TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Saran Buat PBSI: Evaluasi Semua Pelatih di Cipayung

Kalau tak penuhi target, harus siap mundur

Yonex-Sunrise Double Special Championship 2024 bakal dihelat pada 4-7 September mendatang. (IDN Times/Tino).

Intinya Sih...

  • Candra Wijaya menyarankan PBSI untuk mengevaluasi para pelatih di Pelatnas Cipayung dan memberikan target spesifik kepada mereka
  • Jika para pemain harus mengalami degradasi jika tidak mencapai target, hal serupa seharusnya diterapkan kepada para pelatih dengan kontrak maksimal dua sampai tiga tahun
  • Candra berharap evaluasi menyeluruh dilakukan kepada para pelatih, termasuk dengan memberikan kontrak, meskipun dia sendiri tidak berperan sebagai pelatih di Pelatnas PBSI Cipayung

Jakarta, IDN Times - Legenda ganda putra Indonesia, Candra Wijaya, memberi masukan pada kepengurusan baru Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia. Candra meminta agar PBSI berani mengambil tindakan atas keberadaan pelatih di Pelatnas Cipayung.

Menurut Candra, sudah selayaknya para pelatih juga dievaluasi keberadaannya. Posisi pelatih, menurut Candra, harus disamakan dengan pemain yang mengikuti sistem promosi-degradasi selama bermarkas di Cipayung.

1. Kalau target tak tercapai, mundur

Ilustrasi Bulu Tangkis (Instagram.com/bwf.official)

Candra menyarankan agar para pelatih yang kini melatih di Pelatnas Cipayung juga diberi target yang spesifik. Jika para pemain harus menelan pahitnya degradasi saat tak mampu mencapai target di Pelatnas, menurut Candra, hal serupa seharusnya bisa diterapkan kepada para pelatih.

"Pelatih-pelatih ini juga harus diberi target. Jika tidak tercapai targetnya, ya harus bersedia mundur dong, maksimal dua sampai tiga tahun," kata Candra, pada Senin (26/8/2024).

Baca Juga: Ketum PBSI: Persiapan Olimpiade 2028 Dimulai dari Sekarang

2. Pelatih butuh kontrak

Yonex-Sunrise Double Special Championship 2024 bakal dihelat pada 4-7 September mendatang. (IDN Times/Tino).

Candra menegaskan, masukan ini dilontarkannya bukan karena ingin masuk dalam jajaran pelatih Pelatnas. Peraih medali emas Olimpiade 2000 Sydney ini berharap evaluasi menyeluruh dilakukan kepada para pelatih, termasuk dengan memberikan kontrak.

"Kita lihat, lima sampai 10 tahun pelatih-pelatih di sana yang pratama. Jadi harus dievaluasi. Ya, kontrak dua sampai tiga tahun lah maksimal," kata Candra.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya