TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Update Peringkat 5 Ganda Putra Indonesia usai China Open 2024

Ada yang naik drastis, nih!

Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin (instagram.com/badminton.ina)

BWF kembali memperbarui peringkat para pebulu tangkis dunia pekan ini. Perubahan peringkat ini dihitung berdasarkan performa usai bertanding di China Open 2024 yang berlangsung pekan lalu.

Dari kelima ganda putra Indonesia yang turun pada turnamen BWF Super 1000 tersebut, banyak yang mengalami perubahan peringkat. Ada yang naik, turun, serta ada juga yang tetap pada peringkat sebelumnya.

Berikut perubahan peringkat ganda putra Indonesia usai China Open 2024.

1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus turun satu tingkat

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto angkat koper dari China Open 2024 di babak delapan besar. Ganda putra terbaik Indonesia ini harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Pasangan Merah Putih yang menempati unggulan keempat ini kalah melalui pertarungan tiga set.

Dengan hasil ini, Fajar/Rian dipastikan turun satu tingkat dari peringkat sebelumnya. Pasangan Indonesia tersebut kini menempati peringkat tujuh dunia BWF. Meski demikian, Fajar/Rian masih tetap menjadi ganda putra terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

2. Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani tidak mengalami perubahan peringkat

Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (pbsi.id)

Ganda putra Indonesia yang tidak mengalami perubahan peringkat adalah Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani. Pasangan ini tetap berada di peringkat 17 dunia BWF pekan ini. Sabar/Reza juga memastikan diri sebagai ganda putra kedua terbaik Indonesia.

Di China Open 2024, Sabar/Reza langsung kalah pada babak pertama. Ganda putra terbaik Merah Putih ini gagal mengatasi perlawanan pasangan Taiwan, Fang Chih Lee/Fang Jen Lee. Sabar/Reza takluk dengan dua set langsung.

Baca Juga: 8 Perubahan Peringkat Sektor Tunggal Putra usai China Open 2024

3. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembali turun satu tingkat

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (pbsi.id)

Ganda putra Indonesia lainnya yang juga mengalami penurunan peringkat adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan yang akrab disapa Daddies ini kembali harus turun satu tingkat dari peringkat mereka sebelumnya. Saat ini, Ahsan/Hendra menduduki peringkat 23 dunia BWF.

Ahsan/Hendra juga menjadi ganda putra Indonesia yang tersingkir pada babak pertama China Open 2024. Pasangan andalan Merah Putih ini takluk atas ganda putra terbaik Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Ahsan/Hendra takluk dua set langsung atas pasangan unggulan kedua tersebut.

4. Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana naik 13 tingkat

Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana (pbsi.id)

Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana harus kalah di babak kedua China Open 2024. Ganda putra racikan baru Indonesia ini gagal mengatasi perlawanan pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang merupakan unggulan kedua. Leo/Bagas kalah melalui pertarungan tiga set.

Meski kalah di babak-babak awal, Leo/Bagas mengalami kenaikan peringkat yang cukup drastis. Saat ini, ganda putra andalan Indonesia tersebut menempati peringkat 57 dunia BWF. Leo/Bagas naik 13 tingkat dari peringkat mereka sebelumnya.

5. Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin mengalami kenaikan peringkat secara drastis

Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin (instagram.com/badminton.ina)

Muhammad Sohibul Fikri/Daniel Marthin juga mengalami kenaikan peringkat yang cukup drastis. Ganda putra racikan baru Indonesia ini naik 30 tingkat dari posisi sebelumnya. Fikri/Daniel kini menempati peringkat 58 dunia BWF tepat berada di bawah Leo/Bagas.

Fikri/Daniel sukses menembus semifinal China Open 2024. Sayangnya, ganda putra andalan Indonesia ini takluk atas pasangan Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin yang akhirnya keluar sebagai juara China Open 2024. Fikri/Daniel juga menjadi ganda putra Indonesia yang melaju paling jauh di China Open 2024 pekan lalu.

Indonesia harus pulang tanpa gelar juara China Open 2024. Meski demikian, dua ganda putra Merah Putih berhasil naik peringkat dengan cukup drastis, nih!

Baca Juga: 5 Pebulu Tangkis Indonesia yang Naik Peringkat setelah China Open 2024

Verified Writer

Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya