TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rizki Juniansyah Pecahkan Rekor Baru di Olimpiade 2024

Rizki membuat rekor Olimpiade di angkatan clean and jerk

Rizki Juniansyah, atlet angkat besi Indonesia yang berhasil lolos ke Olimpiade 2024 (instagram.com/rjuniansyah_)

Jakarta, IDN Times - Lifter putra Indonesia, Rizki Juniansyah meraih medali emas dari nomor 73kg putra Olimpiade 2024 Paris. Rizki berhasil melakukan total angkatan 354kg di South Paris Arena 6, Prancis, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Kesuksesan Rizki terasa sempurna lantaran mampu memecahkan rekor Olimpiade di angkatan clean & jerk. Dia mencatatkan angkatan 199kg.

Angkatan clean & jerk pria asal Serang ini mampu melewati rekor yang sebelumnya dibukukan wakil China, Shi Zhiyong dengan total angkatan 198kg.

Sebelumnya, Rizki membukukan angkatan snatch 155kg. Setelah gagal pada kesempatan pertama, dia sukses melakukan angkatan seberat itu di kesempatan kedua.

Pada angkatan snatch ketiga, Rizki berusaha menaikan angkatannya untuk mengejar lawannya dari China yang  berhasil melakukan angkatan 161kg. Namun, dia gagal mengeksekusinya saat mencoba mengangkat beban 162kg.

Pada angkatan clean & jerk, dia mampu menebus kesalahannya. Rizki sukses mengangkat beban 191kg pada percobaan pertama dan melakukan angkatan 199kg di kesempatan kedua.

Total angkatan 354kg membuat Rizki tak bisa dibendung lawan-lawannya dalam duel kali ini.

Sementara, medali perak diraih wakil Thailand, Weeraphon Wichuma. Dia mampu membuat total angkatan 346kg (148kg snatch dan 198kg clean & jerk).

Medali perunggu diraih wakil Bulgaria, Bozhidar Andreev. Dia sukses melakukan total angkatan 344kg (154 snatch dan 190 cleand & jerk).

Ini menjadi medali emas kedua Indonesia di Olimpiade 2024. Sebelumnya, emas perta sukses diraih Veddriq Leonardo di cabor panjat tebing nomor speed putra.

Indonesia sudah mengoleksi tiga medali di Olimpiade 2024. Satu medali perunggu tanah air dipersembahkan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung (bulu tangkis).

Baca Juga: Rizki Juniansyah Sumbang Emas Kedua Indonesia di Olimpiade 2024

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya