TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Pemain Spanyol di Olimpiade 2024 yang Pernah Main di NBA

Siap meraih prestasi #Olimpiade2024

Juancho Hernangomez dan Willy Hernangomez (fiba.basketball)

Intinya Sih...

  • Spanyol memiliki sejumlah pemain berpengalaman dari NBA, seperti Santiago Aldama, Usman Garuba, dan Rudy Fernandez
  • Lorenzo Brown yang dinaturalisasi oleh Spanyol menjadi playmaker utama di Olimpiade 2024 Paris
  • Willy Hernangomez dan Alex Abrines dipercaya untuk memberikan kontribusi positif bagi Spanyol di Olimpiade 2024

Spanyol pernah dianggap sebagai raksasa bola basket. Pada Olimpiade 2008 Beijing, Spanyol hampir saja meraih medali emas. Sayangnya, mereka dikalahkan Amerika Serikat pada babak final. Padahal, Spanyol memiliki deretan pemain bintang, seperti Marc Gasol, Pau Gasol, Jose Calderon, Ricky Rubio, dan Juan Carlos Navarro.

Spanyol juga ikut serta di cabang olahraga basket pada Olimpiade 2024 Paris. Namun, aura bintang mereka tak sekuat di Olimpiade 2008. Meski begitu, Spanyol tetap dihuni oleh sejumlah pemain berpengalaman yang beberapa di antaranya pernah berkarier di NBA. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Santiago Aldama diproyeksi jadi bintang masa depan Spanyol

Santiago Aldama (fiba.basketball)

Santiago Aldama menjadi salah satu pemain Spanyol di Olimpiade 2024 Paris yang masih aktif bermain di NBA. Pemain Memphis Grizzlies ini mulai menemukan peran terbaiknya di Timnas Spanyol. Ia biasanya hanya menjadi pemain cadangan di beberapa turnamen sebelumnya. Namun, pada Olimpiade 2024, ia cukup melesat dan menjadi bagian penting dari permainan negaranya. Ia diproyeksikan menjadi power forward utama dan jadi bintang masa depan Spanyol.

2. Usman Garuba jadi pelapis untuk posisi center dan power forward

Usman Garuba (fiba.basketball)

Pemain aktif NBA lain yang memperkuat Spanyol di Olimpiade 2024 Paris adalah Usman Garuba. Pemain Golden State Warriors ini tak secemerlang Santiago Aldama. Permainannya di NBA pun tak begitu terlihat. Hal tersebut berdampak kepada kiprahnya di tim nasional. Pada Olimpiade 2024, ia hanya berperan sebagai pelapis dari Santiago Aldama untuk posisi power forward dan Willy Hernangomez di posisi center.

3. Rudy Fernandez jalani kompetisi basket profesional terakhirnya

Rudy Fernandez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Rudy Fernandez merupakan seorang pemain veteran yang pernah membela Portland Trail Blazers dan Denver Nuggets. Ia adalah pemain senior yang memiliki segudang pengalaman, salah satunya ialah enam kali keikutsertaannya di Olimpiade. Olimpiade 2024 Paris ini akan menjadi turnamen bola basket terakhir dalam kariernya. Sebab, Fernandez telah memutuskan untuk pensiun bersama Real Madrid Baloncesto pada Juni 2024 lalu.

Baca Juga: 10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024

4. Lorenzo Brown dipercaya sebagai playmaker utama tim

Lorenzo Brown tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Lorenzo Brown merupakan point guard asal Amerika Serikat yang dinaturalisasi oleh Spanyol. Sebelum pindah ke Spanyol, ia pernah membela beberapa tim NBA, seperti Philadelphia 76ers, Minnesota Timberwolves, dan Phoenix Suns. Namun, kiprahnya tak terlalu baik kala itu. Meski begitu, kini perannya di Spanyol sudah terbilang mentereng. Ia dipercaya sebagai playmaker utama Spanyol di beberapa turnamen, termasuk di Olimpiade 2024 Paris. 

5. Willy Hernangomez punya peran penting di Timnas Spanyol

Willy Hernangomez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Dalam beberapa turnamen terakhir, Willy Hernangomez selalu menjadi tulang punggung Timnas Spanyol. Meski mengemban tanggung jawab yang besar, ia tampak tak begitu kesulitan. Mantan pemain New York Knicks, Charlotte Hornets, dan New Orleans Pelicans ini selalu tampil bersinar ketika bermain untuk negaranya. Di Olimpiade 2024 Paris ini juga, ia tampil sebagai center utama bagi timnya. Ia dipercaya akan memberikan kontribusi yang positif untuk negaranya.

6. Juancho Hernangomez mulai meredup

Juancho Hernangomez (fiba.basketball)

Adik dari Willy Hernangomez, Juancho Hernangomez, justru semakin meredup. Mantan pemain Denver Nuggets, Minnesota Timberwolves, dan Toronto Raptors ini hanya berperan sebagai pemain cadangan di Olimpiade 2024 Paris. Hal itu disebabkan inkonsistensinya di level klub. Meski begitu, ia masih bisa menjadi senjata rahasia bagi Spanyol.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya