TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menilik 8 Pemenang MotoGP 2021, Yamaha Comeback!

Tahun ketika Rossi pensiun

Francesco Bagnaia, Marc Marquez, dan Fabio Quartararo (motogp.com)

Intinya Sih...

  • MotoGP 2021 terpengaruh pandemi, dengan sejumlah seri dibatalkan dan sirkuit menggelar balapan back-to-back
  • Valentino Rossi pensiun setelah 22 tahun di MotoGP, sementara Marc Marquez kembali turun balap dan Fabio Quartararo menjadi juara dunia pertama dari Prancis
  • Banyak pembalap lain yang tampil spektakuler seperti Francesco Bagnaia, Jack Miller, Brad Binder, Jorge Martin, Maverick Vinales, dan Miguel Oliveira

MotoGP 2021 masih terpengaruh pandemik COVID-19. Sejumlah seri yang tadinya masuk kalender terpaksa dibatalkan. Dengan pembatalan tersebut, beberapa sirkuit masih menggelar balapan back-to-back. Musim ini melombakan 18 seri Grand Prix.

Momen paling fenomenal adalah pensiunnya Valentino Rossi. The Doctor gantung helm pada akhir musim. Ia mengakhiri 22 tahunnya di kelas premier (500cc/MotoGP) atau 26 tahun di ajang Grand Prix.

Sementara itu, usai absen panjang, Marc Marquez kembali turun balap. Ia mengaspal sejak seri Portugal. Hebatnya, The Baby Alien bisa merebut beberapa kemenangan. Termasuk Marquez, ada delapan pembalap yang jadi kampiun MotoGP 2021. Siapa saja mereka?

1. Fabio Quartararo merebut titel juara dengan merebut lima kemenangan untuk Yamaha

Fabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo tampil spektakuler. Pembalap yang kala itu berseragam tim pabrikan Yamaha merebut 10 podium, termasuk 5 kemenangan pada seri Doha, Portugal, Italia, Belanda, dan Inggris. El Diablo menyegel gelar juara dunia dan menjadi pembalap Prancis pertama yang bisa melakukannya.

2. Francesco Bagnaia meraih empat kemenangan di atas Desmosedici

potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia jadi penantang terkuat bagi Quartararo. Di atas Desmosedici, Bagnaia menjadi runner-up kejuaraan. Ia bisa merebut 9 podium, termasuk 4 kemenangan pada seri Aragon, San Marino, Algarve, dan Valencia.

Di Valencia, Bagnaia menang di depan Jorge Martin dan Jack Miller. Itulah momen pertama Ducati menyapu bersih podium MotoGP. Strategi anyar pabrikan Borgo Panigale yang mengandalkan pembalap muda terbukti berjalan sukses.

3. Marc Marquez comeback dan merebut tiga kemenangan

potret Marc Marquez (motogp.com)

Usai cedera panjang, Marc Marquez comeback mulai seri Portugal. Kendati belum sepenuhnya pulih, pembalap Repsol Honda ini sudah bisa merebut 4 podium, termasuk 3 kemenangan pada seri Jerman, Amerika, dan Emilia Romagna. Pada akhir musim Marquez berada di peringkat ke-7 dengan raihan 142 poin.

4. Jack Miller menang dua kali di atas Desmosedici

potret Jack Miller (motogp.com)

Selain Bagnaia, Jack Miller juga bisa menang di atas Desmosedici. Rider tim pabrikan Ducati ini mengoleksi 5 podium, termasuk 2 kemenangan di Spanyol dan Prancis. Miller cukup kompetitif dengan mengumpulkan 181 poin dan duduk di peringkat ke-4 klasemen.

Baca Juga: Melihat Kembali 5 Kampiun MotoGP 2019, Marquez Dominan Banget

5. Brad Binder menang secara fantastis di kandang KTM

Brad Binder (motogp.com)

Brad Binder menang pada balapan basah di Sirkuit Red Bull Ring seri Von Osterreich. Meski balapan berlangsung secara flag-to-flag dari kering ke basah, Binder memutuskan untuk tetap menggunakan ban slick saat balapan menyisakan tiga putaran. Kenekatannya terbayar dengan kemenangan berjarak 12,991 detik dari Bagnaia.

6. Jorge Martin jadi rookie MotoGP yang bisa menang

Jorge Martin, Pramac Racing (motogp.com)

Jorge Martin tampil kuat pada tahun perdana di kelas premier. Rider andalan tim Pramac Ducati ini merebut 4 podium, termasuk 1 kemenangan pada seri Styria. Dengan hasil ini, Martinator jadi salah satu debutan MotoGP berstatus kampiun pada musim pertamanya.

7. Maverick Vinales mempersembahkan kemenangan terakhir untuk Yamaha

potret Maverick Vinales (motogp.com)

Maverick Vinales berpisah dengan Yamaha pada pertengahan musim. Namun, Top Gun sempat merebut satu kemenangan terakhirnya di atas YZR-M1. Vinales menang pada seri Qatar.

Verified Writer

Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya