TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

11 Hal Serbapertama dari MotoGP Jerman 2024, Sejarah Unik Tercipta

Ada adik kakak yang naik podium bareng

Marc Marquez, Francesco Bagnaia, dan Alex Marquez berdiri di podium MotoGP Jerman 2024. (motogp.com)

Intinya Sih...

  • Trackhouse Racing mencetak milestone dengan podium pertama di Grand Prix melalui Miguel Oliveira.
  • Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) meraih kemenangan pertamanya di Sirkuit Sachsenring dan memecahkan rekor kemenangan Casey Stoner bersama Ducati.
  • Marc Marquez finis runner-up, membuatnya tak lagi jadi juara di Sirkuit Sachsenring setelah mengikuti balapan sejak 2010.

MotoGP Jerman yang berlangsung pada Jumat hingga Minggu (5—7/7/2024) mencetak beberapa pencapaian menarik. Di tiap kelas, ada saja hal serbapertama yang tercipta. Itu berasal dari tim debutan, rider per orangan, maupun pembalap adik kakak.

Kendati banyak kecelakaan yang terjadi saat latihan, beruntungnya sesi balapan di Sirkuit Sachsenring bergulir dengan aman. Jorge Martin (Pramac Racing) menguasai sesi sprint. Sementara itu, pada sesi main race, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) jadi kampiun dan mencetak pencapaian serbapertama.

Apa saja sederet pencapaian serbapertama yang tercipta di MotoGP Jerman 2024? Simak ulasannya berikut ini!

1. Pertama kalinya ada dua pembalap Trackhouse Racing start dari baris terdepan

potret tim Trackhouse Racing (motogp.com)

Trackhouse Racing menorehkan milestone di Grand Prix. Untuk pertama kalinya, kedua pembalap di tim asal Amerika Serikat ini memulai balapan dari barisan depan. Miguel Oliveira start dari urutan ke-2 sedangkan Raul Fernandez tepat di belakangnya, di urutan ke-3.

2. Miguel Oliveira merebut podium sprint pertamanya musim ini

potret Miguel Oliveira (motogp.com)

Bagi Miguel Oliveira, hasil kualifikasi P2 merupakan posisi start terbaiknya. Hebatnya, Oliveira berhasil mengonversikannya menjadi runner-up sprint race yang merupakan podium pertamanya musim ini. Ia finis di belakang Jorge Martin dengan selisih 0,676 detik.

3. Podium Miguel Oliveira juga jadi podium sprint pertama bagi tim Trackhouse Racing

potret Miguel Oliveira dan kru tim Trackhouse Racing (motogp.com)

Podium sprint Oliveira juga jadi pencapaian serbapertama bagi timnya, Trackhouse Racing. Sebagai tim debutan di MotoGP, itu adalah podium pertama mereka di Grand Prix. Oliveira akhirnya bisa tampil kompetitif di atas Aprilia RS-GP.

4. Francesco Bagnaia pertama kali menang di Sirkuit Sachsenring

potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Sesi main race MotoGP Jerman jadi milik Francesco Bagnaia. Dalam balapan berdurasi 30 lap, Bagnaia merebut kemenangan setelah Jorge Martin terjatuh pada dua lap terakhir. Itu merupakan kemenangan pertama Bagnaia di Sirkuit Sachsenring sejak berkarier di Grand prix.

5. Francesco Bagnaia jadi pembalap dengan kemenangan terbanyak untuk Ducati

potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Sebagai pembalap Ducati, Bagnaia sudah mencetak 24 kemenangan. Dengan begitu ia melampaui rekor Casey Stoner yang merebut 23 kemenangan bersama pabrikan Borgo Panigale. Selain itu, Bagnaia juga berhasil merebut empat kemenangan beruntun musim ini.

Baca Juga: Raul Fernandez Bakal Pakai RS-GP24 di MotoGP Inggris 2024

6. Alex Marquez merebut podium main race pertamanya musim ini

potret Marc Marquez dan Alex Marquez (motogp.com)

Bagi Alex Marquez (Gresini Racing), penampilannya di MotoGP Jerman terasa begitu solid. Ia start dari urutan ke-5, meskipun saat sprint ia harus puas finis P9. Namun, saat main race, adik kandung Marc Marquez itu tampil sangat kompetitif. Ia berhasil finis P3 yang merupakan podium main race pertamanya musim ini.

7. Marc dan Alex Marquez jadi saudara kandung pertama yang naik podium bareng

potret Marc Marquez dan Alex Marquez (motogp.com)

Marc Marquez (Gresini Racing) finis runner-up di Sirkuit Sachsenring, tepat di depan adiknya, Alex Marquez, yang finis P3. Dengan pencapaian unik tersebut, mereka menjadi saudara kandung pertama yang mampu naik podium bareng pada era MotoGP. Ini juga jadi yang pertama sejak Nobuatsu Aoki dan Takuma Aoki meraihnya di Imola pada 1997.

8. Marc Marquez tak menang di Sirkuit Sachsenring untuk pertama kali

potret Marc Marquez (motogp.com)

Di atas kertas, untuk pertama kalinya, Marc Marquez tak menang balapan di Sirkuit Sachsenring. Sepanjang mengikuti balapan sejak 2010, Marquez selalu jadi kampiun. Hanya pada musim 2024 ini Marquez finis runner-up usai menjalani akhir pekan yang sulit: banyak terjatuh, kendala teknis, cedera pada rusuk, dan patah tulang jari.

Beberapa kemenangan jeda yang diambil oleh pembalap lain terjadi lantaran Marquez tak berpartisipasi. Pada 2020 dan 2022 Marquez didera cedera. Pada 2023 Marquez memutuskan tak turun balap karena sebelumnya terjatuh lima kali pada sesi latihan.

9. Luca Marini mendapatkan poin pertamanya di MotoGP 2024

potret Luca Marini (instagram.com/hrc_motogp)

Memasuki libur tengah tahun, Luca Marini (Repsol Honda) bisa tersenyum lega. Bagaimana tidak, akhirnya Marini bisa mendapatkan poin pertamanya di MotoGP 2024. Ia tak lagi menjadi satu-satunya pembalap reguler yang nihil poin.

Setelah main race seri Jerman usai, tiga rider terkena hukuman penalti 16 detik, yaitu Augusto Fernandez (Red Bull GASGAS Tech3), Johann Zarco (Castrol LCR Honda), dan Stefan Bradl (HRC Test Team). Fernandez yang tadinya finis P14 harus turun ke P16. Marini ketiban untung sehingga posisinya naik dari P16 ke P15.

10. Celestino Vietti merebut pole position pertamanya musim ini

potret Celestino Vietti (motogp.com)

Celestino Vietti (Red Bull KTM Ajo) tampil trengginas di Moto2 Jerman dengan merebut pole position pertama pada musim 2024. Ini juga jadi pole position pertama sejak ia terakhir kali meraihnya di San Marino tahun lalu. Saat balapan, Vietti sayangnya finis P5 saja.

Verified Writer

Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya