TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Sky Brown, Skateboarder Muda asal Inggris di Olimpiade

Berambisi raih emas di Olimpiade Paris 2024 #Olimpiade2024

Potret Sky Brown, Skateboard Cilik asal Inggris di Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Intinya Sih...

  • Sky Brown, atlet skateboard berusia 16 tahun, akan tampil di Olimpiade Paris 2024
  • Brown lahir di Jepang dan mewakili Tim Inggris Raya karena memiliki kewarganegaraan ganda
  • Setelah cedera serius sebelum Olimpiade Tokyo 2020, Brown berhasil meraih medali perunggu dan memenangkan penghargaan lainnya

If people see me, the smallest girl, doing the highest trick, then anyone could think they could do anything - Sky Brown

Pesona atlet muda bertalenta turut menghiasi Olimpiade 2024. Tidak mengherankan jika mendapatkan kesempatan untuk turut serta di Olimpiade dan mendulang medali adalah pencapaian yang tidak pernah terlupakan sepanjang hidup. Hal ini juga dirasakan oleh Sky Brown, atlet papan luncur (skateboard) asal Inggris. Menginjak usianya ke 16 tahun, Brown sudah merasakan pahit getirnya selama berkompetisi di kancah internasional. 

Sky Brown sempat mendulang medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, menyabet gelar juara dunia skateboarding, dua medali emas X Games, dan mencicip cedera serius menjadi gerbang pembuka kariernya di usia belia. Namun, tak ada halangan bagi Brown untuk mendobrak batasan dan mengukir mimpinya di cabang olahraga ini. Brown akan tampil di cabang olahraga skateboard putri di Place de la Concorde, Paris, 6 Agustus 2024, bersama 3 atlet lainnya, yaitu Hinano Kusaki dari Jepang, Kokona Hiraki dari Jepang, dan Emilie Alexandre asal Prancis. Penasaran dengan sosok Sky Brown? Yuk, kenalan lebih jauh dengannya lewat artikel berikut!

1. Sky Brown adalah atlet blasteran Inggris-Jepang yang lahir di Miyazaki, Jepang, pada 7 Juli 2008

Potret Sky Brown, atlet skateboard asal Inggris yang tampil di Olimpiade Paris 2024 (instagram.com/skybrown)

Ketika mendengar nama Sky Brown, mungkin terlintas di pikiran bahwa ia adalah seorang atlet berkebangsaan barat. Namun, siapa sangka Sky Brown lahir di Jepang. Sky Brown adalah atlet keturunan Inggris-Jepang yang lahir di Miyazaki, Jepang, pada 7 Juli 2008. Pada usia 16 tahun, Sky akan berkompetisi dalam cabang olahraga skateboard putri pada 6 Agustus 2024 malam WIB.

Menurut NBC Olympics, Sky Brown berlomba untuk Tim Inggris Raya karena ia memiliki kewarganegaraan ganda, Inggris dan Jepang. Ia memilih mewakili Inggris Raya karena tim tersebut tidak memberinya tekanan berlebihan dan mendorongnya untuk menikmati kompetisi. Sky mulai bermain skateboard pada usia 3 tahun. Ia menganggap skateboard sebagai mainan favorit masa kecilnya. Ketika berusia 4 tahun, ayahnya mengunggah video dirinya bermain skateboard ke YouTube yang sekaligus menjadi batu loncatan kariernya dimulai.

Orang tua Sky Brown adalah Stuart dan Mieko Brown. Ayahnya, Stuart, adalah orang Inggris dan mantan pemain skateboard amatir. Sedangkan ibunya, Mieko, adalah orang Jepang. Sky juga memiliki seorang adik laki-laki bernama Ocean yang juga menunjukkan bakatnya sebagai pemain skateboard menjanjikan. Aksi-aksi sang adik bisa disimak di akun YouTube mereka, Sky & Ocean.

Selain sebagai atlet berprestasi, Sky Brown juga seorang artis berbakat. Ia telah merilis lagu berjudul 'Girl' dan memenangi Dancing with the Stars Junior pada 2018. Hingga saat ini, lagu 'Girl' yang dinyanyikan Sky Brown telah mencapai 31 juta penayangan di YouTube.

Baca Juga: 6 Teknologi Kecerdasan Buatan di Olimpiade Paris 2024 

2. Cerita Sky Brown bisa mewakili Inggris di Olimpiade Paris 2024

Potret Sky Brown di 2022 World Championships Aljada Skate Park (instagram.com/skybrown)

Setelah Olimpiade Tokyo, kesuksesan Sky terus berlanjut dengan kemenangan di level tertinggi dalam olahraga skateboard. Sky Brown memecahkan beberapa rekor sebagai pemain skateboard muda. Ia mencatat rekor untuk Tim Inggris Raya sebagai atlet termuda yang berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020 sekaligus peraih medali termuda.

Pada 2023, ia menjadi pemain skateboard pertama dari Inggris Raya yang memenangi kejuaraan dunia skateboard. Ia berambisi untuk berkompetisi dalam dua cabang olahraga di Olimpiade Paris, yakni skateboard dan selancar.

"Hidup ini terlalu singkat. Kamu harus mencoba berbagai hal, bukan?" katanya kepada olympics.com tentang tujuan ganda olahraganya yang mengisyaratkan bahwa setelah Olimpiade Paris 2024 dia akan kembali berusaha untuk berkompetisi dalam kualifikasi untuk Olimpiade Los Angeles 2028.

Kini, Brown akan tampil di cabang olahraga skateboard putri di Place de la Concorde, Paris, 6 Agustus 2024, bersama tiga atlet lainnya dalam satu ronde (Heat 4). Mereka adalah Hinano Kusaki dari Jepang, Kokona Hiraki dari Jepang, dan Emilie Alexandre asal Perancis. Mampukah Sky Brown meraih hasil optimal?

3. Beberapa bulan sebelum Olimpiade Tokyo 2020, Brown mengalami cedera serius saat latihan

Beberapa bulan sebelum Olimpiade Tokyo 2020, Sky Brown mengalami cedera (instagram.com/thestewgravy)

Perjalanan Sky Brown tidaklah mulus tanpa hambatan. Beberapa bulan sebelum Olimpiade Tokyo 2020, ia mengalami cedera serius saat latihan; jatuh dari ketinggian sekitar 15 kaki di lintasan halfpipe. Akibat jatuh tersebut, ia menderita beberapa cedera parah, termasuk patah tulang tengkorak, patah lengan kiri, dan luka robek pada jantung dan paru-parunya.

"Saya menggendongnya dan dia berlumuran darah, tidak berdaya, mengerang dalam keadaan tidak sadar, menunggu helikopter untuk membawanya ke rumah sakit," tulis ayahnya di Instagram seakan menggambarkan peristiwa itu.

"Malam itu kami habiskan dengan rasa sakit dan ketakutan, tidak tahu apakah Sky akan mampu bertahan, sementara tim ICU berusaha untuk menyadarkannya dan menjaganya tetap hidup."

Para dokter menggambarkan pemulihan Sky sebagai keajaiban dengan ketahanan dan sikap positifnya yang mendorong proses penyembuhan. Atlet muda yang fenomenal ini kemudian ikut serta dalam Olimpiade Tokyo yang sempat tertunda karena pandemik COVID-19 dan menjadi atlet Olimpiade musim panas termuda di Inggris pada usia 13 tahun. Ia berhasil meraih medali perunggu dalam cabang skateboard putri dan menjadi peraih medali Olimpiade termuda dari Tim Britania Raya.

4. Cedera adalah bagian dari cerita Sky Brown selama menjadi atlet skateboard

Potret Sky Brown di Olimpiade Tokyo 2020 (instagram.com/skybrown)

Bagi Brown, cedera merupakan bagian dari perjalanan kariernya sebagai atlet skateboard hingga kini. Setelah melompat dan melakukan gerakan kickflip yang sebelumnya sempat mengganggunya, ia meluncur di sekitar mangkuk untuk menyelesaikan sisa gerakan. Ketika gerakan itu selesai, pemudi Inggris itu meninju udara dengan kedua tangan sebelum menjatuhkan diri dengan tangan di belakang kepala sebagai tanda kelegaan. Dia berhasil melakukannya. Seperti yang sudah menjadi tradisi selama pertandingan, seluruh peserta datang memeluknya untuk merayakan kemenangan. Momen penuh kebahagiaan yang terjadi setelahnya mengabadikan pertandingan di taman tersebut sebagai kenangan Olimpiade yang tidak akan pernah dilupakan oleh banyak orang.

Energi yang terhubung dari olahraga skateboard, yang memulai debutnya di Olimpiade, menyentuh kehidupan jutaan orang yang menyaksikannya di tengah pandemik sambil mencari kelegaan. Dan siapa yang tidak bisa tersenyum melihat seorang anak berusia 13 tahun yang menolak untuk menyerah justru diberi medali? Meski masih muda, Sky Brown telah mengalami banyak cedera. Sebuah kecelakaan mengerikan menjelang Olimpiade Tokyo menyebabkan beberapa patah tulang tengkorak dan patah pada pergelangan tangan serta tangan. Berkat ketekunannya, Sky Brown memenangi penghargaan BBC Young Sports Personality of the Year pada 2021. Ia juga menerima penghargaan Laureus World Comeback of the Year pada 2022 setelah bangkit dari kecelakaan yang mengancam nyawanya dan meraih perunggu di Olimpiade Tokyo.

"Setiap kali saya cedera, saya kembali menjadi lebih kuat. Jadi, ini saatnya saya benar-benar memikirkan apa yang ingin saya lakukan selanjutnya. Itu benar-benar membakar semangat saya, dan ya, itu terjadi, itu adalah bagian dari kehidupan," ujar Sky Brown melalui NBC Olympics.

Verified Writer

Reyvan Maulid

Penyuka Baso Aci dan Maklor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya