TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rebut Gelar Dunia, Pramac Racing Jadi Tim Satelit yang Cetak Sejarah

Bisa kalahkan tim pabrikan

potret tim Prima Pramac Racing (motogp.com)

Ada sejarah yang tercipta di MotoGP 2023. Salah satu tim satelit akhirnya bisa mendulang poin terbanyak dan memuncaki klasemen tim. Pencapaian ini termasuk fenomenal karena baru pertama kali terjadi.

Tim satelit ini bernama Pramac Racing. Diperkuat Jorge Martin dan Johann Zarco, tim asal Italia itu tampil kuat sepanjang musim. Bahkan, mereka mengalahkan tim pabrikan besutan Ducati Corse sendiri, yakni Ducati Lenovo Team.

1. Tim satelit pertama yang rebut titel juara dunia tim MotoGP

potret Jorge Martin (motogp.com)

Pramac Racing sudah menyegel gelar dunia sejak seri Qatar. Hingga akhir musim, tim milik Paolo Campinoti mengemas 653 poin. Selisih dengan Ducati Lenovo (561 poin) dan Mooney VR46 Racing Team (530 poin) cukup lumayan. Selain merebut titel juara dunia tim, Pramac Racing Juga sekaligus menjadi juara dunia tim independen mengalahkan Mooney VR46 Racing Team.

Dengan capaian ini, Pramac juga membantu Ducati meraih gelar Triple Crown. Selain juara dunia tim, pabrikan Borgo Panigale mengunci gelar dunia konstruktor sejak seri Mandalika. Mereka memenangi gelar juara dunia pembalap lewat Francesco Bagnaia.

Baca Juga: Deretan Pembalap yang Finis Podium Sprint Race MotoGP 2023, Pionir!

2. Pramac Racing tampil kuat lewat Jorge Martin dan Johann Zarco

potret Johann Zarco (motogp.com)

Jorge Martin dan Johann Zarco punya peran penting. Dengan Martin, Pramac Racing merebut kemenangan pertamanya pada seri GP Styria musim 2021. Ini juga jadi kemenangan perdana bagi Martin.

Untuk musim 2023, Martin menang 4 kali main race dan menjadi runner-up kejuaraan. Sementara itu, Zarco merebut 1 kemenangan main race. Itu merupakan kemenangan pertama Zarco di kelas MotoGP. Martin dan Zarco pernah naik podium bareng di tiga seri, yaitu di Prancis (P2 dan P3), Italia (P2 dan P3), dan Jerman (P1 dan P3).

Verified Writer

Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya