TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Fakta Maskot Olimpiade Paris 2024, Punya Makna Mendalam 

Maskot ini menjadi simbol kebebasan #Olimpiade2024

maskot Olimpiade Paris 2024 (olympic.com)

Olimpiade Paris 2024 digelar mulai 26 Juli 2024 hingga 11 Agustus 2024 di 17 kota berbeda yang berada di Prancis dan Tahiti. Sebelum dimulai, Olimpiade Paris 2024 meluncurkan maskot yang menjadi ikon pertandingan tersebut.

Maskot bernama Olympic Phryge tersebut mencuri perhatian. Terlebih lagi, dengan warnanya yang khas seperti bendera Prancis. Ingin tahu lebih lanjut mengenai maskot ini? Berikut empat fakta terkait maskot Olimpiade Paris 2024 yang wajib kamu tahu. 

1. Maskot Olimpiade Paris 2024 bernama Olympic Phryge

maskot Olimpiade Paris 2024 (paralympic.org)

Dilansir situs Paris Olympic 2024, maskot pada tahun ini diberi nama Olympic Phyrge. Ternyata, maskot tersebut dibuat terinspirasi dari topi tradisional Frigia yang berbentuk kerucut dengan lipatan di bagian puncaknya. Nama dan desain ini dipilih karena menyimbolkan kebebasan dan mewakili tokoh alegoris republik Prancis.

2. Olympic Phryge diberi warna seperti bendera Prancis

maskot Olimpiade Paris 2024 (paralympic.org)

Olympic Phryge didapuk sebagai maskot yang memainkan peran utama dalam memimpin revolusi melalui olahraga. Hal ini sesuai dengan visi Olimpiade Paris 2024 yang ingin menunjukkan bahwa olahraga dapat mengubah kehidupan.

Olympic Phryge lantas digambarkan dengan warba biru, putih, dan merah yang merupakan warna bendera Prancis. Kemudian, maskot tersebut juga dihiasi logo emas Olimpiade Paris 2024 pada bagian dadanya.

Baca Juga: 5 Fakta Sungai Seine yang Jadi Venue Olimpiade Paris 2024  

3. Topi Frigia adalah simbol kebebasan bagi masyarakat Prancis

maskot Olimpiade Paris 2024 (paralympic.org)

Topi Frigia yang menjadi maskot Olimpiade Paris 2024 telah menjadi simbol kebebasan sepanjang sejarah Prancis. Ikon ini menjadi rujukan umum bagi masyarakat Prancis termasuk dalam dunia seni dan simbol Republik Prancis.

Topi Frigia dapat dilihat di atas kepala sosok ikonik Marianne di setiap balai kota dan bahkan ditampilkan pada benda sehari-hari di Prancis seperti koin dan perangko. Topi ini juga merupakan simbol kebebasan internasional yang dikenakan oleh budak yang dibebaskan pada zaman Romawi dan muncul pada berbagai lambang di Amerika Utara dan Selatan. 

Writer

Putu Intan

dont forget to be happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya