TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Raih Emas, Veddriq Leonardo Pecahkan Rekor Panjat Tebing Dunia

Veddriq pecahkan rekor rekan senegara

Veddriq Leonardo di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul, Korea Selatan (Twitter.com/ifsclimbing)

Jakarta, IDN Times - Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo berhasil meraih emas dari ajang Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Seoul, Korea Selatan. Selain meraih medali emas, Veddriq juga sukses memecahkan rekor nomor speed putra.

Veddriq menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 5,01 detik. Catatan Veddriq mengalahkan pemanjat China, Jinbao Long dengan 5,12 detik di laga final.

Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Seoul berlangsung pada 28-30 April 2023. Tercatat, 287 atlet turun mengikuti ajang ini.

Baca Juga: Panjat Tebing Indonesia dan Ekspektasi Tinggi di Olimpiade 2024

1. Pecahkan rekor rekan senegara

Veddriq Leonardo (Instagram.com/veddriq)

Veddriq jadi pemanjat pertama dalam sejarah yang menembus kurang dari lima detik. Tak hanya sekali, Veddriq melakukannya sebanyak tiga kali.

Di babak kualifikasi, Veddriq mencatatkan waktu 4,98 detik. Catatan ini membawa Veddriq memecahkan rekor yang sebelumnya dibukukan rekan senegaranya, Kiromal Katibin pada Piala Dunia 2022 di Chamonix, Prancis dengan catatan lima detik.

Di babak perempat final, Veddriq memecahkan rekornya sendiri dengan membukukan catatan waktu 4,90 detik. Dan mencatat 4,93 di babak semifinal.

2. Kata Veddriq usai jadi juara dan catat rekor

Podium nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Seoul, Korea Selatan (Twitter.com/ifsclimbing)

Veddriq tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya. Kemenangan dan rekor jadi capaian manis Veddriq di awal musim ini.

"Saya memecahkan rekor dengan 4,98 (detik) dan menjadi orang pertama yang mencatat waktu di bawah lima detik dan meraih medali emas di saat yang sama. Luar biasa, terutama untuk turnamen pertama musim ini," ujar Veddriq mengutip Olympics.

Seperti diketahui, Veddriq merupakan salah satu andalan Indonesia yang juga diproyeksikan untuk mengikuti kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Turnamen Kejuaraan Dunia IFSC 2023 di Bern, Swiss pada Agustus 2023 mendatang akan jadi turnamen pembuka kualifikasi.

Baca Juga: Veddriq Jadi Juara Dunia, Kuasai IFSC World Cup 2022

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya