TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Deretan Hal Serba Pertama dari MotoGP Austria hingga Emilia Romagna

Empat seri balap yang banyak kejutan

potret Marc Marquez (motogp.com)

Intinya Sih...

  • Empat seri balap di Asia dan Eropa telah berlangsung dengan banyak kejutan;
  • Perebutan poin antara Francesco Bagnaia dan Jorge Martin memunculkan keseruan tersendiri;
  • Selama empat seri terakhir, banyak momen serbapertama yang terjadi bagi beberapa pembalap.

MotoGP memasuki tur Asia yang akan dimulai pada seri Indonesia (27—29/9/2024). Setelahnya, secara beruntun gelaran Grand Prix bakal dihelat di Jepang, Australia, Thailand, dan berakhir di Malaysia. Untuk seri pamungkas musim ini tetap diadakan di Valencia pada pertengahan November 2024 nanti.

Sebelum melakoni tur Asia, MotoGP telah menghelat banyak balapan seru di Eropa. Empat seri terakhirnya digelar di Austria, Aragon, serta back-to-back San Marino dan Emilia Romagna. Seri balap yang telah berlangsung pada pertengahan Agustus hingga pertengahan September itu menyajikan banyak kejutan.

Paling seru tentu saja perebutan poin antara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Jorge Martin (Pramac Racing). Kedua penggeber Ducati Desmosedici tersebut saling bergantian memimpin klasemen. Untuk sementara, Martin unggul 24 poin atas Bagnaia.

Kendati begitu, keseruan tak hanya terjadi di puncak kejuaraan. Pada tiap serinya, ada saja momen membanggakan yang terjadi bagi beberapa pembalap. Momen serbapertama tersebut terjadi di tiap kelas yang dilombakan.

Apa saja deretan hal serbapertama dari seri MotoGP Austria hingga Emilia Romagna? Siapa saja yang mengalaminya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Di seri Austria, setidaknya ada empat hal serbapertama yang terjadi

potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

MotoGP Austria yang bertajuk Motorrad Grand Prix von Osterreich berlangsung pada 16—18 Agustus 2024 di Sirkuit Red Bull Ring. Di kelas MotoGP, Francesco Bagnaia kembali merebut kemenangan usai sebelumnya menang pada 2022 dan 2023. Ia menorehkan sejarah sebagai pembalap pertama yang bisa menang hattrick di sirkuit ini.

Berbeda dengan kompatriotnya, Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) dan Luca Marini (Repsol Honda) bernasib tak mujur. Lantaran cedera, Diggia absen balapan. Inilah pertama kalinya ia tak mengikuti balapan sepanjang berkarier di kelas premier. Sementara itu, Marini tak bisa menuntaskan balapan karena mengalami teknikal isu pada motornya. Itu DNF pertamanya musim ini.

Di kelas Moto2, Celestino Vietti (Red Bull KTM Ajo) berjaya. Pembalap Italia itu untuk pertama kalinya menang musim ini. Ia menang back-to-back di Sirkuit Red Bull Ring karena musim 2023 lalu pun ia jadi kampiun di sini.

Secara singkat, berikut ini empat hal serbapertama yang terjadi di seri MotoGP Austria:

  • Francesco Bagnaia jadi pembalap MotoGP pertama yg hattrick di Red Bull Ring;
  • Sejak mengaspal di kelas premier pada 2022, baru pertama kalinya Fabio Di Giannantonio tidak memulai balapan;
  • Luca Marini untuk pertama kalinya musim ini tak menuntaskan balapan alias DNF; dan
  • Celestino Vietti untuk pertama kalinya menang di Moto2 musim ini, yang juga jadi kemenangan pertamanya bersama tim Red Bull KTM Ajo.

Baca Juga: Marc Marquez Tak Ingin Buat Kesalahan pada Sisa Seri MotoGP 2024

2. Di seri Aragon, enam hal serbapertama terbagi merata di setiap kelas

Marc Marquez menang di MotoGP Aragon 2024. (motogp.com)

Pada seri berikutnya, berbagai hal serbapertama juga terjadi. Balapan bertajuk Gran Premio GoPro de Aragon itu dihelat pada 30 Agustus—1 September 2024 di MotorLand Aragon. Di kelas MotoGP, Marc Marquez (Gresini Racing) tampil dominan. Ia merebut kemenangan perdananya baik di sesi sprint maupun main race. Marquez terakhir kali menang pada 2021 silam.

Di Moto2, Tony Arbolino (Elf Marc VDS Racing) akhirnya tampil moncer. Untuk pertama kalinya musim ini ia menang balapan. Bagi Deniz Oncu (Red Bull KTM Ajo) seri Aragon pun istimewa lantaran ia menjadi pembalap Turki pertama yang bisa finis podium di kelas intermediate sejak Kenan Sofuoglu meraihnya pada 2011.

Bagi Jose Antonio Rueda (Red Bull KTM Ajo), momen kemenangannya di Moto3 Aragon sangat berharga. Ia menang untuk pertama kalinya sekaligus menjadi pemenang berbeda ke-400 di ajang Grand Prix. Sementara itu, Luca Luneta (SIC58 Squadra Corse) akhirnya merebut podium pertamanya di ajang Grand prix.

Jika dibuat daftar, berikut ini enam hal serbapertama di MotoGP Aragon:

  • Marc Marquez meraih kemenangan sprint race pertamanya;
  • Pada seri main race, Marc Marquez juga merebut kemenangan pertamanya musim ini usai puasa menang selama 1043 hari;
  • Di kelas Moto2, Tony Arbolino merebut kemenangan pertamanya musim ini;
  • Masih di kelas intermediate, untuk pertama kalinya Deniz Oncu finis podium;
  • Di kelas Moto3, Jose Antonio Rueda menang untuk pertama kalinya; dan
  • Luca Luneta merebut podium pertamanya di Moto3.

3. Juga ada enam hal serbapertama di MotoGP seri San Marino

potret Angel Piqueras (motogp.com)

Sirkuit Misano menggelar dua kali balapan MotoGP back-to-back musim ini. Seri perdananya bertajuk Gran Premio Red Bull di San Marino e della Riviera di Rimini pada 6—8 September 2024. Di kelas premier, Marc Marquez kembali mencuri perhatian.

Usai menang di seri Aragon, Marquez menang lagi di seri San Marino di depan Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini (Ducati Lenovo). Ini merupakan kemenangan back-to-back pertama Marquez sejak 3 tahun silam. Ducati pun akhirnya menjadi pabrikan yang paling banyak menyapu bersih podium dengan jumlah 18 kali.

Selain Marquez, Franco Morbidelli (Pramac Racing) juga mengalami momen serbapertama. Ia kembali start dari baris terdepan. Di sesi sprint, Morbidelli akhirnya sukses menaiki podium perdananya.

Di kelas lebih ringan, Tony Arbolino semringah karena start dari posisi terdepan. Itu adalah pole position pertamanya sepanjang berkarier di Moto2. Angel Piqueras (Leopard Racing) juga bahagia lantaran berhasil merebut kemenangan pertamanya di Moto3.

Secara singkat, berikut ini enam hal serbapertama yang terjadi di seri San Marino:

  • Marc Marquez menang back-to-back untuk pertama kalinya sejak seri Amerika dan Emilia Romagna musim 2021;
  • Franco Morbidelli untuk pertama kalinya memulai balapan dari baris pertama sejak seri Spanyol 2021;
  • Morbidelli pun pertama kali menaiki podium sprint;
  • Ducati jadi pabrikan terbanyak yang menyapu bersih podium era MotoGP;
  • Tony Arbolino merebut pole position pertamanya selama berkarier di Moto2; dan
  • Angel Piqueras merebut kemenangan pertamanya di Moto3.

4. Di seri Emilia Romagna, ada tiga hal serbapertama yang terjadi

potret Taiyo Furusato (motogp.com)

Masih di Sirkuit Misano, balapan bertajuk Gran Premio Pramac dell’Emilia-Romagna digelar pada 20—22 September 2024. Pada seri ini, beberapa momen spesial pun terjadi. Salah satunya adalah Ducati yang merebut kemenangan ke-100 di MotoGP.

Di sisi lain, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) senang bukan karena menang, tetapi lantaran ia bisa tampil cukup kompetitif. El Diablo kembali langsung masuk ke sesi kualifikasi Q2 tanpa harus bersusah payah di Q1. Itu terjadi secara beruntun dan pertama kalinya musim ini.

Di kelas paling ringan, Taiyo Furusato (Honda Team Asia) merebut pole position. Meski harus berjuang keras melewati Q1, pembalap Jepang itu sukses jadi yang tercepat. Itu adalah pole position pertamanya di ajang Grand Prix.

Berikut ini daftar tiga hal serbapertama di seri Emilia Romagna:

  • Ducati untuk pertama kalinya mencapai kemenangan ke-100;
  • Fabio Quartararo pertama kali back-to-back langsung ke sesi Q2; dan
  • Taiyo Furusato merebut pole position pertamanya.

Balapan Grand Prix sering menyajikan keseruan. MotoGP, Moto2, dan Moto3 memang diisi pembalap paling kompetitif sejagat. Pada tur Asia nanti, deretan hal serbapertama apa lagi yang akan terjadi?

Baca Juga: Fabio Quartararo Hampir Keluar dari Yamaha Selepas MotoGP 2024

Verified Writer

Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya