TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Jonatan Christie vs Lee Zii Jia di Kejuaraan Dunia 2023

Tampil pada hari pertama

Jonatan Christie (instagram.com/jonatanchristieofficial)

Baru memasuki babak pertama, laga panas sudah tersaji di Kejuaraan Dunia 2023. Dari sektor tunggal putra, Jonatan Christie (Indonesia) akan melawan Lee Zii Jia (Malaysia) pada laga perdana Kejuaraan Dunia tahun ini.

Pertandingan kedua tunggal putra tersebut akan berlangsung hari ini, Senin (21/8/2023) di Copenhagen, Denmark. Menariknya, ada lima fakta Jonatan Christie vs Lee Zii Jia di Kejuaraan Dunia 2023 yang patut disimak. Apa saja?

1. Laga perdana Kejuaraan Dunia 2023 merupakan pertemuan kedelapan

Lee Zii Jia (olympics.com)

Jonatan Christie maupun Lee Zii Jia sama-sama menjadi tumpuan negaranya untuk bisa meraih hasil terbaik di Kejuaraan Dunia 2023 ini. Sayangnya, keduanya sudah harus saling berhadapan pada babak pertama atau babak 64 besar. Kedua pemain tunggal putra ini sendiri sudah sering bertemu dan saling mengalahkan.

Pertandingan pada babak pertama Kejuaraan Dunia 2023 ini akan menjadi pertemuan kedelapan mereka. Rekor pertemuan keduanya adalah 4-3 untuk keunggulan Jonatan. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Denmark Open 2022.

Baca Juga: Daftar Juara Bertahan Kejuaraan Dunia, Semua Pemain Unggulan

2. Jonatan Christie kalah dalam tiga pertemuan terakhir

Jonatan Christie, tunggal putra Indonesia (instagram.com/badminton.ina)

Jonatan Christie merupakan pemain unggulan kelima di Kejuaraan Dunia 2023. Meski lebih diunggulkan di turnamen kali ini, pemain yang akrab disapa Jojo itu tetap harus waspada agar bisa melaju ke babak selanjutnya. Apalagi saat berhadapan dengan wakil Malaysia, Lee Zii Jia, pada babak pertama.

Dilihat dari head-to-head, Jonatan memang lebih unggul. Namun, tunggal putra andalan Indonesia itu kalah dalam tiga pertemuan terakhir. Tercatat, Jonatan belum bisa revans atas Lee Zii Jia sejak Denmark Open 2022. Saat itu, ia kalah dalam pertarungan tiga set.

3. Lee Zii Jia sedang panas

Lee Zii Jia (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Lee Zii Jia merupakan tunggal putra terbaik Malaysia saat ini. Pemain berusia 25 tahun ini menempati peringkat ke-13 BWF. Lee Zii Jia bahkan pernah menempati peringkat dua dunia pada November 2022 lalu.

Sayangnya, dalam beberapa turnamen terakhir yang diikutinya, Lee Zii Jia seperti kehilangan performa terbaiknya. Meski menjadi pemain unggulan di beberapa turnamen, ia kerap kalah pada babak-babak awal. Hal inilah yang menyebabkan peringkatnya turun cukup drastis.

Meski demikian, Lee Zii Jia tampaknya mulai menemukan kembali permainan terbaiknya. Ia sukses melaju ke semifinal Australia Open 2023 pada awal Agustus 2023 lalu. Namun, pada akhirnya kalah atas wakil China, Weng Hong Yang.

4. Menguji konsistensi Jonatan Christie

Jonatan Christie (instagram.com/jonatanchristieofficial)

Walaupun menempati unggulan kelima, performa Jonatan Christie belum konsisten. Oleh karena itu, ia harus waspada sebagai pemain unggulan di Kejuaraan Dunia 2023. Terlebih, setelah kalah tiga kali beruntun atas Lee Zii Jia pada pertemuan terakhir.

Indonesia sendiri menargetkan tunggal putra meraih medali emas di Kejuaraan Dunia tahun ini. Setelah Anthony Sinisuka Ginting—yang merupakan tunggal putra terbaik Indonesia saat ini—harus absen, Jonatan perlu mengambil alih tugas mengejar target. Tak hanya sang unggulan, Indonesia juga mengirimkan Chico Aura Dwi Wardoyo di sektor tunggal putra.

Baca Juga: Jadwal 5 Wakil Indonesia di Hari Pertama Kejuaraan Dunia 2023

Verified Writer

Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya