TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perjalanan Tim Panahan Putri Korea Selatan Raih Emas di Olimpiade 2024

Jadi emas ketiga Korea Selatan #Olimpiade2024

Tim panahan putri Korea Selatan saat meraih emas di Olimpiade 2024. (worldarchery.sport)

Tim panahan putri Korea Selatan sukses menyabet emas di Olimpiade 2024 Paris. Berlaga pada Minggu (28/7/2024) di Invalides, Paris, Prancis, tim yang diperkuat Lim Si Hyeon, Nam Su Hyeon, dan Jeon Hun Young ini mempersembahkan emas ketiga untuk Korea Selatan di Olimpiade 2024.

Tak hanya itu, raihan ini juga memperpanjang catatan apik Korea Selatan di cabor panahan tim putri yang selalu meraih emas sejak pertama kali dipertandingkan di Olimpiade 1988 Seoul. Ini berarti mereka tak terkalahkan dalam sepuluh edisi beruntun.

Lantas, seperti apa perjalanan tim panahan putri Korea Selatan di Olimpiade 2024? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Tampil dominan saat ranking round hingga memecahkan rekor Olimpiade

Tim panahan putri Korea Selatan tampil di Olimpiade 2024. (x.com/worldarchery)

Perjalanan tim panahan putri Korea Selatan di Olimpiade 2024 dimulai dari ranking round atau babak pemeringkatan. Pada babak ini, mereka tampil dominan hingga berhasil memecahkan rekor Olimpiade dan rekor dunia. Mereka finis di peringkat pertama dengan torehan 2.046 poin. Catatan tersebut membuat mereka memecahkan rekor di Olimpiade. Sebelumnya, rekor ini dipegang tim panahan putri Korea Selatan di Olimpiade 2020 Tokyo dengan total 2.032.

Jumlah poin tersebut didapatkan dari akumulasi tiga pemanah Korea Selatan. Lim Si Hyeon menjadi penyumbang terbanyak dengan 694 poin dan menduduki peringkat 1 di antara 64 pemanah lainnya. Jumlah tersebut tercatat sebagai rekor dunia terbaru mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang pemanah Korea Selatan lainnya, Kang Chae Young, dengan 692 poin di Kejuaraan Dunia Panahan 2019. Sementara itu, dua pemanah lainnya, Nam Su Hyeon dan Jeon Hun Young, masing-masing mencetak 688 dan 664 poin. Nam Su Hyeon finis di peringkat kedua, sedangkan Jeon Hun Young berakhir di peringkat ke-13.

2. Membekuk Taiwan pada perempat final

Tim panahan putri Korea Selatan tampil di Olimpiade 2024. (x.com/worldarchery)

Penampilan impresif tim panahan putri Korea Selatan pada ranking round mendatangkan keuntungan. Finis sebagai peringkat pertama otomatis menjadikan mereka unggulan pertama pada fase gugur. Mereka juga diuntungkan karena mendapatkan bye pada babak 16 besar sehingga langsung ke perempat final tanpa bertanding.

Pada perempat final, Korea Selatan berhadapan dengan Taiwan yang sebelumnya sukses menggulung Amerika Serikat pada babak 16 besar dengan skor 5-1. Saat menghadapi Taiwan, mereka unggul lebih dahulu dengan 2-0 pada set pertama sebelum akhirnya disamakan pada set kedua. Pada set ketiga dan keempat, mereka tampil dominan sehingga dapat menutup laga dengan kemenangan 6-2.

Baca Juga: 3 Negara Debutan di Cabor Bulu Tangkis Olimpiade 2024

3. Menang tipis atas Belanda pada semifinal

Tim panahan putri Korea Selatan tampil di Olimpiade 2024. (worldarchery.sport)

Pada semifinal, tim panahan putri Korea Selatan dihadapkan dengan tim kuda hitam. Mereka berjumpa dengan Belanda yang finis di posisi terakhir saat ranking round. Belanda sendiri ke semifinal dengan mengalahkan tim unggulan. Pada babak 16 besar, mereka menang atas tuan rumah sekaligus unggulan kelima dengan skor telak 6-0. Pada perempat final, mereka membukukan kemenangan atas India yang merupakan unggulan keempat dengan skor 6-0.

Korea Selatan cukup kesusahan saat berhadapat dengan tim kuda hutam tersebut pada semifinal. Mereka lebih dahulu memimpin dengan 2-0 pada set pertama. Namun, Belanda berhasil mencuri poin pada set kedua dan ketiga yang membuat keadaan berbalik menjadi 2-4. Tak ingin tumbang begitu saja, Korea Selatan bangkit pada set keempat dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Laga berlanjut ke shoot off atau set tambahan sebagai penentuan. Korea Selatan tampil tenang kali ini dengan mencetak skor sebanyak 26 poin. Di sisi lain, Belanda hanya meraih 23 poin. Hasil itu membuat Korea Selatan meraih poin terakhir dan menutup pertandingan dengan kemenangan 5-4.

Verified Writer

Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya