TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menelusuri 9 Pemenang dalam 14 Seri Balap MotoGP 2020, Ketat Banget

Musim tanpa Marc Marquez

Joan Mir menang di seri MotoGP Europa 2020. (motogp.com)

Intinya Sih...

  • Pandemi Covid-19 mempengaruhi jadwal MotoGP, dengan 14 seri balap dan beberapa sirkuit menghelat balapan ganda.
  • Cedera Marc Marquez membuka peluang bagi 9 pembalap lain untuk meraih kemenangan, termasuk Franco Morbidelli, Fabio Quartararo, Miguel Oliveira, Joan Mir, Alex Rins, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Brad Binder, dan Danilo Petrucci.
  • Jumlah pemenang MotoGP musim 2020 mencapai rekor tertinggi dalam semusim sejak tahun 2016.

Pandemik COVID-19 mengacaukan jadwal MotoGP. Pada 2020 ini, jadwal balapan dipangkas. Semua seri Grand Prix di luar Eropa dibatalkan sehingga beberapa sirkuit menghelat balapan ganda. Kalender pun hanya terdiri dari 14 seri balap.

Momen tak kalah penting adalah cederanya Marc Marquez pada seri perdana di Sirkuit Jerez. Dari musim ini hingga 3 tahun ke depan, ia bakal didera cedera berkepanjangan. The Baby Alien absen pada banyak balapan.

Tanpa adanya Marc Marquez, pembalap lain punya kans besar berebut kemenangan. Terbukti, ada 9 pembalap yang jadi kampiun MotoGP 2020, yang 5 di antaranya merebut kemenangan pertamanya di kelas premier.

Siapa saja para kampiun tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Franco Morbidelli merebut tiga kemenangan untuk Yamaha

Franco Morbidelli dibuntuti Valentino Rossi. (motogp.com)

Franco Morbidelli tampil apik. Pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT ini merebut 5 podium, termasuk 3 kemenangan pada seri San Marino, seri Teruel, dan seri Valencia. Ia menjadi runner-up kejuaraan dengan raihan 158 poin.

2. Fabio Quartararo juga tiga kali menang di atas Yamaha

potret Fabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo tampil kuat pada awal musim. Rekan setim Morbidelli di Petronas Yamaha SRT ini sempat memimpin klasemen usai menang pada seri Spanyol dan Andalusia. Ia pun menambah satu lagi kemenangan di Catalunya. Sayangnya, performanya menurun drastis. Pada klasemen akhir, rider asal Prancis ini mengoleksi 127 poin dan bertengger di peringkat ke-8.

3. Miguel Oliveira merebut dua kemenangan untuk KTM

Miguel Oliveira (motogp.com)

Miguel Oliveira yang berbaju balap Red Bull KTM Tech3 menyegel dua kemenangan pada seri Styria dan Portugal. Kemenangan pada seri Styria yang dihelat di Sirkuit Red Bull Ring adalah kemenangan pertamanya sekaligus menjadi milestone kemenangan Grand Prix kelas premier ke-900. Pada akhir musim, Oliveira berada di peringkat ke-9 klasemen dengan koleksi 125 poin.

4. Meski sekali menang, Joan Mir menyegel titel juara dunia

Davide Brivio dan Joan Mir (twitter.com/JoanMirOfficial)

Joan Mir mencetak sejarah. Pembalap Suzuki Ecstar ini merebut titel juara dunia meski hanya sekali menang. Dengan konsisten, Mir merebut 7 podium, termasuk 1 kemenangan di Sirkuit Ricardo Tormo pada seri Eropa.

Dengan titel juara itu, Mir adalah pembalap Suzuki pertama yang menyegel gelar sejak Kenny Robert Junior meraihnya pada 2000. Mir juga jadi pembalap non-Yamaha dan non-Honda pertama yang merebut titel sejak Casey Stoner (Ducati) menyegelnya pada 2007.

Baca Juga: Mengenali 5 Pemenang MotoGP 2018, Rider Honda Tak Terkejar!

5. Alex Rins sekali menang untuk Suzuki

potret Alex Rins (motogp.com)

Alex Rins juga mempersembahkan kemenangan untuk Suzuki. Rins merebut 4 podium, termasuk 1 kemenangan pada seri Aragon. Pada akhir musim, Spaniard menempati peringkat ke-3 klasemen usai mengumpulkan 139 poin.

6. Andrea Dovizioso mengoleksi satu kemenangan bareng Ducati

Andrea Dovizioso (motogp.com)

Andrea Dovizioso sejatinya punya kans merebut titel. Maklum saja, dalam 3 tahun beruntun, ia jadi runner-up di belakang Marc Marquez. Saat Marquez cedera, di atas kertas, Dovizioso jadi calon terkuat untuk juara.

Hanya saja, Dovizioso tak bisa tampil prima. Ia hanya bisa merebut 2 podium, termasuk 1 kemenangan pada seri Austria. Ia bertengger di peringkat ke-4 klasemen akhir dengan 135 poin.

7. Maverick Vinales sekali jadi kampiun bareng Yamaha

potret Maverick Vinales (motogp.com)

Pembalap tim pabrikan Yamaha kurang bertaji. Maverick Vinales hanya bisa menempati peringkat ke-6 klasemen dengan raihan 132 poin. Top Gun mengamankan 3 podium, termasuk 1 kemenangan pada seri Emilia Romagna.

8. Brad Binder merebut kemenangan pertamanya bersama KTM

potret Brad Binder (motogp.com)

Brad Binder juga mencetak sejarah. Pembalap tim pabrikan Mattighofen ini mempersembahkan kemenangan MotoGP pertama untuk KTM. Pada seri Ceko, Binder unggul meyakinkan dengan selisih 5,266 detik dari Morbidelli.

Verified Writer

Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya