TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pembalap MotoGP Ini Bakal Pakai Helm Spesial di Sirkuit Catalunya

Ada yang berdesain tokoh jahat

potret helm spesial Aleix Espargaro di Sirkuit Catalunya (instagram.com/aleixespargaro)

MotoGP seri kesebelas bakal digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol, pada Jumat hingga Minggu (1—3/9/2023). Bagi beberapa pembalap, ini merupakan balapan kandang alias homerace. Tak heran, momen spesial ini pun dipersiapkan dengan matang. Salah satunya adalah dengan menyiapkan desain khusus untuk helm yang akan digunakan.

Tak hanya helm, ada juga pembalap yang menempelkan desain khusus pada sarung tangan dan sepatu balapnya. Siapa saja pembalap MotoGP yang bakal menggunakan desain spesial di Sirkuit Catalunya? Berikut ini ulasannya!

Baca Juga: Jorge Martin Tegaskan Ingin Perkuat Tim Pabrikan di MotoGP 2025

1. Aleix Espargaro tak ingin melewatkan satu putaran lagi

potret helm spesial Aleix Espargaro di Sirkuit Catalunya (instagram.com/aleixespargaro)

Aleix Espargaro tak akan lupa kejadian tragis pada 2022 lalu. Tampil di balapan kandang, pembalap andalan tim pabrikan Aprilia ini membuat kesalahan konyol. Ia melakukan selebrasi padahal balapan masih menyisakan satu putaran.

Espargaro sejatinya berada di barisan depan. Sayangnya, ia melambat dan melambaikan tangan ke arah penonton. Ia baru sadar beberapa detik kemudian bahwa balapan masih berlangsung. Tadinya bisa finis podium, ia harus finis di posisi lima besar saja.

Untuk balapan musim ini, Aleix Espargaro tak mau melakukan kesalahan yang sama. Sebagai pengingat, pembalap berusia 34 tahun tersebut membawa helm spesial untuk digunakan di Sirkuit Catalunya. Desain helmnya bergambar kepala dirinya, istrinya Laura, serta anak-anaknya Max dan Mia. Tak ketinggalan, ada satu tulisan pengingat yang berarti ‘Satu putaran lagi’.

“Aku akan mengingatnya pada lap kedua dari belakang. Para marshal harus berhati-hati karena ketika aku melihat bendera kotak-kotak, aku akan berakselerasi untuk lap berikutnya, itu sudah pasti,” kata Aleix bercanda seperti dilansir Speedweek.

2. Marc Marquez terinspirasi arsitek terkenal asal Spanyol

potret helm spesial Marc Marquez (twitter.com/marcmarquez93)

Tampil di home Grand Prix, Marc Marquez juga bakal tampil spesial. Kali ini desain helm Marquez terinspirasi dari Gaudi, seorang arsitek Spanyol yang merupakan tokoh utama aliran modernisme di Catalunya. Tak hanya helm, desain ini juga bakal digunakan pada sarung tangan dan sepatu balap miliknya.

Gaudi bukan seniman sembarangan. Karyanya sudah diakui dunia. Sejak 1984, sebanyak tujuh karya Gaudi di Barcelona telah masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Tak heran jika Marc Maquez menggunakan desain spesial ini untuk menghormati sang arsitek.

Baca Juga: Tekad Duo VR46 Raih Hasil Mengesankan di MotoGP Catalunya 2023

Verified Writer

Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya