TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Puerto Rico di Olimpiade 2024 yang Pernah Tampil di NBA

Mayoritas lahir di Amerika Serikat #Olimpiade2024

Jose Alvarado (kiri) (fiba.basketball)

Intinya Sih...

  • 5 pemain Puerto Rico di Olimpiade 2024 pernah bermain di NBA, 4 naturalisasi lahir di Amerika Serikat.
  • Davon Reed kembali membela Puerto Rico, tapi belum tampil maksimal dengan 0 poin pada laga pertama.
  • Puerto Rico mengalami kekalahan pada laga pertama dan akan menghadapi Serbia dan Amerika Serikat selanjutnya.

Setelah tampil apik di FIBA World Cup 2023, perjalanan Puerto Rico di kancah basket internasional kemudian berlanjut di Olimpiade 2024 Paris. Pada ajang kali ini, mereka membawa sejumlah pemain ternama untuk mengangkat prestasi. Dari 12 pemain yang di bawa, 5 di antaranya merupakan pemain yang pernah berpengalaman main di NBA.

Uniknya 4 dari 5 pemain tersebut merupakan pemain naturalisasi. Mereka lahir di Amerika Serikat, tetapi lebih memilih untuk membela negara orangtuanya, yakni Puerto Rico ketika dewasa. Lantas, siapa sajakah kelima pebasket Puerto Rico di Olimpiade 2024 Paris yang pernah bermain di NBA?

1. Davon Reed belum tampil maksimal pada laga pertama

Davon Reed (fiba.basketball)

Sempat absen di FIBA World Cup 2023, Davon Reed kembali membela Timnas Puerto Rico di Olimpiade 2024 Paris. Akan tetapi, ia belum bisa menunjukkan penampilan terbaiknya pada laga pertama ketika Puerto Rico berhadapan dengan Sudan Selatan. Pada laga tersebut, ia dipasang sebagai pemain pengganti dengan total bermain selama 17 menit. Sayangnya, ia tak mencetak satu pun poin sebagai seorang shooting guard.

Reed sendiri memiliki pengalaman yang cukup saat bermain di NBA. Pemain kelahiran New York, Amerika Serikat ini pernah membela Phoenix Suns, Indiana Pacers, Denver Nuggets, dan Los Angeles Lakers. Namun, penampilannya tak begitu gemilang.

2. Gian Clavell jadi salah satu pemain kunci pada laga pertama

Gian Clavell (fiba.basketball)

Gian Clavell menjadi satu-satunya pemain kelahiran Puerto Rico dalam daftar ini. Pemain yang berposisi sebagai shooting guard ini menjadi salah satu pemain kunci Puerto Rico pada laga pertama. Ia menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak ketiga setelah Jose Alvarado dan Tremont Waters.

Kehebatan Clavell sebagai seorang pebasket pernah membawanya ke NBA. Tepatnya pada 2017/2018, ia pernah dikontrak oleh Dallas Mavericks. Namun, ia hanya bermain dalam tujuh pertandingan selama semusim. Setelah itu, ia tak pernah bermain lagi di NBA.

Baca Juga: 7 Pemain Spanyol di Olimpiade 2024 yang Pernah Main di NBA

3. Aleem Ford hanya diturunkan selama semenit di laga pertama

Aleem Ford (kiri) (fiba.basketball)

Nama selanjutnya ialah Aleem Ford, pemain kelahiran Georgia, Amerika Serikat, yang saat ini membela Timnas Puerto Rico. Ford dipanggil ke skuad Puerto Rico untuk Olimpiade 2024 Paris untuk mengisi salah satu posisi di small forward. Akan tetapi, ia bukan pemain inti. Hal tersebut terjadi pada laga pertama saat ia hanya turun selama semenit.

Ford sendiri pernah bermain di NBA dengan menit bermain yang sangat minim. Ia hanya bermain dalam lima laga dengan statistik yang jauh dari kata memuaskan. Momen tersebut terjadi pada 2021/2022 ketika ia membela Orlando Magic.

4. Jose Alvarado jadi tulang punggung utama Puerto Rico

Jose Alvarado (kiri) (fiba.basketball)

Jose Alvarado lahir di New York, Amerika Serikat, dan memulai kariernya di NBA bersama New Orleans Pelicans pada 2021/2022. Sejak saat itu, ia tak pernah pindah dari timnya. Ia dikenal sebagai salah satu pemain bertahan dan pemain cadangan yang punya kiprah ciamik.

Dengan reputasinya tersebut, Alvarado siap menjadi tulang punggung Puerto Rico di Olimpiade 2024 Paris. Hal tersebut telah ia tunjukkan pada laga pertama. Pada laga kontra Sudan Selatan tersebut, Alvarado jadi pemain dengan menit, poin, dan assist untuk Puerto Rico.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya