TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemenko PMK Evaluasi PON Aceh-Sumut, Apa Hasilnya?

Sederet evaluasi dari Kemenko PMK

Penampilan Nella Agustin pada nomor lari estafet 4x400 meter putra-putri cabang atletik saat berlaga pada PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Madya Sena, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa(17/9/2024). (PB PON Sumut/Hendra 'Broetal' Syamhari)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyampaikan hasil rapat evaluasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Warsito mengklaim pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 berjalan dengan baik. Ini terlihat dari banyaknya pemecahan rekor yang membuat Kemenko PMK mengklaim PON Aceh-Sumut 2024 sukses secara prestasi.

"PB PON dan KONI pusat optimis bahwa pelaksanaan PON ke-21 terselenggara dengan sukses prestasi dengan terciptanya banyak pemecahan rekor," kata Warsito dalam konferensi pers daring pada Rabu (18/9/2024).

1. Masalah venue yang tak beres

Kondisi akses utama menuju venue voli indoor di Sport Centre, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Selasa (10/9/2024). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kemenko PMK tidak menyinggung soal beberapa masalah terkait venue dalam penyelenggaraan PON Aceh-Sumut 2024, meski tidak mendetail.

Menurut Warsito, beberapa kendala venue yang terjadi disebabkan oleh faktor cuaca karena ada hujan badai keras di daerah penyelenggaraan.

"Adanya kerusakan diakibatkan oleh cuaca yang ekstrim, badai dan juga hujan badai, ini telah ditangani dengan baik di lapangan. Dan juga per hari ini semua sudah dapat kembali digunakan dengan baik," kata Warsito.

Baca Juga: Angin Kencang Sebabkan Kaca di Venue Basket PON Pecah, 5 Terluka

2. Masalah konsumsi

Jawa Timur jadi juara umum emas Sanda (dok PB PON XXI)

Selain itu, permasalahan konsumsi selama penyelenggaraan PON juga menjadi sorotan. Menurut Warsito, hal ini juga sudah menjadi bahan evaluasi dari penyelenggaraan PON Aceh-Sumut 2024.

"Berkaitan dengan permasalahan yang juga muncul kaitannya dengan konsumsi dan juga hal-hal lain itu juga telah dilakukan perbaikan perbaikan sehingga saat ini telah konsepsi tersalurkan tepat waktu," ujar Warsito.

3. Dugaan penyelewengan dana

Panitia pertandingan membawa motor yang akan dipakai para pembalap grass track, dari truck pengangkut ke tenda, untuk diserahkan ke masing-masing kontingen di sirkuit GTX Sena Kuala Namu, Sumatera Utara, Minggu (15/9/2024). (PB PON Sumut/M Zulfan Dalimunthe)

Banyaknya kekacauan yang terjadi selama penyelenggaraan PON Aceh-Sumut membuat ada spekulasi berkembang soal dugaan penyelewengan dana penyelenggaraan.

Warsito menegaskan, permasalahan dugaan penyelewengan dana PON ditangani pihak kepolisian.

"Kami belum menemukan. Hanya itu beritanya saja. Dan pemberitaan itu sempat kami ralat bahwa tim kami yang turun itu dalam rangka pendampingan. Memang ada temuan anomali," ujar Dirtipidkor Bareskrim Polri, Brigjen. Pol. Cahyono Wibowo memberi pernyataan dalam kesempatan yang sama.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya