TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Marc Marquez Butuh Motor Kompetitif untuk Bertarung di MotoGP 2024

Membalap di atas Ducati Desmosedici GP 

Marc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

MotoGP 2020 menjadi titik awal Marc Marquez kehilangan aura juara. Sejak musim itu, ia kerap dihantui cedera berkepanjangan hingga membuatnya bolak-balik masuk ke ruang operasi. Ditambah lagi dengan Motor Honda RC213V yang tak kunjung kompetitif. Itu membuatnya frustrasi dalam beberapa musim terakhir.

Di sisi lain, patut diakui bahwa Ducati Desmosedici GP merupakan motor terbaik di garasi MotoGP saat ini. Itulah salah satu alasan di balik keputusan Marc Marquez merapat ke tim Borgo Panigale untuk 2024. Di bawah naungan tim Gresini Racing, Marquez akan dibekali motor Desmosedici GP yang terbukti tangguh.

Baca Juga: Marc Marquez Sebut Pedro Acosta Akan Buat Gebrakan di MotoGP 2024

1. Marc Marquez sempat tinggal di zona nyaman bersama Honda

Marc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Marc Marquez telah membuktikan bahwa ia merupakan seorang juara di atas motor Honda. Sejak bergabung dengan tim asal Hamamatsu itu, pembalap berjuluk The Baby Alien berhasil mengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP pada 2013, 2014, 2016—2019. Catatan ini menjelaskan jika Marquez adalah sosok bertalenta di grid MotoGP saat ini, sehingga saat wajar jika ia memiliki hak istimewa bersama Honda.

Namun, kisah itu berbalik pada 2020 setelah mengalami cedera dan memutuskan untuk melakukan istirahat panjang pada musim yang sama. Kondisi ini menjadi momentum titik balik. Ketidakhadiran Marquez di garasi membuat arah pengembangan motor Honda stagnan. Meskipun comeback pada 2021, Marquez merasa ada yang tidak sesuai dengan motor Honda sehingga tak kompetitif hingga saat ini.

2. Marc Marquez punya kunci berupa konsistensi dalam pertarungan juara dunia

Marc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Konsistensi adalah kunci dalam pertarungan gelar juara dunia. Marc Marquez menyadari bahwa kemenangan bukanlah tujuan utama pembalap dalam kompetisi. Di atas motor Honda RC213V saat ini, ia mengaku tak mampu tampil konsisten di berbagai lintasan dan kondisi balapan.

“Aku punya kecepatan bersama Honda. Namun, konsistensi yang menentukan apakah Anda bisa bertarung berebut gelar juara dunia. Itulah yang sulit. Konsistensi dapat mempertahankan kecepatan diberbagai tata letak lintasan, aspal, dan cengkeraman,” kata Marquez dikutip Corsedimoto.

Baca Juga: Red Bull Dikabarkan Bakal Ikuti Marc Marquez Tinggalkan Repsol Honda

Verified Writer

Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya