TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Tim Indonesia di Japan Open 2024, Banyak yang Mundur!

Japan Open 2024 mulai bergulir, Selasa (20/8/2024)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Intinya Sih...

  • Indonesia mengirim 10 wakil ke Japan Open 2024, termasuk Anthony Ginting, Ester Nurumi, dan beberapa pasangan ganda putra.
  • Sayangnya, empat wakil Indonesia harus mundur karena berbagai alasan, termasuk cedera dan sakit.
  • Japan Open 2023 adalah turnamen terakhir sebelum Olimpiade 2024, dengan Jonatan Christie sebagai runner-up tunggal putra.

Setelah Olimpiade 2024 usai, BWF World Tour kembali bergulir pekan ini. Kali ini, ada Japan Open 2024 yang merupakan salah satu rangkaian turnamen BWF Super 750. Japan Open akan berlangsung pada 20 -- 25 Agustus 2024.

Tim Indonesia tentu ambil bagian dari rangkaian BWF World Tour Asia ini. Sayang, tidak semua andalan bulu tangkis Indonesia berlaga pada turnamen yang digelar di Yokohama Kanagawa, Jepang, tersebut. Berikut lima fakta menarik pemain Indonesia di Japan Open 2024.

1. Indonesia kirim sepuluh wakil

Ester Nurumi Tri Wardoyo (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia mengirimkan para pemain terbaiknya pada ajang Japan Open 2024. Sebanyak 10 atlet siap berjuang meraih gelar pada turnamen BWF Super 750 tersebut. Berikut daftar lengkapnya:

  • Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo
  • Tunggal putri: Ester Nurumi Tri Wardoyo
  • Ganda putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Settiawan, Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana, Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin, dan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani
  • Ganda campuran: Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Indonesia tanpa wakil di sektor ganda putri. Satu-satunya pasangan yang sebelumnya terdaftar, Apriyani Rahayi/Siti Fadia Silva Ramadhanti, memutuskan mundur. Sementara itu, ganda putra paling banyak mengirimkan wakilnya.

Baca Juga: Kelelahan Usai Olimpiade, Axelsen Mundur dari Japan Open 2024

2. Ada empat wakil yang mundur

Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Sayangnya, Indonesia harus menarik empat wakil lainnya mundur dari Japan Open 2024. Selain Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dari sektor ganda putri, ada juga dua pasangan lainnya dari sektor ganda campuran. Mereka adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Praveen Jordan/Serena Kani.

Sementara itu, dari sektor tunggal juga ada dua wakil yang mengundurkan diri. Gregoria Mariska Tunjung dari sektor tungga putri memilih mundur setelah dikonfirmasi terkena cacar air. Sedangkan yang paling terbaru adalah Jonatan Christie dari sektor tunggal putra juga batal mengikuti pertandingan BWF Super 750 tersebut

3. Ada dua racikan baru di sektor ganda putra

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (pbsi.id)

Dari sektor ganda putra, Indonesia mengirimkan dua racikan baru. Mereka adalah Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin. Kedua pasangan baru ganda putra Indonesia ini akan langsung bertanding di babak pertama Japan Open 2024.

Leo/Bagas akan langsung menantang senior mereka yang juga rekan senegaranya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di babak pertama. Sementara itu, Fikri/Daniel akan berhadapan dengan pasangan Taiwan, Chiang Chien Wei/Wu Hsuan Yi. Akankah kedua racikan baru Indonesia ini membuat kejutan di Japan Open 2024?

4. Hanya ada satu pemain unggulan

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Dari 10 wakil Indonesia yang akan bertanding di Japan Open 2024, hanya ada satu wakil yang menjadi pemain unggulan. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang merupakan unggulan keempat di sektor ganda putra. Ganda campuran andalan Indonesia akan langsung bertanding pada hari pertama Japan Open 2024.

Fajar/Rian dipastikan melawan pasangan China, Xie Hao Nan/Zeng Wei Han. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasangan. Meski Fajar/Rian lebih diunggulkan di atas kertas, pasangan Indonesia tetap harus waspada di babak pertama Japan Open 2024.

Verified Writer

Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya