TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sepeda MTB Tambah Pundi-pundi Emas Indonesia di SEA Games 2023

Indonesia sapu bersih medali men’s MTB cross country olympic

MTB World Cup 2022. (Dok. PB ISSI)

Jakarta, IDN Times - Dominasi Indonesia dalam cabang olahraga sepeda MTB terus berlanjut di SEA Games 2023 Kamboja. Kali ini, tiga pembalap tanah air mampu menyapu bersih medali nomor men’s MTB cross country olympic dalam pertandingan yang digelar di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja, Sabtu (6/5/2023).

Feri Yudoyono berhasil jadi yang tercepat saat melahap lintasan dengan jarak 25,9 kilometer. Dia mampu membukukan waktu 1 jam 13 menit 512 detik. Alhasil, medali emas pun berhak dia bawa pulang ke Indonesia.

Tak hanya Feri, Zaenal Fanani pun sukses mendapat medali perak di nomor ini. Dia finish di peringkat dua dengan catata waktu lebih lambat dua detik dari Feri. 

Sementara, Ihza Muhamad berada di peringkat tiga dengan catatan waktu lebih lambat 18 detik dari Feri. Dia pun dipastikan membawa pulang medali perunggu di ajang SEA Games kali ini.

Hasil ini pun memastikan Indonesia sukses menggondol semua medali di nomor men’s MTB cross country olympic.  Namun, Ihza Muhamad tak bisa membawa pulang medali perunggu di ajang SEA Games kali ini.

Sebab, ada aturan jika salah satu NOC memenangkan nomor di satu pertandingan, maka medali perunggu turun ke pembalap nomor empat.

Sebelumnya, Sayu Bella Sukma Dewi yang mempersembahkan medali tersebut di cabang olahraga balap sepeda nomor women’s MTB cross country olympic. Pembalap kelahiran 16 Agustus 2003 ini mampu mengungguli wakil Malaysia, Nur Assyria Zainal Abidin (perak), dan pembalap Thailand, Yonthanan Phonkla (perunggu).

Sebelum Feri dan Sayu Bella, Rashif Amila Yaqin (aquathlon) mampu mempersembahkan emas pertama kontingen Indonesia. Setelah itu, ada dua atlet maraton, Agus Prayogo (putra) dan Odekta Elvina Naibaho (putri), yang juga berhasil mengawinkan medali emas di SEA Games 2023 cabang olahraga atletik nomor maraton.

Kontingen Indonesia masih berpeluang menambah medali emas di SEA Games 2023 hari ini. Ada beberapa atlet tanah air yang mentas di cabang olahraga lainnya, salah satunya Ahmad Zigi Zaresta Yuda yang turun di cabor karate nomor individual putra. 

Baca Juga: Balap Sepeda Sumbang Emas Keempat untuk Indonesia di SEA Games 2023

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya