TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Momen yang Mengubah Hidup Ratu Grappler, Danielle Kelly

Bangkit setelah ditinggal orang tua saat remaja.

Bintang ONE Women's Atomweight Submission Grappling Danielle Kelly (dok. ONE Championship)

Setelah meraih sabuk emas inagurasi submission grappling ONE pada akhir September 2023 lalu, Danielle Kelly berbagi perihal momen besar yang mengubah hidupnya menjadi seperti sekarang.

Pada Sabtu pekan ini (3/8/2024), Juara Dunia Submission Grappling ONE, Danielle Kelly, akan mempertahakan sabuk emasnya dari penantang berbahaya di laga pendukung utama ONE Fight Night 24: Brooks vs. Balart.

Sang superstar Amerika akan berhadapan dengan Juara Dunia IBJJF sembilan kali Mayssa Bastos di Lumpinee Stadium, Bangkok, dalam laga terberat dalam karier Kelly.

Sebelum mempertaruhkan sabuk emasnya untuk yang pertama kali, simak lima momen besar yang membentuk sang ratu atomweight submission grappling menjadi pribadi seperti sekarang:

1. Perkenalan dengan Brazilian Jiu-Jitsu

Sebagai anak perempuan kecil yang pemalu, Kelly kerap mengalami perundungan di sekolah. Ia pun terbiasa memendam semuanya saat diejek, walau kerap menderita perundungan fisik.

Hanya semua itu berubah ketika ia menemukan Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) di umur 10 tahun. Dibekali dengan teknik pertahanan diri yang berguna serta kepercayaan diri yang baru, Kelly dapat mengubah situasi yang dihadapinya dan berkembang sebagai atlet bertalenta dengan potensi luar biasa.

Kini ia telah menjadi superstar global sekaligus salah satu grappler submission pound-for-pound terbaik di muka bumi. Ia pun mengetahui kalau hidupnya akan sangat berbeda tanpa BJJ.

2. Kehilangan kedua orang tuanya saat remaja

Danielle Kelly saat remaja (dok. ONE Championship)

Saat Kelly mulai meraih kepercayaan diri dan berkembang sebagai atlet BJJ elite, sebuah tragedi memilukan datang tiba-tiba. Sang bintang muda dari Amerika harus kehilangan kedua orang tuanya setelah mengalami pergulatan panjang melawan penyakit. Sangat wajar jika hal itu menjadi pukulan besar bagi dirinya.

Berkat dukungan orang-orang di sekitarnya dan determinasi untuk terus maju, Kelly dapat melewati masa terberatnya. Kini ia termotivasi untuk membuat mendiang orang tuanya bangga.

Baca Juga: ONE Fight Night 24: Perebutan Sabuk Interim & Duel Grappler Terbaik

3. Mengalahkan seorang Juara Dunia

Sebagai bintang yang tengah naik daun di BJJ, Kelly telah merasakan banyak kemenangan serta kekalahan di tingkatan elite. Mundur ke 2021, ia masih berusaha meraih nama di olahraga ini. Namun, itulah saat kemenangan besarnya tiba.

Dalam kompetisi khusus submission di luar ONE, Kelly sukses menundukkan Juara Dunia IBJJF Sofia Amarante, sekaligus menegaskan namanya sebagai talenta kelas dunia lewat gaya permainan agresif.

4. Memulai debut di ONE

Puncak kesuksesan Kelly berikutnya terjadi pada Maret 2022 ketika ia menjalani debut di organisasi seni bela diri terbesar dunia dalam ajang ONE X. Pada malam itu ia mendominasi ikon MMA Jepang Mei Yamaguchi, sekaligus menunjukkan kemampuan menyeluruhnya sembari memperkenalkan submission grappling.

Walau Kelly tak dapat meraih kuncian, penampilannya cukup luar biasa dan berbuah bonus US$50,000 (Rp800 juta) hingga membuatnya jadi idola.

Verified Writer

ONE Championship

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya