TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemerintah Keluar Rp41,25 Miliar untuk Bonus Atlet Paralimpiade

Atlet gak raih medali juga dapat apresiasi

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan bonus prestasi kepada atlet Paralimpiade Indonesia (youtube.com/SekretariatPresiden)

Intinya Sih...

  • Pemerintah Indonesia memberikan bonus kepada atlet Paralimpiade 2024 sebesar Rp41,25 miliar.
  • Bonus diberikan berdasarkan torehan medali, dengan atlet yang tidak meraih medali juga mendapat apresiasi berbentuk uang.
  • Para badminton Indonesia mendapatkan bonus paling banyak yaitu Rp21,95 miliar karena berhasil meraih delapan medali.

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia harus merogoh kocek dalam untuk memberikan bonus kepada atlet Indonesia yang mentas di Paralimpiade 2024 Paris. Jika ditotal, pengeluaran pemerintah untuk bonus kepada atlet Paralimpiade Indonesia mencapai Rp41,25 miliar.

Jumlah itu muncul setelah dikalkulasi dengan torehan 14 medali Indonesia di Paralimpiade 2024. Selain itu, atlet yang gak raih medali juga mendapatkan apresiasi berbentuk uang. Sementara, pelatih yang mendampingi atlet peraih medali juga mendapat bonus.

1. Pemerintah keluar Rp41,25 miliar buat atlet

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan bonus prestasi kepada atlet Paralimpiade Indonesia (youtube.com/SekretariatPresiden)

Indonesia meraih 14 medali dari Paralimpiade 2024 dengan detail satu emas, delapan perak, dan lima perunggu. Catatan tersebut menjadi yang terbanyak buat kontingen Indonesia sepanjang sejarah Paralimpiade.

Dari perhitungan yang dilakukan oleh IDN Times, maka pemerintah akan keluar uang Rp41,25 miliar buat bonus atlet. Jumlah ini muncul karena struktur bonus adalah Rp6 miliar untuk peraih emas, Rp2,75 miliar perak, dan Rp1,65 miliar perunggu. Sementara, atlet yang tampil di Paralimpiade 2024 juga mendapat bonus sebesar Rp250 juta meski tidak pulang membawa medali.

Jumlah di atas belum termasuk bonus buat pelatih. Sebab, bonus pelatih tak dirinci lebih lanjut.

Baca Juga: NPC Apresiasi Peran Menpora Dito dalam Paralimpiade 2024

2. Para badminton dapat paling banyak

Hikmat Ramdani-Leani Ratri Oktila peraih mendali emas di Paralimpiade Paris 2024. (Dok/Bidang Media dan Humas NPC Indonesia)

Jika dirinci dari capaian medali tiap cabang olahraga, para badminton Indonesia menerima bonus paling banyak. Secara total, skuad Para Badminton akan mendapatkan Rp21,95 miliar

Para badminton Indonesia mengantongi total delapan medali dengan rincian satu emas, empat perak, dan tiga perunggu.

Skuad para badminton Indonesia terbilang sukses besar di Paralimpiade 2024. Sebab, seluruh atlet para badminton Indonesia pulang membawa medali Paralimpiade ke tanah air.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya