TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Jepang di Olimpiade 2024 yang Pernah Membela Tim NBA

Yuta Watanabe dan Rui Hachimura bersinar #Olimpiade2024

Yuta Watanabe (fiba.basketball)

Generasi bola basket Jepang saat ini bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah negara tersebut. Pasalnya, Jepang dihuni oleh sejumlah pemain hebat yang memiliki nama besar di luar liga bola basket mereka. Hal tersebut bisa dilihat dari roster Jepang di Olimpiade 2024.

Dari 12 pemain yang dibawa Timnas Jepang, 3 di antaranya pernah membela tim NBA. Ada yang sudah hengkang dari NBA, ada yang masih aktif bermain di NBA, dan ada pula yang siap debut pada musim 2023/2024. Siapa sajakah pemain yang dimaksud dan seperti apa perannya di Timnas Jepang pada Olimpiade 2024?

1. Rui Hachimura jadi salah satu pendulang poin bagi Jepang

Rui Hachimura (fiba.basketball)

Rui Hachimura menjadi salah satu pebasket Jepang yang masih aktif bermain di NBA. Pemain yang memiliki darah Benin ini bermain untuk Los Angeles Lakers pada 2023/2024. Ia pun memiliki penampilan yang cukup mentereng sebagai seorang power forward.

Kemampuan apik Hachimura membawanya sebagai salah satu pemain andalan di Timnas Jepang. Hal ini sudah terjadi dalam beberapa turnamen, termasuk Olimpiade Paris 2024. Pada ajang ini, ia dipercaya sebagai pemain utama dengan menit bermain yang amat memuaskan.

Hal itu sudah dilakukan Hachimura pada laga pertama kontra Jerman dan laga kedua kontra Prancis. Pada dua laga tersebut, ia mencetak banyak poin. Bahkan, jika dijumlahkan, Hachimura adalah raja poin untuk Jepang saat ini. Akan tetapi, ia gagal membawa negaranya menang di dua laga tersebut.

2. Keisei Tominaga belum mencetak satu pun poin di Olimpiade 2024

Keisei Tominaga (fiba.basketball)

Keisei Tominaga sebetulnya telah berpengalaman membela Timnas Jepang. Ia menjadi salah satu pemain yang dibawa ke FIBA World Cup 2023. Akan tetapi, hal tersebut tak menjamin posisinya di skuad Jepang pada Olimpiade 2024.

Tominaga belum sekali pun mencetak poin pada dua laga pertama yang dijalani Negeri Sakura. Hal itu bisa terjadi karena ia baru dimainkan selama masing-masing 1 menit tiap laga. Dengan kesempatan yang minim, ia tentu kesulitan untuk bersinar. Tominaga sendiri kalah saing dari Yuki Kawamura yang sedang bersinar dan Yuki Togashi yang menjabat sebagai kapten Jepang.

Di luar kiprahnya di Olimpiade 2024, Tominaga merupakan seorang point guard yang berbakat. Ia belum memulai karier profesionalnya sejauh ini karena ia baru mengikuti NBA Draft 2024 setelah 5 tahun berkarier untuk tim universitas. Pada musim 2023/2024 mendatang, Tominaga akan bermain untuk Indiana Pacers.

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya