TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ratusan Atlet dari 8 Negara Bersaing di Superliga Junior 2024

Total hadiah mencapai lebih dari Rp1 miliar

Sebagai juara bertahan, PB Djarum turunkan kekuatan penuhdengan menerjunkan 80 atlet muda guna menyapu bersihseluruh gelar juara di Polytron Superliga Junior 2024. (Dok. Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Ratusan atlet muda bulu tangkis dari delapan negara bakal bertarung sengit dalam turnamen bertajuk Polytron Superliga Junior 2024. Ajang itu bakal berlangsung di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, dari 12-18 Agustus 2024.

Total, ada 290 atlet yang bakal bersaing sengit dalam edisi kali ini. Selain Indonesia, mereka berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, China Taipei, Hong Kong China, Republik Rakyat Tiongkok dan Selandia Baru.

Mereka berjuang memperebutkan empat piala bergengsi yakni Piala Liem Swie King (U-19 Putra), Piala Susy Susanty (U-19 Putri), Piala Hariyanto Arbi(U-17 Putra), Piala Yuni Kartika (U-17 Putri).

Tak hanya bertarung demi trofi bergengsi yang diambil dari nama legenda bulu tangkis Indonesia, para pebulu tangkis muda itu juga bersaing membawa pulang total hadiah lebih dari Rp1 miliar.

1. Turnamen yang dinilai menyuguhkan persaingan ketat

Pebulu tangkis asing dari Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan hingga Selandia Baru akan berpartisipasi di Polytron Superliga Junior 2024. (Dok. Istimewa)

Direktur Superliga, Achmad Budiharto, mengatakan jika gelaran Superliga Junior yang mengadopsi format pertandingan beregu, diharapkan membuat para atlet terbiasa berburu gelar juara sebagai sebuah kesatuan yang mengutamakan kekompakan, kerja sama dan soliditas di ajang yang lebih prestisius lagi, seperti Piala Thomas dan Uber.

Tak pelak, dia menyambut baik bertambahnya jumlah partisipan dari mancanegara yang akan membuat persaingan menuju podium tertinggi semakin sengit dan kompetitif.

"Superliga Junior merupakan turnamen yang penting bagi pengembangan kemampuan atlet muda karena mengusung format beregu sehingga para atlet tidak hanya bertumpu pada kemampuan individu, tapi juga harus membangun nilai-nilai kekompakan dan kerja sama sebagai tim, sehingga bisa meraih gelar juara,” kata Budiharto.

“Saya optimistis persaingan akan ketat karena jumlah partisipan dari negara asing yang cukup kuat di olahraga bulu tangkis seperti China, Malaysia dan Thailand juga ambil bagian dalam turnamen ini,”lanjut dia.

Baca Juga: Superliga Junior 2023 Digelar, Perebutkan Hadiah Rp1 Miliar

2. PB Djarum turunkan 70 atletnya

Pebulu tangkis asing dari Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan hingga Selandia Baru akan berpartisipasi di Polytron Superliga Junior 2024. (Dok. Istimewa)

Persaingan ketat itu tergambar dari kontestan yang tampil di Superliga Junior 2024. Pada kategori U-19, klub-klub besar dipastikan menurunkan atlet terbaiknya.

Mereka adalah PB Djarum Kudus, Jiang Xi China, Taipower China Taipei, PB Power Rajawali, Banthongyord Badminton School Thailand, Badminton dan North Harbour Selandia Baru

Selain itu, ada pula Hong Kong China Team, Cheng Yuan High School China Taipei, PB Mutiara Cardinal Bandung, Sports Affairs Malaysia, dan PB Victory.

 Sementara pada kategori U-17, terdapat delapan klub yang akan adu kemampuan terbaik, yakni PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, Singapore Badminton Association, Gideon Badminton Academy, PB Power Rajawali, PB Mutiara Cardinal Bandung, Sports Affairs Malaysia, dan  Champion United.

 Sebagai juara bertahan pada gelaran Polytron Superliga Junior edisi sebelumnya, tahun ini PB Djarum menurunkan kekuatan penuh dengan menerjunkan tujuh tim di empat kategori yang dipertandingkan.

Di U-17 Putri, klub asal Kudus Jawa Tengah ini mengutus dua tim guna merebut gelar juara. Pun demikain di kategori U-17 Putra dan U-19 Putri.

Sementara, di level U-19 putra PB Djarum mengirimkan satu tim yang diperkuat barisan pebulutangkis muda unggulan seperti Moh. Zaki Ubaidillah, Richie Duta Richardo, Hendry Leander dan Pulung Ramadhan. Total atlet PB Djarum yang akan berlaga dalam turnamen ini mencapai 70 atlet.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya