TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Peraih Gelar Juara Hong Kong Open Edisi Terakhir, Ada Indonesia

Indonesia juara umum, lho!

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (instagram.com/badminton.ina)

Rangkaian turnamen BWF tur Asia kembali bergulir pekan ini. Kali ini ada Hong Kong Open 2024 yang merupakan salah satu turnamen BWF Super 500 yang akan berlangsung pada 10--15 September 2024.

Pada edisi terakhir Hong Kong Open, Indonesia keluar sebagai juara umum dengan meraih dua gelar juara dari sektor tunggal putra dan ganda putri. Sementara itu, tiga gelar juara lainnya diraih oleh negara Jepang, China, dan Denmark.

Sayangnya, tiga pemain dipastikan tidak akan mempertahankan gelar juaranya karena harus absen pada turnamen BWF Super 500 tahun ini. Berikut daftar lengkap peraih gelar juara Hong Kong Open 2023.

1. Jonatan Christie (Indonesia) raih gelar juara di sektor tunggal putra

Jonatan Christie (pbsi.id)

Indonesia berhasil meraih satu gelar juara Hong Kong Open 2023 dari sektor tunggal putra. Jonatan Christie yang saat itu menempati pemain unggulan kelima bermain sangat baik kala bersua dengan tunggal putra nonunggulan asal Jepang, Kenta Nishimoto di babak final. Jonatan menang melalui pertarungan tiga set.

Di set pertama, Jonatan kalah dengan skor cukup mudah, yaitu 12-21. Namun, tunggal putra terbaik Indonesia ini berhasil memaksakan terjadinya rubber set setelah mengunci kemenangan dengan skor tipis, 22-20 di set kedua. Di set penentuan, Jonatan kembali fokus dan bermain dengan sangat baik sehingga bisa meraih kemenangan di set ketiga dengan skor 21-18. Duel tunggal putra di babak final turnamen BWF Super 500 ini berdurasi 1 jam 24 menit.

2. Akane Yamaguchi (Jepang) segel gelar juara di sektor tunggal putri

Akane Yamaguchi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Akane Yamaguchi masih menjadi yang terbaik di Hong Kong Open edisi terakhir. Tunggal putri andalan Jepang ini sukses meraih gelar juara pada turnamen BWF Super 500 tersebut. Akane mampu mengatasi perlawanan tunggal putri China, Zhang Yi Man di babak final Hong Kong Open 2023.

Akane yang saat itu bertatus unggulan pertama di sektor tunggal putri menang dua set langsung atas pemain nonunggulan asal China tersebut. Akane meraih gelar juara Hong Kong Open 2023 setelah menang dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-15 dalam durasi 36 menit. Sayangnya, Akane harus absen di Hong Kong Open tahun ini dan bisa dipastikan aan ada juara baru di sektor tunggal putri.

Baca Juga: 5 Pebulu Tangkis Terakhir yang Back to Back Juara Hong Kong Open

3. Kim Astrup/Anders Skaaruup Rasmussen (Denmark) menjadi juara di sektor ganda putra

Kim Astup/Anders Skaarup Rasmussen (bwfbadminton.com)

Denmark meraih satu gelar juara di Hong Kong Open edisii terakhir. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang saat itu menjadi unggulan ketujuh sukses menjadi juara di sektor ganda putra pada turnamen BWF Super 500 tersebut. Kim/Anders menang melalui pertarungan tiga set dengan skor yang sangat ketat atas pasangan Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di babak final.

Di set pertama, Kim/Anders menang cukup mudah dengan skor 21-10. Namun, Leo/Daniel merebut set kedua dengan skor tipis, 22-20 dan memaksakan terjadinya rubber set. Di set penentuan, Kim/Anders mengunci kemenangan dengan skor tipis, yaitu 21-19 atas pasangan unggulan keenam tersebut. Durasi pertandingan ganda putra di babak final ini adalah 1 jam 2 menit.

4. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia) juara di sektor ganda putri

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia juga berhasil meraih satu gelar juara Hong Kong Open 2023 di sektor ganda putri. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang saat itu diunggulkan di posisi ketujuh sukses meraih gelar juara pada turnamen BWF Super 500 tersebut. Apriyani/Fadia menang melalui pertarungan tiga set atas pasangan Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitahran yang merupakan unggulan keenam.

Kalah di set pertama dengan skor 14-21, tapi Apriyani/Fadia berhasil memaksakan terjadinya rubber set setelah menang tipis di set kedua dengan skor 22-20. Di set penentuan, Apriyani/Fadia bermain dengan sangat baik sehingga mampu mengunci kemenangan dengan skor cukup mudah, yaitu 21-9 dalam durasi 1 jam 13 menit. Sayangnya, Apriyani/Fadia harus absen di Hong Kong Open tahun ini.

Verified Writer

Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya