TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Pemain Unggulan Tumbang di Babak Pertama China Open 2024

Termasuk Gregoria Mariska Tunjung

Gregoria Mariska Tunjung (instagram.com/badminton.ina)

Intinya Sih...

  • Pemain unggulan di sektor tunggal putra, termasuk Lee Zii Jia dan Li Shi Feng, tumbang pada babak pertama China Open 2024.
  • Lee Zii Jia kalah dari Koki Watanabe, sementara Li Shi Feng dikalahkan oleh Chou Tien Chen.
  • Gregoria Mariska Tunjung juga tumbang di babak pertama melawan Malvika Bansod di sektor tunggal putri.

China Open 2024 menghadirkan berbagai kejutan. Pada babak pertama turnamen BWF Super 1000 yang digelar di Olympic Sports Centre Gymnasium, China, ini banyak pemain unggulan yang ditumbangkan oleh nonunggulan.

Para pemain unggulan yang tumbang tersebut berasal dari sektor yang berbeda-beda. Banyak dari sektor tunggal putra, berikut daftar pebulu tangkis unggulan yang gugur di babak pertama China Open 2024.

1. Lee Zii Jia (Malaysia) [3] dikalahkan tunggal putra Jepang

Lee Zii Jia (instagram.com/victorsport_official)

Pemain unggulan pertama yang kalah pada babak pertama China Open 2024 hadir dari sektor tunggal putra. Wakil andalan Malaysia yang bertengger sebagai unggulan ketiga, Lee Zii Jia, dikalahkan oleh tunggal putra Jepang, Koki Watanabe. Laga ini menjadi pertemuan kedua bagi Lee Zii Jia dan Watanabe.

Pada laga kali ini, Lee Zii Jia kalah dua set langsung dalam laga yang berlangsung hanya 29 menit dengan skor 15-21 dan 2-21. Meski unggul dari segi peringkat, Lee Zii Jia sejatinya memang kalah dari segi rekor pertemuan atas Watanabe. Kekalahan ini juga menjadi kali kedua secara beruntun Watanabe mengalahkan Lee Zii Jia. Praktis, saat ini ia semakin tertinggal jauh atas Watanabe dengan catatan, 0-2.

Baca Juga: Daftar Peraih Gelar Juara China Open Edisi Terakhir, Tanpa Indonesia!

2. Li Shi Feng (China) [2] kalah atas tunggal putra nonunggulan Taiwan

Li Shi Feng (instagram.com/ben_beckman_bwf)

Tunggal putra tuan rumah, Li Shi Feng, menjadi unggulan selanjutnya yang tumbang pada babak pertama China Open 2024. Pemain yang berstatus sebagai unggulan kedua ini menelan kekalahan atas tunggal putra nonunggulan asal Taiwan, Chou Tien Chen. Head-to-head keduanya adalah 1-0 untuk keunggulan Li Shi Feng.

Namun, pada duel kali ini, Chou mampu revans dan berhasil meraih kemenangan lewat pertarungan straight game. Li Shi Feng kalah atas Chou dalam waktu pertandingan 45 menit. Skor akhir dari pertandingan kedua tunggal putra tersebut adalah 21-17 dan 21-18, untuk kekalahan Li Shi Feng.

3. Viktor Axelsen (Denmark) [2] disingkirkan oleh wakil tuan rumah

Viktor Axelsen (instagram.com/bwf.official)

Berbanding terbalik dengan Li Shi Feng, kali ini, salah satu tunggal putra nonunggulan tuan rumah justru sukses mengalahkan pemain unggulan. Ia adalah Lei Lan Xi, yang berhasil menyingkirkan Viktor Axelsen. Tunggal putra terbaik Denmark ini bertengger sebagai unggulan kedua di China Open 2024.

Pertandingan antara Axelsen dan Lei Lan Xi berlangsung sengit hingga memakan waktu 1 jam 7 menit. Axelsen disingkirkan Lei Lan Xi setelah berjuang hingga skor akhir 19-21, 21-17, dan 16-21. Hasil ini menjadikan rekor pertemuan keduanya jadi sama kuat, yaitu 1-1.

4. Tai Tzu Ying (Taiwan) [2] ditumbangkan pemain dari Denmark

Tai Tzu Ying (instagram.com/tai_tzuying)

Unggulan berikutnya yang tumbang pada babak pertama China Open 2024 datang dari sektor tunggal putri. Ia adalah Tai Tzu Ying. Unggulan kedua dari Taiwan ini harus angkat koper lebih awal setelah gagal mengamankan kemenangan atas tunggal putri Denmark, Julie Dawall Jakobsen.

Ini merupakan pertemuan kedua bagi kedua pemain. Pada pertemuan terakhir mereka di Thailand Open 2022, Jakobsen harus mengakui keunggulan Tai Tzu Ying. Namun, pada duel mereka kali ini, Tai Tzu Ying harus takluk lewat pertandingan tiga set dengan skor 14-21, 21-7, dan 19-21.

5. Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia) [5] menelan kekalahan dari wakil India

Gregoria Mariska Tunjung (instagram.com/badminton.ina)

Masih dari sektor tunggal putri, kali ini Indonesia harus kehilangan salah satu pemain unggulannya. Gregoria Mariska Tunjung, yang merupakan unggulan kelima, tumbang di babak pertama China Open 2024. Lawan yang mengalahkan Gregoria adalah tunggal putri India, Malvika Bansod.

Bansod sendiri berhasil membalikkan keadaan setelah sebelumnya ditaklukkan oleh Gregoria di pertemuan pertama mereka. Gregoria takluk dari Bansod lewat pertandingan dua set langsung yang berlangsung selama 46 menit. Skor akhir dari pertandingan ini adalah 26-24 dan 21-19, untuk kekalahan sang unggulan.

6. Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan (Taiwan) [6] dipulangkan ganda putra Malaysia

Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan (instagram.com/jhehuei)

Dari sektor ganda putra, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan dipastikan tersingkir dari China Open 2024. Pasangan dari Taiwan yang menempati posisi unggulan keenam ini takluk oleh ganda putra nonunggulan dari Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Head-to-head keduanya adalah sama kuat, yaitu 1-1.

Kemenangan berhasil diraih Ong/Teo lewat pertarungan tiga set yang cukup ketat. Mereka mengunci kemenangan atas Lee/Yang lewat pertandingan yang memakan waktu 44 menit. Skor akhir dari pertandingan kedua ganda putra tersebut adalah 13-21, 21-16, dan 21-15.

Verified Writer

Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya