TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Olimpiade Paris 2024, Ada Floating Olympic Village!

Hal serba baru yang mengagumkan di Olimpiade #Olimpiade2024

malam opening ceremony Olimpiade Paris 2024 (instagram.com/olympics)

Intinya Sih...

  • Pesta olahraga Olimpiade 2024 resmi dibuka pada 26 Juli 2024 di Paris, Prancis.
  • Opening Ceremony Olimpiade diselenggarakan di Sungai Seine, merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah.
  • Sungai Seine yang dulunya tercemar kini bersih dan aman digunakan sebagai tempat bertanding cabang olagraga triathlon. Total anggaran biaya pembersihan mencapai 1,5 miliar euro.

Pesta olahraga Olimpiade 2024 resmi dibuka pada 26 Juli 2024 kemarin. Kali ini Paris, Prancis menjadi tuan rumah gelaran olahraga terakbar ini setelah 2020 lalu digelar di Tokyo, Jepang. Total ada sebanyak 206 kontingen dari berbagai penjuru dunia hadir ke kota mode dunia ini untuk bertanding.

Perhelatan olahraga empat tahunan ini tentu saja sudah banyak dinantikan oleh banyak orang. Tak hanya berkutat soal olahraganya saja, sederet fakta-fakta menarik di luar itu layak diperbincangkan. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari Olimpiade Paris 2024 yang harus kamu tahu!

1. Pertama kalinya opening ceremony Olimpiade dilakukan di luar stadion

parade atlet kontingen Prancis dalam opening ceremony Olimpiade Paris 2024 (Instagram.com/olympics)

Dilansir oliympics.com, ini pertama kalinya dalam sejarah Opening Ceremony Olimpiade diselenggarakan di luar stadion. Paris membuat gebrakan unik dengan menggelar opening ceremony di Sungai Seine yang mengalir tepat di jantung Kota Paris. Sungai Seine sendiri merupakan venue untuk cabang olahraga triathlon. Parade kontingen atlet dari setiap negara yang berpartisipasi menaiki sebuah kapal boat yang dilengkapi dengan kamera dan televisi agar penonton dapat melihat lebih dekat para atlet yang sedang berparade di atas Sungai Seine. 

Parade atlet di sungai Seine ini memiliki rute sepanjang 6 km dari timur ke barat. Parade dimulai dari Jembatan Austerlitz dan berakhir di Trocadéro. Dalam parade sungai ini, para atlet dibawa menyusuri Sungai Seine yang juga melewati beberapa venue resmi beberapa cabang olahraga Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Minho SHINee Didaulat sebagai Olympic Friend di Olimpiade Paris 2024

2. Prancis mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membersihkan sungai Seine

sungai Seine, Prancis (unsplash.com/Andrew Boersma)

Sungai Seine dijuluki sebagai sungai paling romantis di dunia. Membentang sepanjang 13 kilometer dari Burgundy hingga Normandy, sungai ini juga populer dengan jembatan-jembatan romantis yang juga menyambungkan berbagai tempat bersejarah dengan kota-kota modern di Prancis. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa pemerintah setempat pernah melarang keras warga setempat berenang di Sungai Seine selama lebih 100 tahun lamanya? Pada 1923 pemerintah Prancis secara resmi melarang warganya berenang di sungai ini karena tingkat pencemaran yang tinggi. Apnews melansir, Pemerintah Prancis menggelontorkan dana yang sangat besar untuk membersihkan Sungai Seine dan aman digunakan sebagai tempat bertanding cabang olagraga triathlon Olimpiade 2024. Total anggaran biaya yang dikeluarkan oleh Prancis untuk pembersihan Sungai Seine mencapai 1,4 miliar euro atau kurang lebih setara dengan 248 triliun rupiah, lho!

3. Atlet yang berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024 mendapat HP Samsung Galaxy Z Flip6 gratis

Samsung Galaxy Z Flip6 edisi khusus Olimpiade Paris 2024 (news.samsung.com)

Samsung merupakan salah satu sponsor utama Olimpiade Paris 2024. Seperti sebelum-sebelumnya, Samsung mulai rutin memberikan smartphone gratis untuk menunjang tiap atlet yang berpartisipasi dalam Olimpiade. Nah, kali ini sebanyak 17.000 atlet menerima hadiah Samsung Galaxy Z Flip6 edisi khusus Olimpiade Paris 2024. Samsung mengungkapkan bahwa HP edisi Olimpiade Paris 2024 adalah yang pertama dilengkapi dengan fitur Galaxy AI. Selain itu, ini juga merupakan pertama kalinya produk Samsung terbaru yang diproduksi dibuat untuk atlet Olimpiade sebelum secara resmi dirilis untuk umum.  

4. Surfing adalah satu-satunya cabor yang tidak digelar di Prancis, melainkan di Tahiti

venue surfing Olimpiade Paris 2024 di Tahiti (unsplash.com/@fabecollage)

Salah satu yang menarik perhatian dari Olimpiade Paris 2024 ini adalah venue untuk cabang olahraga surfing yang ternyata justru diselenggarakan di Tahiti yang berada di kawasan Samudera Pasifik. Yup, sebanyak 48 peselancar yang berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024 ini akan berlaga di Tahiti, tepatnya di Teahupo’o. Prancis memang memiliki pantai yang indah. Namun, ombaknya tidak memenuhi syarat untuk perhelatan surfing. Sedangkan Teahupo’o, Tahiti terkenal di kalangan peselancar dunia sebagai tempat surfing terbaik yang memiliki ombak besar dan menantang. Tahiti sendiri merupakan pulau yang berada di wilayah French Polynesia, di mana sistem politik dan peraturannya di bawah otoritas Prancis. Tahiti juga sudah sering menjadi venue berbagai kompetisi surfing kelas dunia.

Verified Writer

Ruth Christian

Kindly check my articles, fellas!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya