TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Mantan Pemain KK Mega Basket yang Bermain di NBA 2023/2024

Klub penghasil pemain hebat!

Nikola Jokic (nba.com)

Pernah mendengar tim bola basket bernama Kosakarsi klub Mega Basket? Penggemar bola basket NBA atau EuroLeague tampaknya pernah mendengar nama tim tersebut. Akan tetapi, tim tersebut tampak asing dan jarang terlihat kiprahnya.

Hal ini cukup wajar karena Mega Basket bukanlah tim besar dan populer yang memiliki segudang prestasi. Mereka masih kalah jauh dari Partizan Belgrade atau Crvena Zvezda yang kerap menjadi langganan juara di negara mereka, Serbia. Kendati demikian, Mega Basket tak kalah bila berbicara dalam urusan mengorbitkan pemain hebat.

Faktanya, Mega Basket pernah melahirkan puluhan pemain hebat yang punya prestasi di berbagai kompetisi besar bola basket. Pada musim ini saja, terdapat delapan mantan pemain Mega Basket yang berlaga di kancah NBA. Siapa sajakah kedelapan nama tersebut?

1. Boban Marjanovic jadi salah satu veteran di NBA

Boban Marjanovic (nba.com)

Pemain veteran Houston Rockets, Boban Marjanovic, dikenal sebagai salah satu pemain yang sering berpindah tim. Hal itu tak hanya ia lakukan di NBA, tetapi Boban pun melakukannya sejak masih berkarier di Eropa. Dalam kariernya, Boban tercatat pernah membela Mega Basket pada 2012/2013 ketika klub tersebut masih bernama Mega Vizura. Bermain di klub ini menjadi jembatan Boban untuk dikenal sebagai pemain hebat kala berseragam Crvena Zvezda (2013--2015).

2. Mega Basket jadi tim pertama Filip Petrusev

Filip Petrusev (fiba.basketball)

Mega Basket tercatat sebagai klub profesional pertama yang dibela Filip Petrusev. Momen tersebut terjadi pada musim 2020/2021. Meski hanya semusim berseragam Mega Basket, bakat Petrusev telah diminati oleh Philadelphia 76ers. Itulah yang membuat ia dipilih pada NBA Draft 2020 di urutan ke-50. Musim 2023/2024 ini menjadi musim pertamanya di NBA bersama Philadelphia 76ers.

3. Vasilije Micic menjalani musim pertamanya bersama Oklahoma City Thunder

Vasilije Micic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Sama seperti Filip Petrusev, Vasilije Micic pun menjalani musim pertamanya di NBA pada 2023/2024 ini. Jauh sebelum itu, Micic pernah berseragam Mega Basket, tepatnya dari 2010--2014. Serupa dengan Petrusev, Mega Basket pun menjadi klub profesional pertama dalam karier Micic. Kariernya saat itu tak begitu bagus meski mampu membawanya ke klub EuroLeague, Bayern Munich.

4. Nikola Jovic punya cap sebagai pemain muda berbakat

Nikola Jovic (nba.com)

Nikola Jovic memiliki cap sebagai pemain muda berbakat kala berseragam Mega Basket (2021--2022). Oleh karena itu, Miami Heat tak ragu memilih Jovic di urutan ke-27 pada NBA Draft 2022. Cap tersebut ternyata masih berlaku hingga sekarang. Meski catatan Jovic tak terlalu bagus pada musim lalu, Jovic dipercaya akan meledak di NBA dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: 5 Center yang Sukses Mencuri Perhatian Sepanjang 2022/2023, Ada Jokic

5. Nikola Jokic memiliki segudang prestasi

Nikola Jokic (nba.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Nikola Jokic memulai kariernya bersama Mega Basket. Pasalnya, kebanyakan penggemar NBA lebih mengetahui Jokic setelah menjadi bintang dengan segudang prestasi ketika berseragam Denver Nuggets. Padahal, Jokic pun telah menunjukkan bakatnya ketika berseragam Mega Basket (2012--2015). Ia cukup dominan di Mega Basket seperti apa yang ia tampilkan ketika bermain di NBA.

6. Ivica Zubac jadi andalan LA Clippers

Ivica Zubac (nba.com)

Ivica Zubac pernah berseragam Mega Basket dalam kurun waktu singkat, 4 bulan (Februari--Juni 2016). Setelah dirinya terpilih oleh LA Lakers pada NBA Draft 2016, pria asal Kroasia ini pun melanjutkan kariernya di NBA. Namun, penampilannya tak begitu mengesankan bersama LA Lakers. Kendati demikian, Zubac mampu bangkit dan sudah cukup stabil karena ia menjadi pemain andalan di LA Clippers saat ini.

7. Goga Bitadze hanya numpang singgah di Mega Basket

Goga Bitadze (nba.com)

Goga Bitadze dapat dikatakan hanya numpang singgah di Mega Basket. Pasalnya, Bitadze selalu dipinjamkan ke klub lain selama berseragam Mega Basket (2016--2019). Setelah terpilih pada NBA Draft 2019, Bitadze pun langsung berkarier di NBA. Saat ini, ia menjadi bagian dari Orlando Magic.

Baca Juga: 3 Fakta Julian Strawther, Rookie Potensial Denver Nuggets

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya