TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenali 5 Pemenang Balapan MotoGP 2005, Ada Pembalap Brasil

Tidak ada pembalap Spanyol yang menang

Valentino Rossi merayakan gelar juara dunia MotoGP musim 2005 di Sirkuit Sepang. (motogp.com)

Intinya Sih...

  • Musim MotoGP 2005 ditandai dengan keluar dan masuknya negara baru di kalender balap, serta pensiunnya Max Biaggi setelah meraih empat podium.
  • Valentino Rossi mendominasi musim ini dengan merebut 16 podium, termasuk 11 kemenangan, yang jauh melampaui kemenangan para pembalap lainnya.
  • Selain Rossi, Marco Melandri, Loris Capirossi, Nicky Hayden, dan Alex Barros juga berhasil menjadi pemenang balapan dalam semusim di MotoGP 2005.

MotoGP 2005 salah satunya ditandai dengan keluar dan masuknya negara baru di kalender balap. Pada awal musim, seri Spanyol di Sirkuit Jerez menjadi seri pembuka. Jerez menghelat seri perdana untuk menggantikan Afrika Selatan yang tak lagi menggelar Grand Prix.

Beberapa sirkuit anyar pun untuk pertama kalinya masuk kalender balap. Mereka adalah Sirkuit Istanbul Park untuk seri Turki dan Sirkuit Internasional Shanghai untuk seri China. Sirkuit Laguna Seca di Amerika Serikat juga mulai menggelar MotoGP.

Seri Rio di Brasil yang jadi andalan wilayah Amerika Selatan tak lagi menggelar MotoGP. Seri ini digantikan Turki. Kendati begitu, satu pembalap Brasil sukses jadi kampiun balapan.

Musim 2005 juga ditandai dengan pensiunnya Max Biaggi. Pada musim ini, rider asal Italia itu meraih empat podium. Selama berkarier di kelas premier, Biaggi pernah menempati tiga posisi runner-up kejuaraan.

Sama seperti tahun sebelumnya, MotoGP 2005 didominasi Valentino Rossi. Pada musim yang melombakan 17 seri balap itu, Rossi merebut belasan kemenangan. Jumlah tersebut jauh melampaui empat kampiun lainnya. Termasuk The Doctor, berikut ini lima pemenang balapan dalam semusim.

1. Valentino Rossi dominan dengan merebut sebelas kemenangan

Valentino Rossi (motogp.com)

Valentino Rossi kembali membawa Yamaha ke puncak kejayaan. Dari 17 seri balap yang dilombakan, Rossi merebut 16 podium di antaranya, termasuk 11 kemenangan. Ia menang di Spanyol, China, Prancis, Italia, Catalunya, Belanda, Inggris, Jerman, Ceko, Qatar, dan Australia.

Di seri Spanyol, Rossi menang meyakinkan dengan selisih 8,631 detik dari Sete Gibernau. Namun, balapan di Sirkuit Jerez itu diwarnai kontroversi lantaran terjadi senggolan antara Rossi dan Gibernau pada lap terakhir. Gibernau terdorong ke luar lintasan dan hampir terjatuh.

2. Marco Melandri jadi runner-up kejuaraan dengan meraih dua kemenangan

potret Marco Melandri (gresiniracing.com)

Pembalap berikutnya yang juga berhasil menjadi pemenang adalah Marco Melandri. Berseragam Movistar Honda, Melandri merebut 7 podium, termasuk 2 kemenangan. Ia menang pada seri Turki dan Valencia.

Melandri merupakan pemenang MotoGP pertama di Sirkuit Istanbul Park. Kala itu ia menang dari Rossi dan Nicky Hayden. Di Valencia, Melandri menang dengan selisih tipis dari Hayden, selisihnya 0,097 detik saja.

Baca Juga: Apa Rahasia Marc Marquez Bisa Menang di MotoGP 2024 Aragon?

3. Loris Capirossi menang dua kali bersama Ducati

Livio Suppo dan Loris Capirossi saat pertama kali menang dengan Ducati yang menggunakan ban Bridgestone di Motegi pada 2005. (instagram.com/livio.suppo)

Bersama Rossi dan Melandri, Loris Capirossi jadi pembalap Italia yang menang pada 2005. Capirossi merebut 4 podium, termasuk 2 kemenangan. Ia membawa Ducati menang beruntun di Jepang dan Malaysia.

Saat berlaga di Sirkuit Motegi, Jepang, Capirex unggul dari Max Biaggi dan pembalap tuan rumah, Makoto Tamada. Pada akhir musim Capirossi mengumpulkan 157 poin. Ia berada di peringkat ke-6 klasemen.

4. Bersama Honda, Nicky Hayden menang sekali

Nicky Hayden (motogp.com)

Nicky Hayden menggenggam status kampiun saat balapan kandang di Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat. Ia finis di depan kompatriotnya, Colin Edwards, yang runner-up. Sementara itu, podium terakhir ditempati Rossi.

Pembalap di tim Repsol Honda ini sejatinya tampil kompetitif. Sepanjang musim, Hayden merebut 6 podium, termasuk 1 kemenangan tersebut. Pada akhir tahun, ia menempati peringkat ke-3 klasemen dengan raihan 206 poin.

Verified Writer

Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya