel titel di sesi sprint

potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

MotoGP 2023 memasuki seri pamungkas. Seri ke-20 di kalender balap musim ini akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, hari Jumat hingga Minggu (24—26/11/2023). Pada balapan sprint dan main race yang berlangsung pekan ini, gelar juara dunia MotoGP dipertaruhkan.

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) unggul 21 poin dari Jorge Martin (Prima Pramac Racing). Dengan tersisa satu balapan sprint dan main race, masih ada total 37 poin yang jadi rebutan. Mau tak mau, salah satu di antara mereka harus tampil lebih digdaya.

1. Francesco Bagnaia punya banyak skenario untuk jadi juara

potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Jika melihat perolehan poin, Bagnaia lebih punya banyak kans untuk mempertahankan gelar. Ia bahkan bisa melakoni match point sejak sesi sprint hari Sabtu. Itu kesempatan emas pertamanya untuk mengungguli Martin dan menjadi juara dunia MotoGP beruntun.

Begini skenario yang bisa membuat Francesco Bagnaia langsung menyegel gelar di sesi sprint MotoGP Valencia:

  • Bagnaia menang dan Martin tidak finis lebih baik dari posisi ke-3;
  • Bagnaia finis posisi ke-2 dan Martin tidak finis lebih baik dari posisi ke-5;
  • Bagnaia finis posisi ke-3 dan Martin tidak finis lebih baik dari posisi ke-7;
  • Bagnaia finis posisi ke-4 dan Martin tidak finis lebih baik dari posisi ke-8;
  • Bagnaia finis posisi ke-5 dan Martin tidak finis lebih baik dari posisi ke-9; dan
  • Bagnaia finis posisi ke-6 dan Martin gagal mencetak poin.

Jika Bagnaia gagal pada salah satu skenario di atas, perebutan gelar akan berlanjut ke sesi main race hari Minggu. Skenarionya pun berubah. Apabila Martin menang pada sesi sprint dan main race, untuk merebut titel, Bagnaia perlu mencetak 16 poin atau lebih di kedua balapan tersebut. Bagnaia bisa melakukannya dengan merebut podium hari Minggu atau finis di posisi ke-5 di kedua balapan pekan ini.

2. Jorge Martin masih punya kesempatan untuk merebut titel

potret Jorge Martin (motogp.com)

Meski Bagnaia ada di atas angin, Martin masih punya kans dalam perebutan gelar. Ia masih bisa memburu titel juara dunia MotoGP 2023 di sesi main race. Syaratnya, ia harus finis di posisi dua besar saat sprint atau jika Bagnaia finis lebih rendah dari posisi ke-6.

Secara matematis, Martin bisa menjadi juara jika ia mengumpulkan total 22 poin atau lebih dari yang didapatkan Bagnaia di sesi sprint dan main race. Jika melihat performa Martin yang ganas di sesi sprint, Martinator masih punya kesempatan besar. Pembalap Prima Pramac Racing ini pun cukup tangguh pada balapan utama.

Baca Juga: Kans Jorge Martin Juara MotoGP 2023 Nyaris Musnah Gegara Ban

Verified Writer

Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya