TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Merunut 4 Pemenang Balapan MotoGP 2011, Casey Stoner Gacor!

Fantastic 4 tanpa Valentino Rossi

potret Jorge Lorenzo dan Casey Stoner (motogp.com)

MotoGP 2011 ditandai beberapa perpindahan pembalap papan atas juga kabar pensiun dan duka. Casey Stoner tak lagi berseragam merah Ducati dan memilih mengenakan baju balap oranye Repsol Honda. Sebaliknya, Valentino Rossi menanggalkan seragam biru Yamaha dan menggantinya dengan baju balap merah Ducati.

Sebagai pengganti Rossi, tim pabrikan Iwata memilih Ben Spies untuk bertandem dengan Jorge Lorenzo. Mengisi kursi kosong di tim satelitnya, Yamaha memilih pembalap debutan asal Inggris, Cal Crutchlow. Di sisi lain, pembalap kawakan, Loris Capirossi, pensiun pada akhir musim. Kabar menyedihkan pun terjadi pada musim ini. Marco Simoncelli tewas usai kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Tak hanya pembalap, MotoGP juga kehilangan satu tim pabrikan. Pada akhir musim, Suzuki memutuskan untuk hengkang karena masalah finansial. Nantinya pabrikan yang identik dengan warna biru ini comeback pada 2015. Musim 2011 pun jadi musim terakhir mesin 800cc digunakan di kelas premier.

Kendati banyak kisah sedih dan kehilangan, jalannya perlombaan tetap kompetitif. Para pembalap di grid bernafsu untuk menjadi yang pertama melewati garis finis. Sayangnya, tak semua pembalap bisa meraihnya. Simak siapa saja empat pembalap yang menang berikut ini!

1. Casey Stoner dominan dengan merebut sepuluh kemenangan untuk Honda

potret Casey Stoner (motogp.com)

Baru musim perdana bareng Repsol Honda, Casey Stoner sudah tampil dominan. Pembalap Australia ini tampil digdaya dan hampir selalu finis di posisi podium. Pada akhir musim, Stoner meraih 350 poin dan mengukuhkan namanya sebagai juara dunia MotoGP. Sampai saat ini, belum ada lagi pembalap non-Eropa yang bisa merebut titel premier.

Dari 17 seri yang digelar, Stoner merebut 16 podium, termasuk 10 kemenangan. Ia menang di Qatar, Prancis, Catalunya, Inggris, Amerika, Ceko, Indianapolis, Aragon, Australia, dan Valencia. Pada seri Inggris yang basah, Stoner pernah unggul lebih dari 15 detik di depan Andrea Dovizioso.

Sebagai gambaran dominannya penampilan Stoner, berikut ini selisih waktunya dengan runner-up balapan:

  • Seri Qatar: +3,440 detik dari Jorge Lorenzo;
  • Seri Prancis: +14,214 detik dari Andrea Dovizioso;
  • Seri Catalunya: +2,403 detik dari Lorenzo;
  • Seri Inggris: +15,159 detik dari Dovizioso;
  • Seri Amerika: +5,634 detik dari Lorenzo;
  • Seri Ceko: +6,532 detik dari Dovizioso;
  • Seri Indianapolis: +4,828 detik dari Pedrosa;
  • Seri Aragon: +8,162 detik dari Pedrosa;
  • Seri Australia: +2,210 detik dari Marco Simoncelli; dan
  • Seri Valencia: +0,015 detik dari Ben Spies.

2. Jorge Lorenzo merebut tiga kemenangan untuk Yamaha

Jorge Lorenzo (motogp.com)

Jorge Lorenzo tak mampu menandingi ganasnya Stoner. Pembalap andalan tim pabrikan Yamaha ini menjadi runner-up kejuaraan dengan capaian 260 poin. Lorenzo merebut 10 podium, termasuk 3 kemenangan di Spanyol, Italia, dan San Marino.

Pada balapan basah di seri Spanyol, Lorenzo bisa ungul lebih dari 19 detik dari Dani Pedrosa.  Kembali bersaing dengan Pedrosa di San Marino, Lorenzo unggul lebih dari 7 detik. X-Fuera pun menang dengan nyaman kala unggul 0,997 detik dari Andrea Dovizioso pada seri Italia.

Baca Juga: Mengenang 5 Pemenang MotoGP 2009, Dominasi Terakhir Rossi

3. Dani Pedrosa juga merebut tiga kemenangan untuk Honda

potret Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa (motogp.com)

Dani Pedrosa sejatinya tampil kompetitif. Hanya saja, rider mumpuni di tim Repsol Honda ini bernasib kurang mujur. Ia harus absen pada tiga seri balapan lantaran cedera akibat diseruduk Marco Simencelli.

Kendati begitu, Pedrosa tetap bisa menempati peringkat ke-4 klasemen dengan raihan 219 poin. Dalam semusim ia merebut 9 podium, termasuk 3 kemenangan di Portugal, Jerman, dan Jepang. Di depan penggemar Honda di Jepang, The Little Samurai unggul 7,299 detik dari Lorenzo.

Verified Writer

Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya