TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade 2024, Jokowi: Sejarah Indonesia

Jokowi mengatakan raihan itu membuat Indonesia bangga

Atlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo di podium speed putra usai memenangkan medali emas di Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengucapkan selamat kepada atlet pajat tebing putra, Veddriq Leonardo, yang meraih medali emas dalam Olimpiade 2024 Paris. Jokowi mengatakan, raihan itu membuat Indonesia bangga.

"Olimpiade 2024 Paris membawa kebanggaan baru bagi Indonesia berkat Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing kebanggaan bangsa, yang meraih medali emas Indonesia pertama di Olimpiade Paris 2024," ujar Jokowi melalui cuitannya di akun X, Kamis (8/8/2024).

Jokowi mengatakan, medali emas yang diraih Veddriq merupakan sejarah Indonesia dari panjat tebing kategori speed wall climbing.

"Raihan ini sekaligus menjadi sejarah penyumbang emas pertama Indonesia dari cabang panjat tebing kategori speed wall climbing Olimpiade. Selamat!" kata Jokowi.

Diketahui, Veddriq melaju lebih cepat dalam panjatan final speed putra melawan wakil China, Wu Peng di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Kamis (8/8/2024). Veddriq mencapai puncak dengan catatan waktu 4,75 detik. Angka ini lebih cepat 0,02 detik dibanding Wu Peng yang membukukan 4,77 detik.

Sementara, medali perunggu speed putra diraih wakil Amerika Serikat, Sam Watson dengan catatan waktu 4,74 detik, setelah memenangkan laga melawan wakil Iran, Reza Alipour Shenazandifard, dengan catatan waktu 4,88 detik.

Ini adalah medali emas pertama Indonesia di ajang Olimpiade 2024 Paris. Ini menjadi medali kedua Indonesia di Olimipiade 2024 Paris.

Medali pertama dipersembahkan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, yang meraih perunggu dari cabang olahraga bulu tangkis.

Baca Juga: Raih emas di Olimpiade Paris, Veddriq: Kado Buat HUT ke-79 RI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya